Review Advan Nasa: HP Terbaik Under 1 Juta

Posted on

Penasaran dengan produk Advan Nasa? Mari simak penjelasan di bawah ini dari awal sampai akhir untuk mengetahui review lengkapnya. Jangan sampai ketinggalan informasi menariknya, ya.

Tentang Advan Nasa

Advan Nasa

Lini produk smartphone dengan harga murah dari Advan memang nggak pernah ada habisnya. Pada November 2019 lalu, merek lokal Indonesia ini merilis sebuah smartphone yang diberi nama Nasa.

Smartphone ini menggunakan basis Android, seperti produk Advan yang lain. Target pasarnya adalah kalangan muda-mudi yang gemar main medsos. Itulah kenapa Advan memberi produk ini tagline “Social Media Hero”.

Yang lebih bikin kaget adalah harga dari produk Nasa itu sendiri. Harga untuk HP Advan seri Nasa dibanderol dengan harga kurang dari 1 juta rupiah. Wah, sangat murah, bukan?

Ada alasan kenapa Advan bikin produk di segmen pasar ini. Alasannya adalah minim persaingan. Coba kamu ingat-ingat, apakah ada brand lain yang mampu jual produk di bawah 1 juta selain Advan?

Kira-kira, seperti apa ya review untuk produk smartphone seri Nasa yang diluncurkan Advan 2019 lalu? Yuk, simak penjelasannya bareng-bareng.

Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi Lengkap Advan Nasa

Sebelum masuk ke review tentang kelebihan dan kekurangan, lebih baik kita lihat dulu spesifikasi lengkapnya. Semuanya bisa kamu lihat dengan jelas pada tabel di bawah ini, ya.

Informasi Umum
RilisNovember 2019
Jenis jaringan4G, 3G, 2G
Slot SIM carddual SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi7,19 x 14,5 x 0,85 cm
Bobot133 gram
MaterialPlastik
WarnaGreen, dark black, bright blue
Display
Jenis layarIPS
Ukuran5,2”
Rasio16:9
Resolusi540 x 960 pixel
Proteksi2.5D
Processing Hardware
ChipsetSpreadtrum SC9832E
GPUMali T820
CPUQuad Core Cortex A53 1.4 GHz
Memori
Memori Internal16 GB
RAM2 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama5 MP
Depan2 MP
Konektivitas
Bluetooth4.2
WLAN802.11 b/g/n
USBMicro USB 2.0
GPSAGPS
Baterai
Kapasitas2.450 mAh
JenisLi-Ion
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)
SensorProximity, akselerometer, ambient light
Sistem operasiAndroid 8 (Oreo)

Kelebihan

Kelebihan Advan Nasa

Nah, kamu pasti sudah paham sama spesifikasi yang dimiliki sama Advan Nasa. Sekarang mari bahas tentang kelebihan apa saja yang dimiliki oleh smartphone murah yang satu ini. Langsung saja, ini dia pembahasan lengkapnya.

●        Ada Banyak Fitur dari idOS

HP Advan yang satu ini menggunakan basis Android 8 atau Oreo. Namun Advan memodifikasinya dengan UI buatannya sendiri. Nama untuk UI tersebut adalah idOS karena punya tampilan yang Indonesia banget.

UI hasil modifikasi ini sangat ringan dan cocok untuk smartphone entry level seperti Advan seri Nasa. Sangat jarang terjadi bloatware pada sistem UI tersebut.

Selain itu, idOS juga memiliki fitur berlimpah yang mungkin nggak bisa kamu temui di UI lain pada 2019 lalu. Beberapa fitur unggulannya antara lain boost dan super app lock.

●        Performa Cukup Baik

Seperti pada tabel spesifikasi yang sudah kamu lihat di atas, Advan seri Nasa hanya dibekali dengan SoC berkecepatan 1.4 GHz. Meski begitu, performanya nggak bisa dibilang ampas sama sekali. Smartphone ini bisa terbilang kencang untuk aktivitas-aktivitas ringan.

Hal ini bisa terjadi karena penggunaan idOS yang memang ringan dan terkenal andal. Meski di atas kertas spesifikasinya ampas, ternyata performa smartphone Android ini lumayan bagus.

Bahkan kamu juga bisa memainkan game-game casual menggunakan smartphone ini. Namun jangan coba-coba memakainya untuk bermain game berat karena tidak dirancang untuk aktivitas tersebut.

