Advan S50 Prime: Harga, Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan

Posted on

Advan adalah ponsel buatan Indonesia yang banyak dipakai karena tidak kalah saing dengan HP luar negeri lainnya. Tipe yang lumayan menjadi perhatian adalah merk Advan S50 Prime. Berikut adalah fitur dan berbagai S50 Prime yang terkenal dan spesifikasinya.

Spesifikasi Lengkap Advan S50 Prime

Advan S50 Prime

Berikut adalah tabel yang menampilkan spesifikasi yang banyak orang penasaran

Dibuat tahun2019
SIMNano SIM
Dual SIMAda
Jaringan 2G, 3G dan 4GAda. 2G: 900/1800 MHz; 3G: 900/21000 MHz; 4G: B1, B3, B5, B8, B40.
Dimensi HP143,5×71,4×9,7 mm
Warna HPBiru, Putih, Hitam
Ukuran Layar5 inci
Resolusi480×854 piksel
Tipe LayarTFT
Sistem OperasiAndroid 8.1 Oreo
ChipsetSC9850KL
CPUQuad Core-1,2 GHz
RAM1 GB
Memori internal16 GB
Kapasitas baterai2450 mAh
Jenis BateraiLi-po
Kamera depan5 MP
Kamera belakang2 MP

Kelebihan dan fitur Advan S50 Prime

Spek Advan S50 Prime

Kelebihan dan fitur dari Advan S50 Prime ini wajib kamu ketahui ketika berniat ingin membelinya. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan apa saja keunggulan yang akan didapatkan dari HP ini.

Berikut adalah kelebihan dan fitur yang dimiliki oleh gadget lokal Indonesia ini:

1. Ada Aplikasi Bawaan Android Go

Selanjutnya adalah HP ini memiliki keunggulan yang sama dengan HP Android pada umumnya. Adanya fitur Android Go, seperti berikut ini:

  • Google untuk browser internet
  • Google Assistant untuk mencari informasi dan memberikan perintah kepada bot Google.
  • Youtube untuk menikmati berbagai konten video yang unik.
  • Maps mencari petunjuk arah dan rute tercepat
  • Gmail untuk mengirim email
  • File lain yang bisa disimpan dalam tipe S50 Prime ini. Mulai dari dokumen, PDF, foto, dsb.

Dari aplikasi bawaan yang didapatkan dari Android ini, kamu tidak perlu khawatir jika memori penyimpanan akan penuh karena berbagai aplikasi ini terbilang ringan.

Dengan demikian, lebih hemat dari menghabiskan memori sehingga kamu bisa mengunduh aplikasi eksternal lain yang kamu butuhkan.

2. Kapasitas Baterai yang Cukup

Kapasitas baterai yang ada di S50 Prime ini sekitar 2.450 mAh dan itu sudah terbilang standar bagi HP yang memiliki harga terjangkau ini. Dengan kapasitas baterai tersebut sudah cukup untuk menjalankan OS yang ada yaitu pada sistem Android Go.

3. Adanya Fitur GlocalMe

Kelebihan Advan S50 Prime

Salah satu fitur yang menonjol dan sering diunggulkan oleh penggunanya adalah adanya fitur GlocalMe. Teknologi ini dibuat untuk S20 Prime yang menjadikannya bersifat hybrid meski dengan berbagai kekurangan yang ada.

GlocalMe membuat  ponsel Advan dapat menggunakan jaringan internet meski tidak ada SIM Cardnya.

Jadi, kamu bisa bebas mengakses internet meski kuota data kartu SIM Card sudah habis. Dengan menggunakan fitur ini, akses internet juga lebih cepat dan lancar.

Hal ini karena GlocalMe akan mencari sinyal paling kuat untuk kenyamanan kamu berselancar di internet. Cara kerja dari fitur ini yaitu ikut serta dengan sinyal yang didapat dari operator seluler seluruh Indonesia.

Jadi, di daerah terpencil dan kekurangan sinyal tidak akan menjadi kendala yang besar untuk mengakses internet. Untuk menggunakan fitur ini, tentu tidaklah gratis karena harus membayar sesuai dengan paket yang kamu pilih.

Ada harga dari yang paling murah dengan kuota sedikit yaitu Rp 5.800 jika ingin mendapatkan data internet sebesar 2 GB. Namun, ada juga yang menggunakan paket unlimited agar bisa bebas pakai internet dalam satu bulan.

