Review Advan i5c, HP Dual Kamera Cuma 1 Jutaan

Posted on

Advan i5C merupakan salah satu HP dari Advan yang sempat populer di tahun 2016 hingga 2018. Nggak heran kalau HP Android yang satu ini populer. Pasalnya, ada banyak keunggulan yang dimilikinya.

Sekilas Tentang i5C

Advan i5c

HP dengan harga 1 jutaan dikenal dengan kelas entry level atau low entry. Persaingan di kelas ini terbilang sangat ketat karena semua merek turut ambil bagian. Advan sebagai merek dalam negeri alias lokal pun nggak mau kalah.

Advan memang banyak bermain di kelas low entry. Ada salah satu produknya yang pernah menjadi idola masyarakat, yaitu seri i5C Duo atau bisa kita sebut dengan i5C saja.

Advan seri i5C sudah dirilis pada tahun 2016. Kemudian seri i5C Duo dirilis dua tahun kemudian, lebih tepatnya pada 2018 yang lalu. Tagline untuk produk ini adalah affordable dual camera.

Pada tahun 2018 memang masa-masa awal munculnya HP dengan dual kamera. Advan tidak mau kalah dan kemudian meluncurkan produk i5C Duo. Yuk, simak spesifikasi dan review lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Lengkap Advan i5C

Speksifikasi Advan i5c

Sebelum masuk ke pembahasan soal kelebihan dan kekurangan dari smartphone Advan seri i5C Duo, sebaiknya perhatikan tabel spesifikasi yang ada di bawah ini.

Informasi Umum
Rilis2018
Jenis jaringan4G, 3G, 2G
Slot SIM carddual SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi16,5 x 7,63 x 0,95 cm
Bobot191 gram
MaterialBodi plastik dan bingkai metal
WarnaPutih, biru
Display
Jenis layarIPS LCD
Ukuran5”
Rasio20:9
Resolusi1080 x 1920 pixel
Kerapatan layar266 dpi
Proteksi2.5D Glass
Processing Hardware
ChipsetSpreadtrum SC9850K
GPUSC9850K
CPUQuad Core 1,3 GHz
Memori
Memori Internal16 GB
RAM2 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama8 MP + 0,3 MP
Depan5 MP
Konektivitas
Bluetooth4.2
WLAN802.11 b/g/n
USBMicro USB 2.0
GPSAGPS
Baterai
Kapasitas2.500 mAh
JenisLi-Ion
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)
SensorProximity, akselerometer, ambient light, finger print, compass
Sistem operasiAndroid Nougat (7.0)

tokopedia button

lazada button

Keunggulan Advan i5C

Keunggulan Advan i5C

Setelah tahu spesifikasi lengkapnya, yuk kita bahas hal-hal yang unggul dari smartphone Advan seri i5C Duo. Ini dia pembahasan lebih lengkapnya.

●        Banyak Fitur idOS

Keunggulan yang pertama dari i5C adalah penggunaan idOS, yaitu UI khas Indonesia. Banyak fitur menarik yang ada di dalamnya. Contohnya antara lain fitur boost, anti maling, super applock, dan Advan Clone untuk run dua aplikasi yang sama dalam 1 HP.

Pengalaman menggunakan idOS juga jauh lebih smooth dibandingkan UI lain yang digunakan pada Android Advan. Di tahun 2018, idOS merupakan salah satu UI custom yang sangat menarik. Mengingat saat ini masih belum banyak merek smartphone yang mampu membuat custom UI dengan optimal.

●        Desain Menarik

Berikutnya adalah desain fisik atau body dari i5C Duo yang sangat menarik. Desainnya bisa dibilang berbeda dan tidak bisa kamu jumpai di smartphone lain sekelasnya. Advan menyebutnya dengan Glassy Body Design.

Bodinya dibuat menggunakan bahan plastik dengan finishing glossy sehingga tampak seperti kaca. Tampilan HP pun tampak lebih elegan. Kenapa nggak pakai kaca asli?

Advan i5C merupakan HP di kelas entry level. Jadi masih sangat wajar kalau bodinya menggunakan material plastik. Toh masih tampak elegan.

●        Sensor Sidik Jari

Sensor sidik jari merupakan sesuatu yang masih langka untuk smartphone tahun 2018. Saat itu masih belum banyak HP entry level yang berani menambahkan fitur tersebut. Tapi kamu bisa menjumpainya di i5C Duo ini.

