Advan G5 Elite: HP 1 Juta Terbaik 2022

Posted on

Advan sebenarnya selalu merilis produk smartphone baru setiap tahun. Contohnya adalah Advan G5 Elite yang dirilis pada Februari 2021 lalu. Namun persaingan pasar smartphone membuat merek lokal ini seolah tersingkir.

Sekilas Tentang Advan G5 Elite

Advan G5 Elite

G5 merupakan generasi pendahulu sebelum ada Advan G9 dan G9 Pro. G5 hadir dalam 4 varian, yaitu G5 biasa, G5 Elite, G5 Plus, dan G5 Pro. Nama Elite sendiri dipakai untuk menamai versi yang lebih ringan dari Advan G5.

Karena G5 Elite merupakan versi ringan, sudah pasti spesifikasinya mengalami downgrade dari versi G5 biasa. Untuk harganya sendiri juga lebih murah, yaitu 1 jutaan saja. Bahkan harganya kurang dari 1,1 juta rupiah.

G5 Elite sudah pernah diperkenalkan pada Mei 2020 yang lalu. Karena sukses, Advan kembali meluncurkan G5 Elite 2021. Perbedaannya keduanya sangat tipis, hanya ada di kameranya.

Kamera G5 Elite tahun 2020 punya resolusi yang sangat kecil, hanya 5 MP untuk kamera belakang dan 2 MP untuk kamera depan. Advan melakukan upgrade di versi 2021.

Kamera depan G5 2021 kini menjadi 5 MP. Sedangkan untuk kamera belakangnya jauh lebih besar yaitu 13 MP.

Spesifikasi Lengkap Advan G5 Elite

Spesifikasi Lengkap Advan G5 Elite

Penasaran seperti apa spesifikasi G5 Elite yang sudah disunat dari versi G5 reguler? Perhatikan tabel spesifikasi lengkap yang ada di bawah ini, yuk.

Informasi Umum
RilisFebruari 2021
Jenis jaringan4G, 3G, 2G
Slot SIM carddual SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi15,45 x 7,3 x 0,97 cm
Bobot169 gram
MaterialPlastik
WarnaBlack, light blue, blue
Display
Jenis layarIPS
Ukuran6,1”
Rasio20:9
Resolusi720 x 1560 pixel
Kerapatan281 dpi
Proteksi2.5D glass
Processing Hardware
ChipsetSpreadtrum SC9832E
GPUMali T820 MP1
CPUQuad Core Cortex A7 1.4 GHz
Memori
Memori Internal16 GB
RAM3 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama13 MP
Depan5 MP
Konektivitas
Bluetooth4.2
WLAN802.11 b/g/n
USBMicro USB 2.0
GPSAGPS
Baterai
Kapasitas3.000 mAh
JenisLi-Po
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)
SensorProximity, akselerometer
Sistem operasiAndroid 10

Kelebihan Advan G5 EliteKelebihan Advan G5 Elite

Setiap smartphone pasti punya kelebihan dan kekurangan. Nah, kali ini kita bahas dulu kelebihan dari Advan G5 Elite dulu, yuk.

●        RAM Berukuran Besar

Salah satu keunggulan dari Advan seri G5 Elite adalah ukuran RAM-nya. Dengan harga kurang dari 1,1 juta, kamu sudah bisa mendapatkan RAM berukuran 3 GB. Coba bandingkan dengan smartphone sekelas dari brand lain.

Kebanyakan brand lain hanya dilengkapi dengan RAM 2 GB. Tentu RAM 3 GB yang dimiliki G5 Elite menjadi keunggulan tersendiri. Dengan RAM yang besar, kamu bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan lebih lancar.

●        Pilihan Warna Unik

Dilihat dari tabel spesifikasi yang sudah dicantumkan di atas, warna dari G5 Elite memang terlihat biasa. Namun pada kenyataannya, warna yang dihadirkan bertema pastel. Warnanya terbilang unik dan jarang ditemukan pada smartphone 1 jutaan.

Kalau kamu memilih untuk membeli smartphone Advan seri G5 Elite, tampilan HP kamu akan berbeda dengan teman-teman.

●        Layar Cukup Luas

Keunggulan yang selanjutnya dari Advan G5 Elite adalah ukuran layar yang cukup luas. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ukuran layarnya adalah 6,1 inci. Dengan ukuran layar sebesar ini, kamu bisa lebih leluasa untuk scrolling media sosial, menonton video, atau bermain game.

