Review Lengkap Advan G9 Pro, HP 1 Jutaan Terbaik

Posted on

Advan kembali merilis smartphone baru pada November 2020. Smartphone baru ini diberi nama Advan G9 Pro. Smartphone ini merupakan bukti bahwa Advan merupakan merek lokal yang tidak mati di tengah ketatnya persaingan pasar smartphone di Indonesia.

 

Spesifikasi Lengkap Advan G9 Pro

Advan G9 Pro Spek

Selain harga, spesifikasi merupakan hal paling penting yang wajib diperhatikan sebelum kamu membeli smartphone. Pasalnya, spesifikasi sangat berpengaruh terhadap performa sebuah smartphone. Tabel di bawah ini akan menunjukkan spesifikasi lengkap Advan seri G9 Pro.

Informasi Umum
RilisNovember 2020
Jenis jaringan4G, 3G, 2G
Slot SIM carddual SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi16,3 x 7,63 x 0,95 cm
Bobot181 gram
MaterialBodi dan bingkai plastik
WarnaBiru, hijau
Display
Jenis layarIPS LCD
Ukuran6,6″
Refresh rate60 Hertz
Rasio19,5:9
Resolusi720 x 1600 pixel
Kerapatan layar266 dpi
ProteksiTidak ada
Processing Hardware
ChipsetUnisoc SC9863A
GPUPowerVR IMG8322
CPUOcta Core

4×1.6 GHz Cortex-A55

4×1.2 GHz Cortex-A55

Memori
Memori Internal64 GB
RAM6 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama16 MP wide + 0,3 MP potrait + 0,3 MP AI + 0,3 MP beauty
Depan8 MP wide
Konektivitas
Bluetooth4.2
WLAN802.11 b/g/n
USBType C 2.0
GPSAGPS
Baterai
Kapasitas5.200 mAh
JenisLi-Po
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)
SensorFace unlock, proximity, akselerometer
Sistem operasiAndroid 10

tokopedia button

lazada button

Keunggulan Advan G9 Pro

Keunggulan Advan G9 Pro

Ada banyak sektor yang diunggulkan oleh Advan dari produk G9 Pro. Semua keunggulan tersebut akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini. Yuk, simak bareng-bareng.

●        Memori Internal dan RAM Lega

Satu hal paling diunggulkan dari G9 Pro adalah ukuran memori internal dan RAM yang lega. Memori internalnya sendiri memiliki ukuran 64 GB. Sudah cukup lega untuk menyimpan banyak file, dokumen, foto, dan sebagainya.

Sedangkan RAM-nya adalah 6 GB. RAM sebesar ini akan memudahkan kamu dalam menjalankan program aplikasi secara multitasking. Kamu bisa membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa takut lag.

●        Layar Berukuran Lapang

Kalau kamu suka nonton video di HP, ukuran layar tentu menjadi satu hal yang sangat penting. Dengan ukuran layar yang besar, kamu lebih leluasa dalam melihat detail di video. Advan G9 Pro sendiri hadir dengan layar berukuran 6,6 inci. Layarnya cenderung memanjang dengan rasio 19,5 : 9.

●        Kapasitas Baterai Besar

Dari sektor daya, G9 Pro sangat bisa diandalkan. Kapasitas baterai yang disematkan oleh Advan di smartphone ini sangat besar, yaitu 5.200 mAh. Sedikit lebih besar kalau kamu bandingkan dengan berbagai smartphone yang beredar saat ini.

Dengan baterai 5.200 mAh, kamu nggak perlu khawatir kehabisan baterai saat menggunakan smartphone ini seharian. Bahkan baterainya bisa bertahan 2 hingga 3 hari kalau kamu tidak terlalu intens dalam menggunakan smartphone.

●        Empat Kamera Belakang

Brand smartphone belakangan ini berlomba-lomba memperbanyak jumlah kamera, terutama kamera belakang. Advan pun tidak mau kalah dan ikut ambil bagian dalam tren ini. G9 Pro sendiri dilengkapi dengan 4 buah kamera belakang.

Satu lensa utama berukuran 16 MP. Kemudian didampingi dengan 3 buah lensa lainnya yang masing-masing berukuran 0,3 MP. Fungsi dari 3 kamera pendamping tersebut antara lain potret, beauty, dan AI. Dijamin bisa bikin hasil foto kamu lebih bagus.

●        Speaker Berkualitas

Saat menonton film atau mendengarkan musik, speaker menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh. Kualitas speaker akan mempengaruhi pengalaman kamu saat menonton atau mendengarkan musik.