Kecepatan membacanya pun cukup cepat. HP ini cuma butuh waktu 0,3 detik saja untuk mengenali sidik jari kamu dan membuka kuncinya. Meski 0,3 detik masih dinilai kurang responsif, ini sudah cukup bagus untuk Android 1 jutaan tahun 2018.

Dengan adanya sensor sidik jari, keamanan ponsel menjadi jauh lebih terjamin. Apalagi sudah ada fitur Super Applock dari idOS yang bisa mengunci aplikasi menggunakan sidik jari.

●        Triple Slot SIM dan SD Card

Smartphone Advan seri i5C Duo ini memiliki dua buah slot SIM yang berjenis nano. Kemudian ada satu lagi slot yang bisa kamu gunakan untuk menambah memori eksternal.

Dengan slot yang berjumlah 3 buah, kamu bisa menggunakan 2 kartu sekaligus 1 kartu SD untuk memperluas memori penyimpanan.

Ketiga slot tersebut berada di bodi bagian belakang smartphone. Nggak seperti smartphone sekarang yang sudah menggunakan SIM tray dan ejector. Untuk memasang kartu di HP ini, kamu harus membuka baterai terlebih dahulu.

●        Dukungan USB OTG

Keunggulan terakhir dari HP Advan yang satu ini adalah dukungan USB On the Go. Di tahun 2022, fitur ini mungkin sangat biasa. Kenapa menjadi keunggulan?

Untuk HP yang dirilis tahun 2018, USB On The Go atau OTG masih menjadi hal yang sangat spesial. Tidak semua smartphone kala itu bisa support OTG. Itulah mengapa kehadiran fitur OTG menjadi sangat spesial di HP ini.

Dengan USB OTG, kamu bisa menancapkan flashdisk langsung ke HP. Kemudian data di dalam flashdisk bisa terbaca.

Kelemahan Advan i5C

Kelemahan Advan i5C

Setelah membahas keunggulannya, biar lengkap kita bahas kelemahannya juga. Ada 5 poin yang menjadi sorotan, berikut penjelasannya.

●        Performa Lambat

Kalau dibandingkan dengan smartphone keluaran sekarang, smartphone yang rilis tahun 2018 memang lambat. Tetapi Advan seri i5C ini bisa dibilang lambat kalau dibandingkan dengan HP yang ada di kelas dan tahun yang sama.

Performanya sudah diuji menggunakan Antutu dan hanya memperoleh skor 36.664. Bagaimana, cukup lambat, bukan? Hal ini terjadi karena penggunaan chipset Spreadtrum SC9850K dengan empat inti yang hanya punya kecepatan 1,3 GHz.

●        Masih Android Nougat

Versi Android yang digunakan juga hanya Nougat. Padahal di tahun 2018 sudah ada Android Oreo yang dirilis oleh Google.

Advan juga tidak memberikan opsi untuk update versi Android. Sehingga penggunanya harus legowo dengan versi Android di i5C Duo. Padahal di Android Oreo sendiri ada banyak sekali fitur baru yang belum pernah ada sebelumnya.

●        Dual Camera Hanya Gimmick

Sudah disebutkan di atas bahwa Advan i5C punya tagline “affordable dual camera”. Artinya, HP ini menjual HP dua kamera dengan harga murah. Sayangnya, dua kamera yang ada di bagian belakang i5C Duo hanyalah gimmick.

Kamera kedua hanya punya resolusi 0,3 MP. Apa yang kamu harapkan dari resolusi kamera sekecil itu?

●        Baterai Pas-Pasan

Selanjutnya adalah kapasitas baterai yang pas-pasan. HP ini cuma dibekali dengan kapasitas baterai 2.500 mAh. Mana bisa dipakai sampai seharian?

Siap-siap bawa charger atau power bank ke mana-mana, deh. Apalagi kalau kamu adalah tipe orang yang selalu menggunakan HP secara intens.

Advan i5C Duo adalah HP dual kamera dengan harga 1 jutaan yang bisa menjadi opsi terbaik di tahun 2018. Dengan harga semurah itu, sangat wajar kalau masih ada kekurangan di sana-sini.

tokopedia button

lazada button

Video Promosi Official Advan i5c

Leave a Reply

Your email address will not be published.