Advan G5 Plus: Harga, Spesifikasi, Kekurangan dan Kelebihannya

Posted on

Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk membeli smartphone terbaru tapi merk lokal yang harganya ramah di kantong, Advan G5 Plus bisa kamu jadikan salah satu pilihan nih. Android buatan dalam negeri ini diluncurkan tahun 2021 kemarin dan masih termasuk worth to buy di tahun 2022 ini.

Harga Advan G5 Plus dan Spesifikasinya

Advan G5 Plus

Berbagai produk Advan dikenal merakyat tak terkecuali untuk smartphone terbarunya yaitu seri G5 Plus ini. Saat awal kemunculannya dan dalam kondisi baru, Android berdesain kekinian ini dilepas ke pasaran dengan harga hanya 1 jutaan lho! Jika membeli tahun ini sepertinya harganya sudah lebih murah lagi nih.

Meskipun murah, kamu nggak perlu khawatir soal kualitas karena dijamin nggak akan mengecewakan setidaknya untuk penggunaan umum ya. Kalau kamu penasaran dengan spek Advan G5 Plus, kamu bisa cek informasi selengkapnya pada tabel di bawah ini ya:

Pilihan WarnaLight Green, Dark Grey
Tahun Rilis2021
Tipe SIM CardSlot khusus dual SIM GSM (B3/B8), WCDMA (B1/8)
Jenis Jaringan2G, 3G, 4G
Berat unit190 gram
Dimensi unit165.3 x 75.7 x 9.6 mm
Ukuran Layar6.6 inch (HD+ 720*1600 dengan 2.5D Water Drop Screen)
Jenis LayarIPS LCD
Refresh Rate60 Hz
Rasio20:9
Resolusi Layar720 x 1600 piksel
Kerapatan266 ppi
GPUPowerVR IMG8322
CPUOcta-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
ChipsetUNISOC SC9863A
Memori Internal32 GB
RAM3 GB
Memori EksternalMicroSD, up to 128 GB
Jumlah Total Kamera3 buah (2 kamera belakang, 1 kamera depan)
Konfigurasi Kamera Belakang13 MP (wide), f/2.2 + 13 MP (AI)
Fitur Kamera BelakangHDR, LED Flash, Panorama, Video 1080p@30fps
Resolusi Kamera Depan5 MP (wide)
Bluetooth4.2, A2DP
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
GPSGPS, A-GPS
NFCTidak Ada
USB TypeTidak Ada
Kapasitas BateraiMicroUSB 2.0 dan USB On-The-Go
Jenis Baterai3500 mAh
Sistem Operasi (Saat Rilis)Li-Po
SensorAndroid 11 (Android Red Velvet Cake)
Jack AudioJack 3.5 mm

Jika kamu membeli Advan seri G5 Plus dalam kondisi baru maka nantinya dalam satu paket penjualan kamu akan menemukan kelengkapan produk yang terdiri dari:

  • 1 unit HP
  • 1 adapter
  • 1 kabel data USB
  • 1 soft case jelly (transparan)
  • 1 buku panduan
  • 1 kartu garansi

Kekurangan Advan G5 Plus

Spesifikasi Advan G5 Plus

Mengingat harganya yang super merakyat, pastinya Advan seri G5 Plus ini punya sejumlah kekurangan yang perlu kamu tahu sebelum kamu benar-benar membelinya agar nantinya kamu nggak nyesel. Berikut daftar kekurangannya:

1.     Tanpa Fingerprint

Jika kamu membaca satu per satu spesifikasi Advan seri G5 Plus di atas, kamu akan menyadari bahwa HP ini memang dilengkapi dengan sensor pengenalan wajah atau face ID tapi tanpa adanya sensor sidik jari yang sudah banyak disematkan ke berbagai merk smartphone masa kini.

Menurut berbagai review yang ada di internet mengenai kedua jenis sensor pembuka kunci ini, sensor fingerprint dirasa lebih cepat respon lho daripada sensor face ID.

Selain itu, sensor Face ID dirasa kurang efisien menurut sebagian pengguna terutama jika kamu sedang berada di luar dan memakai masker atau bahkan berkendara dengan motor dan menggunakan helm.

2.     Tanpa Fast Charging

Salah satu ciri khas lain dari smartphone terbaru masa kini adalah adanya fitur pengisian daya cepat alias fast charging yang membuat pengguna lebih hemat waktu saat mengisi daya.