●        Triple Slot

Punya smartphone Android memang paling enak kalau triple slot. Artinya terdapat 2 slot untuk kartu SIM serta 1 slot lagi untuk kartu memori atau microSD.

Advan seri Nasa merupakan salah satu smartphone yang punya triple slot tersebut. Dengan begitu, kamu nggak perlu memilih untuk menggunakan 1 SIM dengan kartu memori atau dual SIM tanpa kartu memori.

Triple slot cocok banget buat orang Indonesia yang sering punya dua nomor. Cocok juga untuk Advan seri Nasa yang cuma kapasitas memori internal 16 GB. Jadi, kamu bisa menambah SD Card untuk external memory.

●        Baterai Bisa Lepas Pasang

Baterai yang bisa dilepas pasang memang sudah sangat jarang dijumpai sejak beberapa tahun belakangan. Kebanyakan HP saat ini sudah pakai baterai tanam. Ini sebenarnya cukup menyusahkan kalau ingin ganti baterai.

Advan lebih memilih menggunakan baterai lepas pasang untuk smartphone Nasa. Kalau ingin mengganti baterai bisa dilakukan sendiri oleh pengguna.

Kamu juga nggak perlu  repot-repot menggunakan SIM tray ejector karena SIM dan kartu micro SD bisa dipasang dengan mudah melalui bagian belakang HP.

●        Kualitas Speaker Bagus

Smartphone Advan seri Nasa memang murah. Bahkan harganya di bawah 1 jutaan. Tapi kamu sama sekali nggak bisa meremehkan kualitas audionya.

HP Android yang satu ini dilengkapi dengan single speaker yang lantang dan jernih. Kamu bisa mendengarkan musik favorit dengan lebih merdu dari speaker HP Nasa ini.

●        Harga Sangat Terjangkau

Keunggulan yang terakhir dari Advan Nasa adalah harganya yang super terjangkau. Di awal sudah disebutkan kalau harganya di bawah 1 juta. Jadi, kamu hanya perlu mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah untuk membeli smartphone yang satu ini.

Meski harganya murah, kamu sudah bisa mengandalkannya untuk scroll sosmed dan chatting dengan teman-teman.

Kekurangan

Kekurangan Advan Nasa

Kira-kira, Advan Nasa punya kekurangan nggak sih? Tentu saja. Ini dia beberapa hal yang menjadi kekurangan atau kelemahan dari smartphone tersebut.

●        Baterai Kecil

Sektor catu daya alias baterai menjadi kelemahan pertama bagi smartphone dibawah 1 juta ini. Bagaimana tidak, Advan hanya memberi kapasitas 2.450 mAh untuk baterai Nasa.

Dengan kapasitas baterai sekecil itu, smartphone cuma bisa bertahan kurang lebih 10 jam dengan pemakaian normal. Kamu mungkin butuh mengecas HP ini dua kali dalam sehari.

Kurang cocok untuk orang yang sering bepergian keluar rumah karena baterai smartphone ini cepat habis. Tapi kamu bisa mengakalinya dengan membawa powerbank saat bepergian.

●        Kamera Seadanya

Kamera juga menjadi kelemahan bagi Advan seri Nasa. Kamera belakangnya hanya 5 MP. Sedangkan kamera depannya justru hanya 2 MP.

Sektor kamera sepertinya kontradiksi dengan tagline dari Advan Nasa sendiri. Orang yang aktif di media sosial biasanya membutuhkan kamera dengan kualitas bagus untuk selfie atau mengabadikan momen lainya.

Namun kualitas foto dan video yang bisa kamu hasilkan dari Advan seri Nasa punya kualitas seadanya dan cenderung buruk.

●        Tidak Ada Sensor Fingerprint

Hal terakhir yang menjadi kekurangan bagi Advan seri Nasa adalah absennya sensor sidik jari. Padahal di bagian bawah bezel terdapat satu tombol home. Biasanya, tombol ini difungsikan juga sebagai sensor sidik jari.

Sayangnya, Advan hanya menjadikannya sebagai tombol biasa. Keberadaan tombol ini juga membuat Advan seri Nasa tampak jadul.

Advan Nasa bisa menjadi pilihan yang bagus untuk kamu yang ingin HP murah dan bisa untuk medsos. Sayangnya, masih ada beberapa kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan buat kamu.

Video Promosi Official Advan Nasa

Leave a Reply

Your email address will not be published.