Advan G3 Pro: Spesifikasi + Kelebihan dan Kekurangan

Posted on

Seri smartphone merk lokal bertambah lagi nih dengan kemunculan Advan G3 Pro yang dirilis oleh sang vendor pada akhir tahun 2019. Pihak Advan menghadirkan desain yang lebih segar, sesuai dengan perkembangan tren smartphone lewat seri terbaru ini bersama dengan sejumlah fitur yang menawan.

Advan G3 Pro Spesifikasi

Advan G3 Pro

Buat kamu yang sudah penasaran dengan spesifikasi seri Advan yang satu ini bisa langsung cek tabel di bawah ya, mulai dari ukuran layar, resolusi kamera, sampai berbagai fitur apa saja yang dimilikinya:

Tampilan
Kedalaman Piksel267 ppi
Ukuran Layar6.3 inch
Jenis LayarIPS LCD
Resolusi Layar1920 x 1080 piksel
Scratch ResistantIya
Water Resistant (Anti Air)Tidak
Refresh Rate60 Hz
Rasio Layar19:9
Fitur Lainnya16 Juta Warna
Kamera
Tipe KameraTripel Kamera (2 main camera + 1 selfie camera)
Resolusi Kamera Depan8MP (AI Selfie Camera)
Resolusi Kamera Belakang12 MP + 8 MP (wide), f/2.2) dengan LED Flash
Resolusi VideoFull HD
Memori
RAM4GB
Memori Internal64GB
Tipe Memori EksternalMicroSD
Baterai
Kapasitas Baterai3000 mAh
Jenis BateraiLi-Ion
Desain Perangkat
Material BodiPlastik
Berat Perangkat180 gram
Dimensi161.3 x 76.7 x 8.5mm
Hardware
Prosesor IntiOcta-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55)
ChipsetSpreadtrum Unisoc SC9863A (28 nm)
GPUPowerVR IMG8322
Sistem OperasiAndroid 9.0 Pie
Jaringan
SIM CardNano-SIM (2 slot)
Jaringan2G, 3G, 4G
Konektivitas
NFCTidak
USB ConnectorsMicro-USB 2.0, USB On-The-Go (OTG)
Wi-Fi Standard802.11 a/b/g/n, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP
GPSA-GPS
Informasi Lain
SensorFace ID, Fingerprint, Light Sensor, Magnetometer, Accelerometer, Barometer, Distance
Pilihan Warna CasingJade Green, Peacock Blue
Waktu RilisSeptember 2019

Daftar Kelebihan Smartphone Advan G3 Pro

Advan G3 Pro Spesifikasi

Bukan tanpa alasan nih kenapa koleksi Advan yang satu ini cukup menyita banyak perhatian saat masa perilisannya dulu. Ternyata, ponsel pintar seharga 1 jutaan ini menawarkan sejumlah kelebihan seperti berikut untuk para penggunanya:

1.     Desain Kekinian yang Mewah

Jika kamu termasuk salah satu pengguna smartphone yang mengutamakan desain premium tapi ingin yang harganya nggak bikin isi ATM langsung kosong, maka kamu cocok banget nih untuk membeli Advan seri G3 Pro yang mengusung tampilan stylish khas smartphone masa kini.

Desain smartphone ini adalah curve layaknya selera pasar saat ini lengkap dengan bezel lebih tipis yang membingkainya dan nggak ketinggalan pula notch kecil yang menjadi rumah untuk lensa kamera selfie. Desain yang seperti ini membuat tampilan layar menjadi lebih lebar dan puas untuk menikmati hiburan.

Meskipun hanya ada dua pilihan warna, tapi keduanya sama-sama stylish dalam balutan warna peacock blue dan jade green. Keduanya sama-sama memiliki efek gradasi dengan sentuhan glossy yang membuat smartphone ini jadi nggak terlihat murahan.

Bukan desainnya saja tapi kualitas dari material yang digunakan untuk casing juga sudah teruji berkualitas baik lho. Jadi, smartphone ini bisa banget kamu andalkan untuk pemakaian jangka panjang asalkan tidak sering jauh dan dengan penggunaan nggak berlebihan ya.

2.     Ruang Penyimpanan yang Lega

Jika kamu perhatikan, smartphone dengan harga yang ramah anggaran biasanya identik dengan ruang penyimpanan yang pas-pasan atau bahkan cukup kecil, yang akan membuat penggunanya kesulitan jika ingin menyimpan banyak file bahkan ketika sudah ditambah dengan microSD.