Smartphone zaman sekarang kebanyakan memiliki ukuran layar di atas 6,5 inci. Namun ukuran tersebut terkadang dianggap terlalu besar bagi sebagian orang. Justru ukuran layar 6,1 inci dianggap ideal.

Layarnya juga sangat nyaman dipandang karena sudah menggunakan resolusi HD+ (720 x 1560 pixel). Pancaran warnanya cukup cerah dan tampak nyata.

●        Face ID

Dari segi keamanan, Advan seri G5 Elite dilengkapi dengan face ID atau pengenalan wajah. Kamu hanya perlu mendekatkan smartphone ke wajah untuk bisa membuka kunci. Cara ini akan lebih praktis karena kamu nggak perlu memasukkan password atau pola untuk membuka kunci.

●        Triple Card Slot

Keunggulan yang terakhir dari G5 Elite adalah triple card slot. Artinya, ada 3 buah slot kartu di smartphone. Masing-masing adalah slot SIM 1, slot SIM 2, dan slot SD Card.

Kenapa triple card slot penting? Kamu akan membutuhkan SD Card untuk memperluas memori internal.

Dibandingkan dengan slot hybrid, triple card slot lebih efektif. Pasalnya, kamu nggak harus memilih untuk memasang 1 kartu memori dengan 1 kartu SIM atau 2 kartu SIM tanpa kartu memori. Kamu bisa memasang 3 kartu sekaligus.

Kekurangan Advan G5 Elite

Kekurangan Advan G5 Elite

Sekarang waktunya bahas kekurangannya, nih. Simak pembahasannya baik-baik, ya. Siapa tahu bisa jadi pertimbangan buat kamu sebelum memutuskan untuk membelinya.

●        Kapasitas Baterai Tidak Terlalu Besar

Kekurangan yang belum diperbaiki oleh Advan pada G5 Elite 2021 adalah sektor catu daya. Smartphone dengan layar 6,1 inci ini hanya ditenagai oleh baterai berkapasitas 3.000 mAh. Ini jelas sangat kurang.

Degan kapasitas 3.000 mAh, kamu mungkin akan kehabisan baterai di siang atau sore hari. Hal ini sangat tidak nyaman karena hari masih panjang. Idealnya, smartphone sekarang harus memiliki baterai setidaknya 4.000 atau 5.000 mAh.

Apalagi Advan G5 Elite 2021 juga masih belum mendukung fast charging. Jadi, waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai sampai penuh juga cukup lama, sampai 2 jam.

●        Absennya Sensor Sidik Jari

G5 Elite memang sudah dilengkapi dengan Face ID. Namun Advan memilih untuk meniadakan sensor sidik jari alias fingerprint sensor. Hal ini sangat disayangkan.

Bagaimana tidak, di musim pandemi ini kita lebih sering pakai masker saat di luar rumah. Kalau hanya mengandalkan Face ID, kita akan direpotkan untuk buka masker. Face ID akan sulit mengenali wajah kita kalau sedang menggunakan penutup seperti masker.

Kamu cuma punya pilihan input PIN, password, atau pola untuk membuka kunci ketika Face ID tidak bisa dipakai. Ini jelas lebih repot.

●        Tidak Menggunakan Bluetooth Versi Terbaru

Bluetooth yang digunakan oleh Advan G5 Elite juga belum versi terbaru. Advan masih setia menggunakan bluetooth 4.2.

Versi bluetooth lama memiliki kecepatan transfer data yang rendah. Hal ini juga berpengaruh kalau kamu lagi pakai TWS, delaynya bakalan lebih terasa.

●        Chipset Kurang Bisa Diandalkan

Chipset yang sangat jadul juga sudah kurang bisa diandalkan sekarang ini. Kamu mesti banyak sabar ketika menggunakan G5 Elite untuk running aplikasi-aplikasi berat.

Kalau punya budget lebih, sebaiknya kamu memilih untuk beli HP Advan dengan chipset terbaru. Setidaknya yang punya performa lebih baik.

●        Tidak Ada Sensor Kompas

Satu lagi kekurangan dari G5 Elite adalah minimnya sensor. Bahkan smartphone ini tidak memiliki sensor kompas. Apakah sensor ini penting?

Tentu saja penting. Sensor kompas berguna untuk mengetahui arah mata angin. Sensor ini dibutuhkan untuk bermain game tertentu.

Sampai di sini, bisa disimpulkan bahwa Advan G5 Elite sudah cukup bagus untuk HP harga 1 jutaan. Kalau pun banyak kurangnya, hal ini akan sangat wajar mengingat harganya yang sangat murah.

Video Promosi Official Advan G5 Elite

Leave a Reply

Your email address will not be published.