Review Advan NASA Plus, School Hero 800 Ribuan

Posted on

Advan punya beberapa produk yang harganya kurang dari 1 juta. Salah satunya adalah Advan NASA Plus yang dirilis beberapa waktu lalu. Pada kesempatan ini, kamu akan membaca review lengkap dari smartphone tersebut.

Sekilas Tentang NASA Plus

Advan NASA Plus

Smartphone NASA Plus dari Advan dirilis pada Oktober 2020 lalu. Smartphone ini diluncurkan oleh Advan dengan target pasar berupa pelajar yang tengah sekolah online. HP pintar yang satu ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan untuk belajar jarak jauh.

Produk NASA Plus dari Advan memiliki tagline School Hero. Advan juga sempat menjalin kerja sama dengan Smartfren saat pertama kali merilis NASA Plus ke publik.

Jadi, dalam setiap pembelian Advan seri NASA Plus akan mendapatkan bonus berupa bundling Smartfren. Harga-harga paket internetnya lebih murah dan cocok untuk sekolah online.

Spesifikasi Advan NASA Plus

Spesifikasi Advan NASA Plus

Tabel di bawah ini menunjukkan spek lengkap dari smartphone Advan seri NASA Plus. Pahami dengan baik sebelum kamu beranjak membaca penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan smartphone ini.

Informasi Umum
RilisOktober 2020
Jenis jaringan4G, 3G, 2G
Slot SIM carddual SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi15,1 x 7,1 x 0,99 cm
Bobot140 gram
MaterialPlastik
WarnaBlue, black
Display
Jenis layarIPS LCD
Ukuran5,45”
Rasio18:9
Resolusi480 x 960 pixel
Kerapatan195 dpi
Processing Hardware
ChipsetUnisoc SC9832E
GPUMali T820 MP1
CPUQuad Core Cortex A7 1.4 GHz
Memori
Memori Internal16 GB
RAM2 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama5 MP dan 0,3 MP depth
Depan2 MP
Konektivitas
Bluetooth4.2
WLAN802.11 a/b/g/n, hotspot, wifi direct
USBMicro USB 2.0
GPSAGPS
Baterai
Kapasitas3.000 mAh
JenisLi-ion
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)
SensorProximity, akselerometer, ambient light sensor
Sistem operasiAndroid 10

Kelebihan Advan Nasa Plus

Kelebihan Advan Nasa Plus

Terdapat beberapa keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh Advan seri NASA Plus. Setidaknya ada 5 poin yang akan dijelaskan di sini, ini dia.

●        Face ID Security

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh smartphone ini adalah terdapat face ID security. Selain menggunakan password, PIN, dan pola, kamu bisa mengaktifkan Face ID. Cara ini jauh lebih praktis karena hanya perlu waktu kurang dari 1 detik.

Pertama, kamu bisa mengklik tombol power smartphone untuk menyalakan layar. Dekatkan smartphone ke wajah dan Face ID terdeteksi. Smartphone kamu akan terbuka saat itu juga.

Face ID jauh lebih aman karena hanya wajah kamu yang bisa dibuka untuk membuka. Orang lain tidak punya akses ke HP kamu.

●        Harga Terjangkau

Selanjutnya adalah harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa mendapatkan smartphone yang satu ini hanya dengan harga 800 ribuan saja. Sangat cocok untuk pelajar yang tidak punya banyak uang untuk membeli HP.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Advan memang meluncurkan produk yang satu ini untuk membantu para pelajar. Seperti yang sudah kita tahu, 2020 lalu merupakan waktu di mana kita semua dipaksa beraktivitas dari rumah, termasuk sekolah.

●        Performa Cukup Baik untuk Sekolah Online

Meski tidak dibekali dengan chipset terbaru, NASA Plus sudah bisa menghasilkan performa yang cukup baik. Kamu bisa menjalankan berbagai aplikasi sekolah online seperti Google Classroom, Zoom, Google Meet, dan sebagainya dengan sangat baik.

RAM yang disematkan di smartphone ini adalah sebesar 2 GB. Kapasitas RAM ini sudah cukup untuk melakukan multitasking 2 atau 3 aplikasi sekaligus dalam satu waktu.

●        Kualitas Speaker Bagus

Saat belajar online, kamu diharuskan untuk bergabung dengan online class melalui Zoom atau Google Meet. Terkadang guru juga mengirimkan video pembelajaran untuk membantu kamu belajar. Aktivitas seperti ini membutuhkan kualitas speaker yang bagus.

