Advan S40: Spesifikasi, Harga, Review

Posted on

Advan menjadi satu-satunya brand lokal yang menawarkan perangkat super ramah di kantong seperti salah satunya smartphone jadul Advan S40 yang dibanderol dengan harga kurang dari 1 jutaan. Meskipun murah tapi jangan salah, ponsel ini termasuk salah satu yang unggul dalam kategori feature phone lho.

Spesifikasi dan Harga Advan Vandroid S40

Advan S40

Saat awal perilisannya, smartphone berbobot ringan dan berukuran termasuk mungil ini dilepas ke pasaran dengan label harga 800 ribuan saja lho. Jika kamu membelinya tahun ini tentunya harga tersebut sudah turun jauh nih, yang diprediksi sekitar 500 ribuan saja. Lalu untuk spesifikasinya adalah sebagai berikut:

Informasi Dasar
Nama ProdukAdvan Vandroid S40
Tahun RilisJanuari 2017
Pilihan WarnaPutih, Hitam
Desain Perangkat
Dimensi125 x 62.6 x 8.3 mm
MaterialPlastic back, frame plastik, glass front
Tipe SIM CardMicro SIM
SIM Slots2 slot
Jaringan
Jenis Jaringan2G, 3G, 4G
Jaringan 2GGSM 850 / 900 / 1800 / 1955
Jaringan 3GHSDPA 850 / 1900 / 900 / 2100
Jaringan 4GLTE band 1(2100), 5(850), 3(1800), 8(900), 40(2300), 38(2600), 41(2500)
Layar
Ukuran Layar4 inch
Resolusi Layar480 x 800 Pixel (233 ppi)
TeknologiCapacitive touchscreen IPS LCD, 16 juta warna
Hardware
CoreQuad Core
Kecepatan CPU1.3 GHz
Software
OSAndroid
OS Versionv7.0 (Nougat)
Ruang Penyimpanan
RAM1 GB
Kapasitas Memori Internal8 GB
Kapasitas Memori EksternalUp to 32GB
Tipe Memori EksternalmicroSD
Kamera
Kamera BelakangSingle lens 5 MP (2592 x 1944 pixels)
Resolusi Kamera DepanSingle lens 0.3 MP (VGA)
Video480p 30fps
Fitur Kamera BelakangLED Flash, HDR, white balance, exposure, panorama, auto focus, face and smile detection, compensation, digital zoom, geo-tagging, touch focus
Konektivitas
GPSGPS Built-in, A-GPS
Wi-FiWi-Fi 802.11 b / g / n, Mobile Hotspot
USBmicroUSB 2.0
BluetoothBluetooth 4.0
InfraredTidak ada
NFCTidak ada
Baterai
Tipe BateraiRemovable
Kapasitas Baterai1300 mAh
Materi BateraiLithium Ion
Fitur Lain
SensorProximity, Accelerometer, Compass
Audio JackJack 3.5 mm
WaterproofTidak
FingerprintTidak ada
RadioYa, FM Radio
MusikMP3/EAAC+/WAV/Flac
TV-OutVia Wireless Display (WiDi/Miracast)

 Review Advan S40

 Review Advan S40

Smartphone 500 ribuan bisa apa saja sih? Mungkin inilah kira-kira salah satu pertanyaan yang langsung muncul di benak kamu saat mengetahui harga dari ponsel pintar ini.

Di tengah-tengah gempuran berbagai pilihan smartphone keren dengan berbagai fitur yang harganya cukup menguras isi kantong, merk Advan yang dikenal murah ternyata masih termasuk sangat layak lho untuk dijadikan pilihan seperti salah satunya seri Vandroid S40. Cek di sini untuk review selengkapnya.:

1.     Desain yang Compact

Salah satu tren pasar saat ini dalam kategori ponsel pintar adalah memiliki layar yang lebar untuk memuaskan pengguna dalam menonton film, berselancar di dunia maya, atau bermain game.

Tapi di tengah-tengah gempuran tren ini justru HP Advan S40 hadir dengan layar yang terbilang cukup mungil yaitu 4 inch saja. Nah, layar kecil inilah yang justru menjadi salah satu daya tariknya karena membuat Advan Vandroid S40 jadi terlihat berbeda diantara teman-temannya dari merk lain.

Memiliki smartphone dengan dimensi yang mungil seperti ini akan membuat kamu merasakan kembali sensasi smartphone jaman dulu alias saat awal kemunculan smartphone di Indonesia.