Tapi jika membeli Advan seri G5 Plus, kamu harus cukup puas dengan model pengisian baterai tradisional yang membutuhkan waktu relatif lebih lama.

Hal ini membuat kamu nggak bisa buru-buru nih jika sedang cas HP. Tapi, kekurangan ini sepertinya cukup terobati dengan adanya kapasitas baterai besar 3500 mAh.

Kelebihan Smartphone Advan G5 Plus

Kelebihan Smartphone Advan G5 Plus

Setelah tahu kekurangan Advan seri G5 Plus dan bisa menjadi salah satu pertimbangan apakah kamu akan membelinya atau enggak, sekarang saatnya kamu tahu juga apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh perangkat ini. Berikut daftarnya:

1.     Desain Lebih Stylish

Sebagai salah satu produk anyar di keluarga smartphone Advan, seri G5 Plus dibekali dengan beragam peningkatan oleh pihak produsen seperti salah satunya dari segi desain yang lebih stylish dan sesuai dengan tren pasar saat ini.

Pada casing bagian belakang kamu akan menemukan modul persegi panjang yang berfungsi sebagai rumah untuk dual kamera dan LED Flash yang mirip dengan modul kamera berbagai smartphone masa kini. Lalu di bagian tengah ada tulisan brand Advan berwarna putih bersih dengan ukuran cukup besar.

Bentuk dari bodinya sendiri adalah melengkung seperti berbagai smartphone anyar saat ini dengan tujuan untuk membuat telapak tangan pengguna lebih nyaman saat memegangnya.

2.     Layar Masa Kini

Bukan hanya modul kamera tapi perusahaan Advan juga membuat layar seri G5 Plus sesuai dengan tren yang berkembang di pasaran saat ini yaitu dengan ukuran layar yang membentang hingga 6.6 inch serta dilapisi kaca dengan jenis berjenis 2,5D dan juga punya resolusi HD+ yang membuatnya tampak bersih.

Nggak sampai di sini saja nih, tapi bagian atas layar juga mengusung konsep notch dengan bentuk water drop persis seperti tren smartphone saat ini. Jadi bukan hanya casing bagian belakang yang stylish tapi bagiannya depannya juga nih.

3.     Memenuhi Kebutuhan Fotografi

Total ada tiga kamera pada G5 Plus dari Advan dengan konfigurasi dua kamera di bagian belakang dan satu sisanya di layar depan.

Masing-masing kamera belakang berkemampuan 13 MP dengan diafragma f/2.2 dan bahkan salah satunya sudah dibekali dengan teknologi AI Beautification untuk hasil foto yang lebih baik.

Sedangkan untuk kamera depan berfungsi ganda sebagai kamera selfie berkemampuan 5 MP sekaligus untuk menjalankan fitur Face Unlock yang biasanya cuma akan kamu temukan di smartphone harga 3 jutaan.

Secara keseluruhan, ketiga kamera pada perangkat ini termasuk sudah sangat mumpuni lho untuk memenuhi kebutuhan fotografi. Bahkan pihak Advan tanpa ragu-ragu mengklaim bahwa hasil dual kamera belakang pada perangkat ini dijamin unggul dan tajam.

4.     Performa Kencang

Performa Kencang Advan G5 Plus

Beralih ke bagian dalam Advan G5 Plus ada chipset Unisoc SC0863A sebagai komponen utama yang meskipun termasuk cukup umum digunakan tapi performa yang dihasilkan perangkat bisa cukup mengesankan lho.

Ditambah lagi dengan ruang penyimpanan yang cukup lega berupa RAM 3 GB membuat ponsel pintar ini bisa kamu gunakan untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Lalu ada juga memori internal 32 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai foto, video, atau file tugas dan pekerjaan.

Jika ruang penyimpanan ini masih dirasa kurang misal, maka kamu juga bisa nih menambahkan microSD hingga kapasitas 128 GB.

Advan G5 Plus punya sejumlah kelebihan yang membuatnya layak untuk dimasukkan ke daftar pilihan smartphone murah tapi cukup berkualitas terutama buat kamu yang mengedepankan desain stylish dan suka memotret. Tapi di sisi lain, kamu akan cukup direpotkan dengan sistem buka kunci berupa face ID.

Video Promosi Official Advan G5 Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published.