Tapi untuk Advan seri G3 Pro ini kamu akan dimanjakan dengan RAM yang lega berkapasitas 4GB yang dipadukan dengan memori internal berkapasitas 64GB. Ruang penyimpanan yang memadai ini membuat HP nggak mudah lag atau macet dan kinerjanya pun jadi lebih maksimal.

3.     Layar yang Besar

Kelebihan Advan G3 Pro

Bukan hanya RAM dan memori internal yang lega tapi bagian layar Advan G3 Pro juga termasuk besar nih, yaitu dengan ukuran 6.3 inch yang sudah menggunakan panel IPS dengan resolusi 720 x 1520 piksel.

Pixel density 267 ppi dipadukan dengan rasio 18:9 membuat layar perangkat ini cukup jernih untuk menikmati film kesukaan atau menonton berbagai video hiburan di platform media sosial. Buat main game juga asik lho. Secara garis besar, kualitas dari layar ini sudah termasuk bagus untuk Android satu jutaan.

4.     Kamera Bokeh

Didukung dengan dual kamera di bagian belakang yang memiliki resolusi 12MP dan 2MP membuat kualitas foto yang dihasilkan oleh Advan seri G3 Pro termasuk cukup bagus dan ditambah juga dengan lensa bokeh yang bisa membuat hasil foto kamu makin keren untuk dipajang di media sosial seperti Instagram.

Lalu untuk kondisi low light atau saat malam hari misal, kamu bisa mengaktifkan LED Flash yang ada di bagian belakang untuk membuat hasil foto atau video terlihat lebih terang.

5.     Dilengkapi Fitur Keamanan

Ini dia salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh Advan seri G3 Pro yang membuatnya banyak dilirik oleh target pasar, yaitu adanya dua fitur keamanan berupa face unlock dan sensor sidik jari.

Nggak semua smartphone di harga satu jutaan sudah memiliki dua fitur ini lho, karena kebanyakan hanya dibekali salah satunya yaitu sensor sidik jari.

Kamu bisa menemukan sensor sidik jari di bagian punggung alias casing belakang di dekat kamera, dan untuk fitur pengenalan wajah ada di bagian depan yang termasuk cukup responsif menurut review dari sejumlah pengguna.

Beberapa Kekurangan Advan G3 Pro

Kekurangan Advan G3 Pro

Nggak adil nih rasanya kalau hanya membahas kelebihan tanpa membicarakan apa saja yang menjadi kekurangan atau kelemahan dari Advan seri G3 Pro ini. Menurut sejumlah review Advan G3 Pro yang muncul di internet dari orang-orang yang telah menggunakannya, inilah beberapa kekurangannya:

1.     Chipset yang Nanggung

Memang benar bahwa memori internal dan RAM dari Advan seri ini sudah termasuk lega dan membuat HP jadi nggak mudah lag serta lebih responsif dalam menjalankan perintah sentuhan.

Tapi di sisi lain, chipset yang dibenamkan ke dalam perangkat ini masih tergolong nanggung terutama buat kamu yang hobi main game berat.

Tapi kalau hanya untuk penggunaan standar seperti nonton film, streaming video, atau bermain media sosial sudah termasuk sangat mumpuni kok, bakan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus termasuk cukup nyaman.

2.      Baterai Kurang Besar

Meskipun sudah dibekali dengan sumber daya utama berupa baterai Li-Ion dengan kapasitas 3000 mAh, tapi sejumlah pengguna masih mengeluhkan kalau smartphone Advan seri G3 Pro ini masih kurang oke untuk bermain game dan penggunaan berat lainnya.

Menurut sejumlah review yang ada, baterai dengan kapasitas ini juga dirasa kurang tahan seharian untuk penggunaan yang lumayan intensif.

Jadi kalau kamu merasa cukup sering menggunakan HP terutama untuk main game, nonton video, atau sering memotret, maka kamu wajib banget nih membawa power bank.

Kesimpulannya, Advan G3 Pro adalah smartphone low budget di angka 1 jutaan yang memiliki kelebihan berupa desain stylish, RAM dan layar besar, ada kamera bokeh, dan dilengkapi dua fitur keamanan. Sedangkan untuk kekurangannya berupa baterai dan chipset yang nanggung untuk bermain game berat.

Video Promosi Official Advan G3 Pro

Leave a Reply

Your email address will not be published.