Review Advan G5. HP Entry Level Terbaik!

Posted on

Selama ini, HP buatan Indonesia memang agak dilupakan. Padahal performanya juga tidak kalah dengan merek luar negeri. Salah satu buktinya adalah Advan G5. Gimana review lengkapnya? Simak penjelasan di bawah ini.

Sekilas Tentang Advan G5

Advan G5

Advan adalah salah satu brand gadget asal Indonesia yang sudah cukup lama ada. Lini produknya juga cukup banyak, mulai dari smartphone hingga tablet. Salah satu produknya yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah Advan G5.

Salah satu ciri khas dari produk Advan adalah harganya yang sangat terjangkau. Layaknya, produk lokal lainnya, Advan memang menawarkan harga yang murah karena komponennya dibuat dan dirakit di dalam negeri.

Seri G5 dari Advan dirilis pertama kali pada Mei 2020. Rilisnya smartphone ini cukup menggemparkan karena berani melawan di tengah persaingan smartphone asal Cina dan Korea. Advan juga dinilai serius dengan meluncurkan G5.

Tidak ingin dianggap remeh oleh kompetitor dan calon konsumen, G5 hadir dengan 3 buah kamera belakang. Desainnya juga terbilang kekinian dan mengikuti tren desain yang sedang banyak dipakai saat ini.

Spesifikasi Lengkap

Advan G5 - spek

Penasaran seperti apa “jeroan” dari Advan seri G5 ini? Simak tabel yang berisi spek lengkap yang ada di bawah ini.

Informasi Umum
RilisMei 2020
Jenis jaringan4G
Slot SIM carddual SIM (dengan slot khusus)
Dukungan eSIMTidak
Bodi
Ukuran/dimensi5,63 x 7,51 x 0,96 cm
Bobot190 gram
MaterialBodi dan bingkai plastik
WarnaBlue purple, white green
Display
Jenis layarIPS LCD
Ukuran6,2″
Refresh rate60 Hertz
Rasio20:9
Resolusi720 x 1520 pixel
ProteksiTidak ada
Processing Hardware
ChipsetUnisoc SC9863A
GPUPower VG Rogue GE8322
CPUOcta A55 1,6GHz + 1,2GHz
Memori
Memori Internal32 GB
RAM4 GB
Memori eksternalMicroSD (ada slot khusus)
Kamera
Utama13 MP wide + 0,3 MP AI + 0,3 MP AI
Depan5 MP wide
Konektivitas
Bluetooth4.2
WLAN802.11 b/g/n
USBmicroUSB 2.0
GPSAGPS
Baterai
Kapasitas4.000 mAh
JenisLi-Po
Lainnya
Audio jackada (3,5 mm)

tokopedia button

lazada button

Kelebihan Advan Seri G5

Advan G5 - warna

Setelah melihat tabel spesifikasi lengkap dari Advan seri G5 pada tabel di atas, yuk lihat review lengkap tentang kelebihan dan kekurangan smartphone tersebut.

Hal pertama yang akan dibahas tentu saja kelebihan atau nilai plus dari smartphone Advan seri G5. Ini dia pembahasan lebih lengkapnya.

●        Kapasitas Baterai Cukup Besar

Keunggulan pertama yang bisa kamu dapatkan dari Advan seri G5 adalah kapasitas baterai cukup besar. Baterai Li-Po sebesar 4.000 mAh yang disematkan pada smartphone ini bisa menemani aktivitas kamu seharian.

Kamu bisa mengecas HP ini sekali saja dalam sehari dan bisa menggunakannya seharian di hari berikutnya.

●        Kamera Bisa Diandalkan

Ada tiga buah kamera yang ada di belakang smartphone satu ini. Ukuran sensornya adalah 13 MP yang sudah cukup bisa diandalkan untuk mengabadikan berbagai momen. Apalagi kamera ini juga sudah bisa merekam video hingga resolusi 1080p.

●        Performa Handal

Kamu memang tidak bisa berharap terlalu banyak pada smartphone entry level, terutama dari segi performanya. Namun Advan G5 tidak terlalu mengecewakan. Unisoc SC9863A yang dipasang pada smartphone satu ini bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan mulus.