Untuk mendapatkan paket tersebut harus membayar uang sejumlah Rp 99.000 saja. Yang perlu digaris bawahi dalam penggunaan paket ini tidak serta merta tanpa batas tetapi ada standarnya yaitu mencapai 20 GB.

Apa Itu GlocalMe Inside?

Sebagai pengetahuan tambahan, Advan memiliki fitur yang bernama GlocalMe Inside yang merupakan perusahaan yang memberikan layanan internet secara mendunia yang ada di bawah kepemilikan dari iCloud link.

Perusahaan ini cukup meluas sampai mendunia. Tercantum sudah 103 negara yang menggunakan layanan canggih ini, termasuk di negara kita tercinta.

Jadi, keunggulan dari Advan S50 Prime ini yaitu cocok digunakan ke luar negeri karena bisa mengakses internet dengan mudah tanpa menggunakan kartu SIM dari nomor lokal Indonesia.

Jika kartu SIM yang dipakai adalah dari lokal untuk pergi ke luar negeri perlu untuk membeli paket roaming atau mengganti nomor HP virtual. Namun, dengan GlocalMe Inside, akses internet ke luar negeri dapat dilakukan dengan mudah.

4. Adanya Android Go

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sistem yang digunakan dalam seri S50 Prime yaitu Android Go yang memiliki aplikasi bawaan dengan kapasitas yang ringan.

Selain itu, adanya Android Go dengan versi Oreo ini memiliki kecepatan 15 persen lebih baik untuk membuka aplikasi dibandingkan dengan Android standarnya. Dengan demikian, mengurangi bug atau lemot saat membuka aplikasi.

Kelebihan lainnya dari fitur ini yaitu memberikan konsumsi daya yang lebih irit karena aplikasi di dalamnya yang lebih ringan. Ini menjadi keuntungan yang baik bagi kamu yang sering menggunakan ponsel sehingga baterai cepat habis.

5. Desain yang Keren

Kelebihan terakhir dari Smartphone ini yaitu tampilannya yang cukup bagus dengan warnanya yang elegan. Kamu dapat memilih varian warna biru, putih, dan hitam.

Bentuknya kotak dengan lengkungan di tiap sisinya yang membuat tampilan menjadi lebih slim. Seri ini juga tidak terlalu besar sehingga mudah dipegang. Jadi, ini cocok dipakai untuk kamu yang memiliki tangan tidak terlalu besar.

6. Adanya Fitur Keamanan

Meskipun harga Advan S50 Prime tidak sampai 1 juta, fiturnya cukup lengkap termasuk dari faktor keamanannya.

Melalui perangkat pintar ini, kamu bisa menggunakan Face ID sebagai tanda pengenal wajah untuk membuka kunci dari HP kamu.

Kekurangan Advan S50 Prime

Kekurangan Advan S50 Prime

Selain ada kelebihan yang dimiliki oleh Android satu ini, kekurangannya juga tidak boleh kamu abaikan.  Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimilikinya:

  • Dari resolusi kameranya tidak terlalu baik karena kamera depannya hanya 2 MP sedangkan kamera belakangnya hanya 5 MP saja. Kurang cocok bagi kamu yang suka berfoto.
  • RAM-nya hanya 1 GB sehingga sangat terbatas untuk dioperasikan terutama bagi kamu yang ingin menginstall aplikasi baru.
  • Tidak ada fast charging yang membuat HP cepat penuh. Jadi, ketika mengisi daya kamu harus menunggu agak lama supaya baterai penuh.
  • Tipe layarnya masih TFT.

Harga Advan S50 Prime

Jika kamu tertarik untuk membeli gadget Advan dengan jenis tipe S50 Prime, perlu untuk mempertimbangkannya dari segi harga.

Harga yang ditawarkan untuk tipe ini terbilang terjangkau sehingga dapat dibeli oleh semua kalangan. Harganya tidak mencapai Rp 1 juta rupiah hanya sekitar Rp 750.000 saja.

Harga ini terbilang murah dengan fitur yang cukup lengkap. Walaupun memang semua fiturnya cocok bagi pengguna pemula karena banyak keterbatasan yang didapat dibandingkan dengan HP canggih yang ada saat ini.

Review lengkap Advan S50 Prime di atas dapat memberikan gambaran bagaimana kualitas dari HP ini. HP S20 Prime akan cocok untuk pengguna pemula, low budget, hingga orang yang tidak membutuhkan banyak aplikasi dalam HPnya. Semoga bermanfaat.

Video Promosi Official Advan S50 Prime

Leave a Reply

Your email address will not be published.