Selain itu, ukuran layar kecil ini membuat perangkat menjadi lebih compact dan juga sangat mudah untuk dioperasikan dengan satu tangan saja. Ukurannya juga ideal nih untuk berbagai pengguna mulai dari anak-anak dan remaja hingga orang tua.

Satu lagi kelebihannya adalah kamu bisa dengan mudah menyimpan Advan S40 ke dalam saku/kantong pakaian, ke dalam tas berbagai ukuran, dan bahkan juga bisa muat ke dalam pouch lho. Jadi dengan kata lain, Advan Vandroid S40 ini super hemat tempat.

Tapi di sisi lain, dimensi perangkat yang sangat mungil di era smartphone 18:9 ini akan kurang cocok untuk kamu yang sering melakukan aktivitas menjelajah media sosial atau menonton film karena sepertinya akan kurang memuaskan ya.

Tapi untuk kebutuhan chatting dan telepon, kamu bisa banget nih menjadikan Advan Vandroid S40 sebagai handphone kedua.

2.     Performa Oke

Jika melihat daftar spesifikasi di atas beserta label harga yang terbilang sangat murah, sebagian besar dari kamu mungkin akan langsung menganggap bahwa Advan Vandroid S40 ini punya performa yang nggak maksimal dan ada keterbatasan fungsional.

Jika benar ini yang kamu pikirkan maka kamu salah nih. Manuver yang ditempatkan oleh sang produsen ke dalam HP murah ini nggak bisa dianggap enteng karena menggunakan Quad-core 1,3 Ghz yang membuat performanya lumayan oke.

Meskipun RAM yang digunakan hanya 1 GB dan dengan memori internal 8 GB yang secara umum dirasa kurang besar untuk smartphone masa kini, tapi jika dilihat dari harganya sudah termasuk masuk akal kok.

Bahkan jika dibanding dengan Advan seri i5 Lite yang harganya lebih tinggi, seri S40 lebih layak dijadikan pilihan lho. Tapi memang dalam hal fitur, kamu nggak bisa berharap banyak mengingat harganya 500 ribuan saja. Jadi kamu nggak bisa membandingkannya dengan berbagai fitur smartphone masa kini ya.

3.     Kamera

Peforma Advan S40

Selain layar yang lebar, ciri khas lain dari ponsel pintar keluaran terbaru dalam beberapa tahun terakhir adalah modul kamera atau kamera berjumlah banyak dan dengan resolusi yang juga tinggi.

Nah, Advan S40 justru kebalikannya nih. Modul kameranya begitu sederhana karena hanya memiliki single lens camera di bagian belakang dan juga depan. Fitur yang satu ini memang bukan termasuk sisi istimewa tapi kalau mengingat harganya maka resolusi kamera 5 MP sudah termasuk bisa diterima ya.

Tapi untuk kamu yang hobi selfie atau gemar membuat video dan video call, kamera depannya sangat jauh dari kata mumpuni karena masih bersensor VGA, yang bukan hanya menampilkan kualitas gambar nggak bagus tapi juga kurang fungsional.

4.     Baterai

Kekurangan lain datang dari bagian sumber daya alias baterai yang kapasitasnya termasuk sangat kecil jika dibanding dengan berbagai smartphone keluaran terbaru yang berlomba-lomba menyajikan kapasitas baterai besar bahkan ada yang sampai 6.000 mAh. Sementara untuk baterai Advan S40 hanya 1300 mAh.

Alhasil, kamu jadi harus sering mengisi ulang daya HP ini jika memang sering digunakan atau setidaknya harus selalu siap membawa powerbank saat bepergian terutama jika HP ini kamu jadikan perangkat komunikasi utama.

Teknologi fast charging juga belum ada nih para perangkat ini, sehingga waktu pengecasan nggak bisa sebentar apalagi kalau kamu sedang terburu-buru untuk keluar.

Berdasarkan review di atas, bisa disimpulkan kalau Advan S40 ini memang punya banyak kelemahan mulai dari baterai berkapasitas kecil sampai kamera depan yang kurang mumpuni untuk kebutuhan selfie dan video call. Tapi jika melihat lagi ke label harga, kekurangan ini sebenarnya termasuk wajar ya.

Video Promosi Official Advan S40

Leave a Reply

Your email address will not be published.