Speaker berkualitas diperlukan agar suara dari video bisa didengar dengan baik dan jernih. Siapa yang menyangka kalau ada smartphone 800 ribuan sudah punya kualitas speaker bagus? Hal ini bisa kamu dapatkan di NASA Plus.

Ada K Power Amplifier yang digunakan pada speaker Advan NASA Plus. Teknologi tersebut mampu menghasilkan suara yang jelas, jernih, dan lantang.

●        idOS yang Smooth

Keunggulan terakhir ada pada softwarenya. NASA Plus secara default sudah diinstall Android 10. Untuk memaksimalkan performanya, Advan menambahkan idOS.

idOS sendiri merupakan suatu sistem User Interface yang dikembangkan oleh Advan. Ada sebagian smartphone Advan yang diinstall UI tersebut. Hasilnya, performa smartphone ini menjadi lebih smooth.

Manajemen RAM-nya juga sangat baik sehingga mengurangi kemungkinan terjadi hang. Aktivitas belajar online kamu tentu akan berlangsung dengan baik karena ini.

Kekurangan Advan Nasa Plus

Kekurangan Advan Nasa Plus

Layaknya smartphone lain, Advan NASA Plus juga pasti punya kekurangan. Smartphone yang harganya mahal saja tetap punya kekurangan, apalagi yang harganya murah. Berikut ini beberapa poin minus yang bisa kamu temukan dari NASA Plus.

●        Kamera Pas-pasan

Hal pertama yang cukup menjadi consent adalah kualitas kamera yang sangat pas-pasan. Bahkan cuma sekadar ada. Kamera belakang HP ini ada 2, masing-masing berukuran 5 MP dan 0,3 MP.

Saat digunakan di luar ruangan atau kondisi cukup cahaya, hasilnya akan tampak biasa saja. Tapi saat dipakai di tempat yang cahayanya kurang, banyak noise yang mengganggu.

Hal ini sangat disayangkan karena murid yang sekolah online sangat membutuhkan kamera berkualitas. Mereka membutuhkannya untuk memfoto tugas, merekam video tugas, dan sebagainya.

●        Ukuran Layar Kurang Besar

Ukuran layar smartphone ini juga terbilang kecil. Terlebih smartphone keluaran terbaru saat ini rata-rata punya ukuran layar 6,5 inci ke atas.

Namun Advan memilih untuk menyematkan layar IPS LCD berukuran 5,5 inci di smartphone ini. Ukurannya memang tidak terlalu kecil. Namun alangkah lebih baik kalau dibuat lebih besar agar belajar online lebih nyaman.

Selain ukuran yang kecil, resolusinya juga belum HD. Layar ini punya resolusi 480 x 960 pixel. Karena itu, gambar yang ditampilkan di layar menjadi kurang tajam.

●        Memori Internal Tidak Cukup Lega

Advan juga terbilang pelit dalam memberikan memori internal di NASA Plus ini. Hanya 16 GB ukuran memori internalnya. Artinya, kamu nggak bisa terlalu banyak menyimpan file atau menginstall aplikasi di HP ini.

Kalau ingin penyimpanannya lebih lega, mau nggak mau kamu harus menambah memori internal. HP ini bisa kamu pasangi SD card dengan kapasitas maksimal 64 GB.

●        Kapasitas Baterai Kecil

Kapasitas baterai Advan NASA Plus juga menjadi keluhan bagi banyak pengguna. Smartphone ini hanya dibekali dengan baterai Lithium Ion sebesar 3.000 mAh.

Padahal kebutuhan baterai untuk sekolah online cukup besar. Misalnya untuk Zoom meeting atau menghadiri kelas di Google Meet akan membuat baterai lebih boros.

Dengan pemakaian yang intens, baterai HP ini mungkin akan bertahan kurang dari 10 jam. Jadi, dalam sehari kamu mungkin butuh charging sampai 2 atau 3 kali. Cukup merepotkan.

Kalau kita ingat lagi harga Advan NASA Plus yang cuma 800 ribuan, rasanya tidak pantas untuk mengeluh. Jika ingin mendapatkan kelebihan yang lebih banyak, kamu bisa pilih smartphone lain yang lebih mahal.

Video Promosi Official Advan Nasa Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published.