Tidak mau mengecewakan pengguna yang punya hobi nonton atau dengar musik, G9 Pro hadir dengan speaker berkualitas tinggi. Meski masih menggunakan single speaker, volumenya cukup keras dan bassnya lumayan terasa.

●        Face Unlock

Face unlock merupakan salah satu teknologi keamanan yang cukup bisa diandalkan pada smartphone. Advan G9 Pro menggunakan pendeteksi wajah untuk membuka kunci.

Fitur ini sangat memudahkan pengguna karena hanya perlu mendekatkan smartphone ke wajah dan kuncinya akan terbuka. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot lagi mengetikkan PIN, password, atau membuat pola terlebih dahulu.

●        Desain Bodi Kekinian

Meski tidak berpengaruh terhadap performa dan fungsi, bodi smartphone kerap menjadi pertimbangan sebelum dibeli. Kalau kamu memilih G9 Pro dari Advan, desain bodi sudah tidak perlu diragukan lagi. Smartphone ini sudah menggunakan bahasa desain kekinian.

Layar sudah menggunakan model full view dan poni berupa tetesan air atau water drop. Untuk smartphone yang dirilis pada 2020, hal ini sudah bisa menjadi satu keunggulan tersendiri.

Untuk bagian backdoor juga tidak kalah kece. Looknya premium meski dijual dengan harga yang tidak mahal.

Kelemahan Advan G9 Pro

Kelemahan Advan G9 Pro

Kamu pasti sudah memahami kalau setiap smartphone selalu memiliki sisi kelemahannya tersendiri. Bahkan smartphone termahal juga memiliki sisi negatif. Jadi tak heran kalau sekelas Advan seri G9 Pro juga memiliki beberapa kekurangan.

Hal ini mungkin akan menjadi pertimbangan tersendiri untuk kamu sebelum memutuskan untuk membeli G9 Pro. Apa saja kekurangannya? Simak penjelasan lengkap di bawah ini.

●        Tombol Power dan Volume Sangat Keras

Hal pertama yang menjadi kekurangan atau kelemahan untuk G9 Pro adalah tombol power dan volumenya. Kamu mungkin butuh tenaga cukup besar untuk menekan tombol-tombol tersebut. Hal ini sama sekali tidak bisa dianggap remeh karena berhubungan dengan kenyamanan pengguna.

Selain membuat kamu mengeluarkan banyak tenaga, tombol yang keras juga bisa membuat jari-jari tangan terasa sakit. Hal ini memang harus dievaluasi dan diperbaiki oleh Advan.

●        Tidak Menyertakan Sensor Sidik Jari

Kekurangan yang kedua adalah absennya sensor sidik jari dari G9 Pro. Meski sudah sempat disebutkan kalau smartphone ini menggunakan sensor wajah untuk membuka kunci, ternyata masih belum cukup.

Sekarang ini, kita banyak menggunakan masker, bukan? Hal ini jelas membuat face unlock tidak bisa mendeteksi wajah kita. Akan sangat merepotkan kalau harus buka tutup masker untuk membuka kunci smartphone.

●        Chipset Advan G9 Pro Kurang Bisa Diandalkan

Kekurangan terakhir yang mungkin akan menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli smartphone satu ini adalah chipsetnya. Smartphone ini tidak menggunakan chipset Snapdragon atau Mediatek layaknya Android lain.

Advan justru menyematkan UniSOC Octa Core untuk G9 Pro. Performanya tidak lebih kencang dari chipset Mediatek dan Snapdragon. Cukup mengecewakan karena menyandang nama “Pro” tapi tidak bertenaga saat dipakai gaming.

Harga

Lini produk Advan dikenal dengan harga yang terjangkau. Begitu juga dengan G9 Pro. Smartphone keluaran 2 tahun lalu ini dijual dengan harga 1 jutaan. Bahkan kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena peluncurannya sudah berlangsung cukup lama.

Kalau kamu sedang mencari HP yang bisa diandalkan untuk sehari-hari, Advan G9 Pro bisa menjadi pilihan bagus. Apalagi harganya juga sangat terjangkau. Asalkan kamu bisa mentoleransi kekurangan yang dimiliki, tidak perlu banyak pertimbangan lagi untuk segera membeli G9 Pro tersebut.

tokopedia button

lazada button

Video Promosi Official Advan G9 Pro

Leave a Reply

Your email address will not be published.