Spesifikasi dan Review Lengkap Advan i5E, HP Murah nan Canggih!

Posted on

Apakah ada smartphone yang murah dan canggih, namun harganya terjangkau? Mungkin Advan i5E ini bisa menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut. Nah, jika kamu penasaran dengan ponsel yang satu ini, langsung saja simak informasi sebagai berikut, ya.

Spek Advan i5E

Advan i5E

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, seri i5E ini hadir dengan harga yang cukup murah. Meskipun begitu, HP tersebut mampu menghadirkan spesifikasi yang mumpuni, lho. Simak tabel spesifikasi di bawah ini untuk detail secara lebih rinci.

KeluaranSeptember 2016
Platform
RAM2 GB
ChipsetMT6737
Penyimpanan16 GB, up to 64GB
CPUMediatek MT6580M
Sistem OperasiAndroid v5.1 Lollipop
Kamera Belakang
Single Camera8 MP
Video720p @30fps
FiturAutofocus, LED Flash
Kamera Depan
Single Camera5 MP
Video720p @30fps
Fitur
Bodi
Ukuran layar5 inch (720 x 1280 piksel)
WarnaRose Gold, Gold
LayarIPS LCD Capacitive
Proteksi
BateraiLi-Po (2400 mAh)
Teknologi
Konektivitas
Jaringan2G (GSM 900 / 1800), 3G (WCDMA 2100), 4G (LTE 800)
SIMDual SIM
Dukungan
Bluetooth4.0, A2DP
GPSGLONASS/ BDS, A-GPS
NFCNo
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorLight, Proximity
RadioFM Radio

Review Advan i5E

Setelah membaca dan memahami tabel spesifikasi di atas, sekarang mari kita review HP buatan dalam negeri tersebut, mulai dari teknologi, desain, performa, layar, baterai, dan lain sebagainya. Untuk itu, langsung saja berikut ulasan atau review HP Advan i5E.

Teknologi

 

Seri i5E hadir dengan sistem operasi Android OS, v5.1 (Lollipop), yang terbilang cukup tinggi dalam hal pengelolaan grafis ponsel. Bisa dibilang Lollipop sendiri merupakan salah satu OS yang paling unggul untuk HP dengan RAM 2GB, sehingga mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang sama.

Satu hal yang cukup unik dari i5E ini, yakni penggunaan teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE, mengingat jika harga dari ponsel ini juga terjangkau. Walaupun murah, namun spesifikasi yang ditawarkan pun tidak lah memalukan.

Layar dan Desain

Review Advan i5E

 

HP yang satu ini dirilis dengan desain bertipe Candybar, yang hadir dengan 2 pilihan warna yakni Rose Gold dan Gold. Pilihan warna tersebut, tentu saja akan menjadikannya tampak sangat cantik dan elegan, karena warna emasnya yang khas.

Selain itu, i5E juga telah dibekali dengan fitur tambahan berupa Multi-touch Capacitive yang akan menjadikan ponsel ini tampak lebih elegan. Bicara sola bentang layar, i5E memiliki layar berukuran 5.0 inches, dengan resolusi sebesar 720 x 1280 pixels.

Dapat dikatakan jika layar yang ditawarkan ini tergolong lebar, sehingga membuatmu bisa bermain game atau menonton film dengan nyaman. Smartphone ini juga dengan dibekali dengan panel Jenis layar IPS capacitive touchscreen, yang mampu membuat kualitas warna di layar semakin kaya dan bagus.

Performa

Jika dilihat dari segmen pasarnya, performa yang ditawarkan oleh i5E ini tergolong canggih. Hal ini karena HP tersebut sudah mengusung OS Android v5.1 (Lollipop), yang akan menjadikan ponsel tersebut mampu menghadirkan kinerja untuk mengelola grafis dengan cukup baik.

Ponsel ini juga dibekali dengan processor Mediatek MT6580M, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 yang akan membuat kinerjanya untuk membaca berbagai data menjadi lebih cepat. Penggunaan RAM 2GB yang tergolong besar di kelasnya, juga membuatnya mampu melakukan aktivitas multitasking dengan baik.

Dengan adanya kapasitas RAM yang besar, menjadikan ponsel tersebut terhindar dari proses lag secara ang berlebihan. Walaupun hanya sebatas itu, namun sektor performa yang dihadirkan HP ini tergolong canggih, mengingat harga dan juga kelas dari yang diincar oleh Advan untuk seri i5E.

