Advan Nasa 5202, Review Lengkap & Harga Jual

Posted on

Jika kamu menginginkan smartphone dengan harga terjangkau, maka Advan Nasa 5202 menjadi pilihan yang paling direkomendasikan. Perangkat ini memang sangat cocok bagi para anak muda yang hobi bersosial media.

Spesifikasi Advan Nasa 5202

Advan Nasa 5202

SPESIFIKASIADVAN NASA
Layar & Resolusi5.2″ qHD with IPS 2.5D 960 x 540
WarnaDark Black, Bright Blue, dan Green
Kamera BelakangAF With F2.2 5MP
Kamera DepanF2.2 2MP With
Peranti Keras UtamaChip:  CPU SC9832E Quad-core 1.4GHz

RAM:2GB
ROM: 16GB
BATERAI:  4.35V 0.2C 2450mAh

JaringanB5,B8,B40 LTE-FDD:B1,B3.

3G:WCDMA 900/2100Mhz
Band GSM900/1800Mhz

3G WCDMA / 4G LTE network band.

2 SIM card, 4G LTE service at a time.

KoneksiWLAN 802.11/b/g/n/
Bluetooth 4.23,5 mm headphone jack

Type-USB GPS/G-sensor

Sistem Operasi(Android 9.0 Pie) OS IDOS 9s.12
Pengisian Daya4.35V 0.2C
Lain-LainDimension 145x 71.9x 8.5mm

Review Lengkap Advan Nasa 5202

Produk ini memang menyasar ke segmen pasar smartphone yang minim persaingan yaitu harga kisaran Rp 700.000. Dengan harga tersebut kamu bisa memperoleh beberapa hal yang ada di bawah ini, di antaranya:

1.     Desain

Advan seri Nasa 5202 mempunyai desain yang cukup sederhana. Hal ini seperti saat awal kemunculan dari smartphone Android yang mempunyai rasio layar 16:9. Advan Nasa terlihat tebal di bagian bezel atas maupun bawah.

Hal ini memang tidak seperti smartphone kekinian yang justru menggunakan rasio layar dengan ukuran 20:9. Di bagian layar depan tidak terpasang film pelindung supaya bisa menjaga layar dari goresan. Secara langsung, ukuran tersebut memang tidak terlalu besar.

Akan tetapi smartphone ini mempunyai layar dengan ukuran 5,2 inci dan resolusinya 540 x 960. Di bagian material bodinya menggunakan bahan polikarbonat. Sehingga tetap mengusung desain menggunakan casing belakang.

Sementara bagian baterainya bisa dilepas pasang. Jika dilihat secara presisi, bagian bodinya mempunyai ukuran 71,9 x 145 x 8.5 mm. Dengan hal ini maka semua pun akan terasa lebih ringan saat digenggam.

Ada beberapa pilihan warna yang sudah diuji yaitu hijau menggunakan finishing yang berkilau. Ada juga warna lain yang bisa kamu pilih. Seperti warna hitam dan biru. Pada bagian penampang depan layar tidak hanya berukuran 5,2 inci saja. Namun juga terdapat tombol di bagian bezel bawah.

Sayangnya untuk tombol tersebut tidak mempunyai fungsi seperti fingerprint. Akan tetapi hanya tombol biasa saja yang berguna sebagai fungsi home. Pada bagian belakang tersedia kamera 5p yang ada di bagian tengah atas.

Sementara di bagian modul kamera terlihat logo Advan, posisi vertikal. Pada bagian bawah kiri tersedia grill speaker yang menghadap ke bagian penampang belakang. Untuk posisi tersebut memang kurang menguntungkan bagi setiap penggunanya.

Ketika Advan Nasa 5202 diletakkan di layar menghadap atas, maka bagian grill speaker tersebut akan tertutup. Sehingga suara terdengar lebih pelan. Bagian slot dan tombol terdapat tombol power dan volume yang ada di sisi bagian kiri.

Sementara Sisi bagian atas tersedia slot micro USB dan lubang jack 3,5 mm. Pada sisi bagian bawah tersedia mikrofon slot SIM card dan micro SD berada pada bagian body paling belakang. Ada juga dua Slot SIM card yang menggunakan tipe mikro maupun slot micro SD yang secara terpisah.

