Advan G1: Harga, Spesifikasi, Review


Advan G1 termasuk salah satu smartphone keluaran lama yang ideal untuk kebutuhan mayoritas para pengguna gadget Tanah Air, terutama buat kamu yang memiliki dana terbatas untuk membeli Android baru. Brand lokal ini memang dikenal menawarkan produk murah, tapi kualitasnya nggak murahan.

Harga dan Spesifikasi Advan G1

Advan G1

Pabrikan asli Indonesia yakni Advan merilis smartphone seri G3 pada awal tahun 2017 dan jika produk ini kembali dibahas sekarang (tahun 2022) sepertinya memang terkesan agak ketinggalan zaman ya.

Tapi tunggu dulu, seiring dengan turunnya harga dari produk ini, value-for-money dari Advan seri G1 termasuk cukup menggoda nih buat dipertimbangkan kembali terutama jika kamu punya budget terbatas. Pertama, mari cek dulu spesifikasi lengkapnya pada tabel di bawah ini:

Umum
Paket penjualan Unit HP, manual book, charger, kartu garansi
Masa garansi Garansi resmi 12 bulan
Jaringan
Jenis jaringan 2G, 3G, 4G
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3G HSDPA 900 / 2100
Jaringan 4G LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Layar
Teknologi layar IPS LCD Capacitive touchscreen, 16 juta warna
Resolusi layar 720 x 1280 pixels
Ukuran layar 5 inch
Hardware
Detail prosesor MediaTek – MT8735P
Processor Core Quad-core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Mali-T720MP2
SIM Slots 2 slot
Software
OS Android
OS Version 6.0 Marshmallow
Memori
RAM 3 GB
Memori internal 32 GB
Memori eksternal Up to 128 GB
Tipe memori eksternal MicroSD
Desain
Berat tab 233 gram
Material casing Plastik dan metal
Tipe SIM card Dual Micro SIM
Konektivitas
Wi-Fi 802.11 b / g / n, Mobile Hotspot
USB type microUSB 2.0
GPS A-GPS
Bluetooth Bluetooth 4.0
Infrared No
NFC No
Kamera
Resolusi kamera depan 8 MP
Kamera belakang 13 MP
Flash Yes, LED Flash
Video 1080p@30fps
Baterai dan Fitur Lain
Kapasitas baterai 2650 mAh
Jenis baterai Lithium ion polymer battery
Fast charging No
Sensor Accelerometer, fingerprint, gyroscope

Unboxing Advan G1

Spesifikasi Advan G1

Dimulai dari bagian paling luar saat kamu membeli perangkat Advan seri G1 adalah kotak kemasan yang termasuk berkualitas bagus berbahan karton tebal tapi dengan tampilan yang cukup ramai sehingga kurang elegan jika dibanding dengan beberapa kotak kemasan smartphone merk lain di harga yang sama.

Setelah kamu membuka kotak kemasan ini, kamu akan menemukan 1 unit HP Advan G1 bersama dengan kelengkapannya seperti charger, kabel USB, kartu garansi, buku panduan, dan ada bonus 1 softcase tipis tanpa warna alias bening.

Review Advan G1

1.     Body

Desain dari seri G1 ini termasuk tidak jauh berbeda dengan beberapa seri Advan sebelumnya yaitu berdesain unibody full metal dengan kombinasi kaca bertepian 2.5D.

Guna menghasilkan desain yang presisi serta ergonomis, material metalnya bukan sembarangan tapi sudah melalui 125 kali pemrosesan. Nggak heran kalau desain casing Advan G1 jadi terlihat cukup keren. Berikut detail lain dari body Advan G1:

▪          Belakang

Bagian belakang HP menjadi rumah bagi satu kamera utama di bagian tengah atas dan bagian kiri kamera terdapat LED Flash yang ukurannya tergolong besar.

Lalu tepat di bawah kamera ada sensor sidik jari berbentuk bulat yang diklaim memiliki akurasi cukup bagus. Tombol sidik jari ini bukan hanya bisa digunakan untuk membuka layar tapi juga berfungsi ganda sebagai tombol shutter kamera.