Kamera

Kemudian dari sektor kamera, i5E ini dibekali dengan kamera utama yang memiliki resolusi 8 MP. Kamera tersebut telah didukung oleh fitur Auto-focus dan Led Flash. Dengan kamera utama beresolusi 8MP, membuatnya mampu membidik gambar dengan resolusi yang cukup bagus, lho.

Sedangkan untuk kamera depan atau kamera selfie, Advan membekali seri i5E ini dengan kamera beresolusi 5 MP. Ya, angka tersebut cukup besar untuk membidik gambar dengan cukup baik, walaupun tidak bisa benar-benar memuaskan hati pecinta selfie.

Namun paling tidak, kamera depan 5MP ini sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari seperti video call, smule, skype, dan lain sebagainya dengan kualitas yang terbilang sudah bagus.

Konektivitas

Lanjut pada konektivitas, bisa dibilang jika ponsel ini memiliki sektor konektivitas yang tergolong lengkap. Pasalnya, seri i5E telah dibekali teknologi jaringan 2G, 3G,4G, yang membuat para pengguna mampu berkomunikasi dan menjelajahi internet dengan kecepatan yang tinggi.

Untuk saat ini, teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE menjadi teknologi jaringan internet tercepat yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, HP buatan dalam negeri ini tentunya bisa diandalkan untuk menjelajahi dunia internet dengan baik.

Tidak hanya itu, i5E juga telah dibekali dengan fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n dan hotspot yang membuat pengguna bisa menerima dan juga berbagi data internet dengan perangkat lain. Sedangkan untuk penerimaan dan penerimaan file, Advan membekalinya dengan fitur Bluetooth dan USB microUSB.

Penyimpanan

Dari sektor ruang penyimpanan yang ada pada i5E ini, kamu akan menemui penyimpanan internal berkapasitas 16 GB. Tentu saja kapasitas tersebut tergolong besar dan membuat para pengguna dapat menyimpan berbagai macam file dan aplikasi besar di dalamnya.

Selain itu, jika kamu memiliki file yang berukuran sangat besar dan membuat memory internal penuh, tidak perlu bingung. Kamu dapat memanfaatkan slot memory microSD yang bisa digunakan untuk menampung memori eksternal dengan kapasitas hingga 32 GB.

Baterai

Baterai Advan i5E bertipe Li-Ion dan memiliki kapasitas sebesar 2400 mAh, kapasitas yang tergolong cukup besar untuk menopang kebutuhan daya ponsel selama digunakan. Dalam menjalankan beberapa aplikasi, daya pada smartphone ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kelebihan dan Kekurangan Advan i5E

Kekurangan Advan i5E

Setiap ponsel pintar pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, bahkan juga untuk ponsel dengan harga yang mahal. Nah, untuk seri i5E milik Advan, kiri berikut ini beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki olehnya.

Kelebihan:

  • Dibekali dengan ruang penyimpanan internal sebesar 16GB, serta dukungan memory eksternal sampai 32 GB.
  • Penggunaan teknologi panel layar IPS capacitive touchscreen, yang membuat layar lebih jernih.
  • Bentang layar cukup besar yang berukuran 5.0 inches (720 x 1280 piksel).
  • Kamera utama beresolusi 8 MP dengan fitur LED Flash dan Auto-focus.
  • Kapasitas baterai yang tergolong besar, yakni 2400 mAh.
  • Processor Mediatek MT6580M, yang terbilang cukup tangguh di kelasnya.
  • Sudah mengusung OS Android v5.1 (Lollipop) yang kaya akan fitur.
  • Mendukung teknologi jaringan 4G LTE, sehingga akses internet yang dihadirkan lebih cepat.

Kekurangan:

  • Tidak dibekali system pengaman berupa sensor fingerprint.
  • Resolusi kamera depan hanya 5 MP, dan tidak mampu memuaskan para pecinta foto selfie.
  • Belum ada fitur Fast Charger Baterai, sehingga proses pengisian baterai cukup lama.

Harga Advan i5E

Bagi kamu yang merasa tertarik untuk memiliki HP ini, maka sediakan paling tidak Rp1,5 jutaan untuk yang baru. Sedangkan Advan i5E bekas, untuk saat ini harganya ada di angka sekitar Rp800 ribuan. Jadi gimana? Apa kamu tertarik menggunakan salah satu HP besutan dalam negeri terbaik yang satu ini?

Video Promosi Official Advan i5E

Leave a Reply

Your email address will not be published.