2.     Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai yang dimiliki oleh Advan Nasa ini memang tidak terlalu besar yaitu hanya 2450 mah. Akan tetapi mengingat bahwa smartphone ini hanya menggunakan layar 5,2 inci saja dan mempunyai resolusi rendah.

Untuk itu, penggunaan ponsel ini terasa lebih efisien dalam kebutuhan daya. Sementara pengisian dayanya smartphone ini dibekali charger 5v/1a.

3.     Keamanan

Jika dilihat dari segi keamanan, smartphone ini sudah dibekali dengan fitur face ID. Fitur inilah yang dapat bekerja secara responsif. Akan tetapi hanya ketika berada di kondisi ruangan yang terang saja. Sementara fingerprint belum dimiliki oleh Advan Nasa.

4.     Konektivitas

Dari segi konektivitas, smartphone ini sudah didukung dengan jaringan seluler Wi-Fi 802.11 b/g/n jaringan seluler 4G LTE dan bluetooth 4.2. Ada pula FM radio yang digunakan untuk kebutuhan hiburan pengguna.

Pada bagian sensornya hanya tersedia sensor accelerometer, ambience, dan proximity. Sehingga sensor gyro belum kamu temukan di dalamnya. Untuk Kompas dan pemetaan lokasi pada Advan Nasa 5202 ini juga lebih akurat.

5.     Sistem Operasi

Sistem operasi yang ditawarkan oleh Nasa 5202 ini sudah menggunakan IDOS 9S12 yang memiliki basis Android 90 Pi. Jika kamu menyukai iDos versi keluaran terbaru ini maka tidak akan banyak aplikasi bloatware yang memenuhi beranda maupun mengurangi performa smartphone.

Ada beberapa aplikasi yang tersedia secara free install, sehingga hanya ada beberapa aplikasi Google maupun aplikasi penting lainnya saja. Seperti aplikasi telepon, pesan, tools maupun browser. Pengguna bisa menggunakan navigasi gesture sebagai pengganti tombol kapasitif yang ada di layar.

6.     Harga

Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para masyarakat luas yaitu harga yang ditawarkan oleh Advan Nasa 5202. Harganya sangatlah murah yaitu hanya 700 ribuan saja. Dengan harga tersebut kamu bisa memperoleh fitur di perangkat yang sangat baik.

Sehingga tidak terdengar pecah maupun cempreng seperti saat menggunakan smartphone dengan entry level. Secara umum untuk kualitas speaker smartphone tersebut juga dapat di lebih bagus dibandingkan smartphone kelas di atasnya.

7.     Kamera

Kekurangan Advan Nasa 5202

Untuk urusan kamera, smartphone Advan Nasa ini mempunyai kamera 5 MP yang sudah didukung dengan aperture f2.2 yang sangat memberikan dukungan untuk kegiatan fotografi mobile. Sementara hasil foto tersebut dapat secara langsung dibagikan ke sosial media dengan langkah yang cepat.

Perlu diketahui bahwa Advan Nasa juga mampu memanjakan pecinta selfie karena sudah menghadirkan kamera 2P dan dilengkapi dengan fitur beauty.

Advan Nasa memang diluncurkan sebagai smartphone entry level yang menggunakan teknologi mumpuni jika dibandingkan dengan ponsel sekelasnya. Bagian layar IPS sangat berkualitas karena hal ini terlihat dari segi layaknya yang jernih.

8.     Layar

Ditambah lagi dengan piranti lunak multi testing sebagai kebanggaan anak negeri Advan Nasa bisa memberikan akses ke pelayanan sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram. Advan juga sudah memiliki dukungan berupa prosesor 1.4 Ghz Arm Cortex A53 dan grafis Mali T820.

Hal ini dikombinasikan dengan RAM 2GB maupun memori internal 16GB. Dari spesifikasi tersebutlah yang menjadikan Advan Nasa dapat diajak bermain game dengan lancar tanpa mengalami lag. Untuk ukuran layar IPS yaitu 5,2 inci yang mempunyai resolusi VHD 960 x 540 pixel.

Layar inilah yang mempunyai color lebih komplit. Sehingga dapat menghadirkan warna yang jauh lebih tajam dan juga akurat. Hal ini selayaknya warna asli yang mempunyai tampilan penuh. Bahkan ketika digunakan di bawah sinar matahari.

Kemunculan dari Advan Nasa 5202 memang memberikan harga yang sangat murah, sehingga banyak para masyarakat yang merasa tertarik ingin melakukan pembeliannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.