Kamu bisa membuka berbagai aplikasi media sosial tanpa kendala. Selain itu, Advan seri G5 juga cocok dipakai untuk main game ringan. Kalau kamu berharap HP ini bisa dipakai untuk main Mobile Legend, PUBG, atau game berat lainnya, bersiaplah akan kecewa karena performanya tidak bagus.

●        Sudah Dilengkapi Android 10

Keunggulan selanjutnya dari Advan seri G5 adalah dukungan Android 10. Untuk HP keluaran 2020 dan dari brand lokal, punya sistem operasi Android 10 menjadi keunggulan tersendiri. Bagaimana tidak, Android 10 sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keren.

●        Desain Keren

Dari segi desain, Advan seri G5 ini cukup keren kalau dibandingkan dengan berbagai smartphone yang ada saat ini. Meski terbuat dari material plastik untuk bodi serta rangka, Advan seri G5 ini tidak terlihat murahan.

Bagian backdoor didesain dengan finishing glossy atau mengkilap. Meski sidik jari mudah menempel pada desain backdoor jenis ini, kamu bisa mudah membersihkannya. HP ini juga cukup tipis sehingga masih nyaman untuk digenggam.

●        Harga Murah

Keunggulan yang terakhir dari smartphone Advan seri G5 adalah harganya cukup terjangkau. Untuk sekelas smartphone entry level, harga HP Advan ini ada di angka 1 jutaan. Bahkan di bawah 1,5 juta rupiah.

Dibandingkan dengan spesifikasi yang kamu dapatkan, harga di bawah 1,5 juta bisa terbilang sangat murah. Kalau kamu sedang mencari HP baru dengan budget minim, Advan ini bisa menjadi opsi terbaik.

Kekurangan Advan G5

 

Advan G5 Gaming

Setiap smartphone tentu punya kekurangan, nah ini dia penjelasan lengkap mengenai hal-hal yang kurang bagus dari Advan seri G5.

●        Absennya Sensor Fingerprint

Kebanyakan smartphone yang ada saat ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari atau fingerprint. Fungsinya adalah untuk meningkatkan sistem keamanan agar HP tidak mudah dibuka oleh orang lain. Sayang banget Advan seri G5 belum dilengkapi dengan sensor sidik jari.

Sebagai pengganti, Advan menghadirkan sistem keamanan berupa Face ID. Namun performanya juga tidak maksimal, terlebih saat kamu berada di tempat gelap.

●        Memori Cukup Sempit

Aplikasi sekarang semakin berkembang. Seiring dengan perkembangan tersebut, ukuran aplikasinya juga semakin besar. Oleh karena itu, kamu membutuhkan HP dengan ukuran memori internal yang cukup besar.

Sayangnya, Advan G5 hanya dilengkapi dengan memori internal sebesar 32 GB. Tapi tak perlu terlalu khawatir karena kamu bisa menambahkan memori eksternal sampai 128 GB.

●        Tidak Ada Pelindung Layar

Layaknya smartphone entry level, pelindung layar juga tidak bisa kamu temukan pada HP Advan yang satu ini. Mau nggak mau, kamu harus memasang pelindung layar sendiri. Kalau tidak, dikhawatirkan layar akan tergores bahkan retak ketika terjatuh.

Ada banyak pilihan pelindung layar yang bisa kamu pilih. Ada tempered glass, hydro gel, ceramic screen protector, dan masih banyak lagi.

Berapa Harganya?

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Advan memang terkenal sebagai merek smartphone yang punya harga murah meriah. Lalu berapa sih harga dari Advan seri G5 yang sedang dibahas kali ini?

Harga smartphone ini adalah 1 jutaan saja. Sangat terjangkau, bukan? Dengan semua kelebihan dan kekurangan yang sudah dibahas, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli smartphone yang satu ini. Apalagi kalau kamu butuh smartphone untuk aktivitas normal atau tidak untuk main game.

Untuk harga bekas dari Advan seri G5 tentu ada di bawah harga barunya. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga ratusan ribu rupiah saja.

Kalau kamu punya budget terbatas dan ingin punya smartphone dengan fitur lumayan lengkap, Advan G5 bisa menjadi opsi yang bagus. Meski sudah dirilis kurang lebih 2 tahun lalu, seri G5 dari Advan masih bisa dijadikan sebagai alternatif.

tokopedia button

lazada button

Video Promosi Official Advan G5

Leave a Reply

Your email address will not be published.