▪          Samping Kanan

Berpindah ke body bagian kanan, kamu akan menemukan tombol volume dan power yang terasa solid dan mudah dijangkau tangan. Lalu sedikit bergeser ke sisi atas, masih di bagian kanan, kamu akan menemukan port untuk jack audio dengan ukuran standar yaitu 3,5 mm.

▪          Sisi Kiri dan Bawah

Jika ingin tahu dimana letak slot sim-tray, maka kamu bisa berpindah ke body bagian kiri bersama dengan slot untuk micro-SD. Sedangkan untuk port micro-USB alias lubang untuk charge HP ada di bagian bawah bersama dengan mikrofon.

▪          Bagian Depan

Bagian Depan Advan GI

Jika kembali beralih ke bagian depan maka kamu akan melihat bahan chamfered metal yang menjadi pemisah antara panel layar dengan back cover yang memunculkan kesan mewah ditambah dengan layar kaca yang bentuknya melengkung.

Pada bagian depan ini sangat polos tanpa tulisan atau logo apapun dan tidak ada tombol kapasitif yang membuat smartphone terlihat cantik. Bagian tepi dari HP ini berbentuk curve / melengkung dan agak membulat yang membuat semua sisinya menjadi lebih ergonomis di tangan.

Secara keseluruhan, dimensi dari Advan seri G1 ini cukup compact sehingga bisa nyaman untuk dipegang dengan satu tangan saja.

2.     Layar Advan G1

Salah satu bagian yang paling mendapat pujian dari para pengguna Advan seri G1 adalah penggunaan on-screen navigation yang membuat tampilan depan perangkat menjadi semakin kece.

Lalu untuk bagian layar, kamu akan melihat warnanya agak kebiruan saat layar padam meskipun jenis panel yang digunakan adalah IPS.

Padahal umumnya, warna kebiruan ini paling sering ditemukan pada layar berjenis AMOLED. Tapi jangan khawatir, saat layar dalam keadaan menyala, warnanya cukup cerah bahkan cenderung terlalu terang menurut sebagian pengguna.

Tepat di atas layar bagian tengah ada satu buah kamera selfie dengan resolusi 8 MP ditemani dengan LED flash yang berfungsi ganda sebagai proximity sensor dan juga sebagai LED notifikasi.

Uniknya, LED bagian ini bisa diganti warnanya lho, yang sejauh ini belum pernah ada nih di seri-seri perangkat Advan sebelumnya. Layar Advan seri G1 ini tergolong punya kerapatan yang cukup karena resolusinya HD 720p.

3.     Advan G1 Sebagai Ponsel Multimedia

Jika dilihat dari spesifikasi di atas, bisa dibilang kalau ponsel ini nggak terlalu istimewa selain adanya RAM yang lumayan besar. Tapi, fitur-fiturnya cukup memenuhi kebutuhan pasar nih, seperti:

  • Pertama dari segi layar yang berkualitas cukup bagus sehingga smartphone ini akan membuat kamu betah saat nonton film atau video di media sosial.
  • Kedua, audio perangkat ini jika kamu gunakan bersama dengan earphone yang tepat maka akan menghasilkan suara yang halus dan memanjakan telinga.
  • Ketiga, bagian speaker juga cukup oke untuk memutar musik karena menghasilkan suara yang jernih dan lantang meskipun karakter dari treble lebih kuat daripada bass.

4.     Kamera

Kamera Advan G1

Masih berkaitan dengan multimedia, tentunya kamera menjadi salah satu bagiannya nih. Pertama mari bahas dulu mengenai kekurangannya. Kamera dari Advan seri G1 ini rupanya kurang oke pada bagian fitur autofocus, begitu juga dengan auto-metering.

Tapi kalau kamu cukup sabar menunggu kedua fitur ini bekerja, maka hasil dari jepretan nggak mengecewakan kok. Lalu untuk kelebihannya, bagian kamera depan sudah dilengkapi LED Flash yang dijamin akan disukai para penggemar selfie, ditambah dengan jarak fokus dari kamera yang cukup dekat.

Jika disimpulkan dari berbagai informasi di atas, smartphone Advan G1 ini sebenarnya cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari dan lumayan oke sebagai ponsel multimedia lho. Tapi salah satu kelemahan terbesar datang dari masyarakat yang memiliki mindset gengsi ketika menggunakan HP dengan merk lokal.

Video Promosi Official Advan G1