Spesifikasi, Harga, dan Review Lengkap Advan G1 Pro

Posted on

Walaupun dirilis beberapa waktu silam, nampaknya Advan G1 Pro masih menjadi salah satu smartphone kelas entry-level yang layak untuk diperhitungkan. Bagi kamu yang penasaran dengan HP buatan vendor dalam negeri tersebut, langsung saja mari kita bahas selengkapnya.

Spek Advan G1 Pro

Advan G1 Pro

Ya, pada saat pertama kali G1 Pro dirilis, banyak orang yang terpukau. Terlebih lagi, ternyata produsen dari Indonesia mampu memproduksi smartphone dengan spesifikasi yang cukup mumpuni di masanya. Jika kamu tidak percaya, berikut ini tabel spesifikasi lengkap dari HP tersebut.

Keluaran2017
Platform
RAM3 GB
Penyimpanan32 GB up to 128 GB
ChipsetQuad-core 1.3 GHz (Cortex-A53)
CPUMediaTek MT6735
GPUMali T720 MP2
Sistem OperasiAndroid v6.0 Marsmallow
Kamera Belakang
Single Camera13 MP
Video720p @30fps
FiturLED Flash, Autofocus
Kamera Depan
Single Camera8 MP
Video720p @30fps
Fitur
Bodi
Dimensi156.8 x 77.6 x 7.9 mm
WarnaGold, Silver
LayarIPS LCD Capacitive, 5.0 inchi (720 x 1280 Piksel)
ProteksiCorning Gorilla Glass
BateraiLi-Ion (2600 mAh)
Teknologi
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, HSPA, HSDPA, 4G LTE
SIMDual SIM
Dukungan
Bluetooth4.2
GPSYes
NFCNo
USBmicroUSB 2.0
PortJack audio 3.5 mm
Lain-lain
SensorAccelerometer
RadioFM Radio

Review Advan G1 Pro

Spesifikasi Advan G1 Pro

Dengan spesifikasi yang dimiliki oleh G1 Pro seperti yang sudah dijelaskan di dalam tabel di atas, tentu saja membuat ponsel ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan ponsel lain di kelasnya. Nah, jika tabel di atas masih terasa kurang jelas, berikut review dari HP Advan G1 Pro.

Dapur pacu

Pertama, kita bahas dulu soal dapur pacu pada G1 Pro. Ya, ponsel yang satu ini sudah mengandalkan chipset Mediatek MT6735, penompa utama dalam pemrosesan datanya. Chipset tersebut telah terintegrasi dengan prosesor berjelnis Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53.

Dari clock speed-nya saja sudah bisa dilihat, jika Chipset yang digunakan tersebut mampu menghasilkan performa kinerja yang cepat. Jadi tingkat kelancaran operasional pada perangkat G1 Pro ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Terlebih lagi, kinerja dari prosesor tersebut nantinya akan dibantu dengan GPU Mali T720 MP2 untuk menangani bidang grafisnya. Jadi untuk urusan menampilkan grafis yang baik, ponsel ini benar-benar bisa diandalkan.

Desain

Bisa dibilang jika desain G1 Pro ini sangat mirip dengan pendahulunya yakni G1, baik itu untuk tampilan bagian depan maupun tampilan belakang. Ya, G1 Pro adalah smartphone ‘unibody’ yang dibuat dengan material plastik, kemudian dipoles dengan kesan metal pada bodi belakangnya.

Cover belakang yang bertekstur kesat, juga membuatnya tidak mudah lolos atau jauh saat digenggam. Cover tersebut, dipercantik dengan sentuhan warna gold dan silver yang tampak mewah. Nah, perbedaannya dengan G1, yakni G1 Pro memiliki lubang lensa berbentuk kotak dengan sudut tumpul.

Begitupun juga dengan tombol fingerprint-nya, G1 Pro menggunakan fingerprint berbentuk kotak. Kemudian lubang lampu flash dari HP ini memiliki berbentuk kotak bersudut tumpul. Sentuhan-sentuhan itulah yang membuat ponsel ini tampak lebih modern.

Kamera

Kamera Advan G1 Pro

Advan G1 Pro hadir dengan kamera utama beresolusi 13 MP dan dilengkapi dengan fitur smartchip. Fitur tersebut berguna untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan juga tajam. Selain itu, smartchip juga membantu pengguna untuk mencari fokus pada object secara lebih cepat dan tepat.

Sedangkan untuk kamera depan alias kamera selfie-nya, mempunyai resolusi sebesar 8 MP. Ya, mungkin saja ukuran resolusi dari kamera depan ini terbilang rendah. Akan tetapi, lensa tersebut dibuat dari Largan Lens dan dilapisi oleh AF Coating yang membuat tampilannya lebih keren.

Nah, kamera pada HP ini juga dilengkapi dengan creative photography, fitur yang berisikan berbagai template kartun yang dapat ditempelkan pada foto kamu. Bagi segmen yang dituju, mungkin fitur ini sangat menyenangkan. Selain itu, kamu juga dapat membuat foto selfie dengan efek blur alias bokeh.

Audio

Bisa dibilang jika Advan G1 Pro ini memiliki keunggulan di sektor audio. Hal ini sangat penting, mengingat segmen utama yang dituju oleh Advan adalah kalangan anak muda. Dan seperti yang kita tahu, sebagian besar anak muda adalah penyuka musik.

Jika kualitas audio yang dihadirkan tidak bagus, tentu saja mereka tidak akan bisa merebut hati para anak muda tersebut. Untuk urusan speaker, HP yang satu ini telah dilengkapi smart amplifier dan titanium accoustic, yang mampu mengeluarkan audio yang gahar dengan treble lebih berwarna.

Hanya saja, Advan tidak menyertakan earphone yang memang khusus didesain untuk G1 Pro di dalam paket penjualnnya. Yang akan kamu temukan hanya earphone biasa berkualitas standar. Bisa dibilang ini adalah langkah untuk memotong budget, mengingat earphone khusus dari Advan harganya cukup mahal.

Security

Perlu untuk kamu ketahui, jika ada beberapa fitur pengaman menarik yang disematkan di dalam G1 Pro. Selain finger print recognition, ada Advan Security yang mampu meningkatkan performa dengan mendeteksi dan menghentikan aplikasi-aplikasi yang bersifat boros baterai dan memori.

Selain itu, fitur tersebut juga dapat bekerja untuk membersihkan file sampah, serta menjadi antivirus untuk melindungi ponsel dari malware. Bahkan, Advan Security juga dapat melindungi keamanan pengguna pada saat melakukan transaksi e-commerce, lho.

Selanjutnya ada Xlocker, fitur yang berfungsi untuk scan konten dan aplikasi berbahaya, tingkat keamanan password, dan juga keamanan pada aplikasi di dalam ponsel. Terakhir ada face unlock, fitur yang memungkinkan kamu untuk membuka kunci layar dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah.

Baterai

G1 Pro hadir dengan baterai bertipe Li-Ion dengan kapasitas daya sebesar 2600 mAh. Ya, walaupun terbilang kecil untuk daya baterai ponsel jaman sekarang, namun baterai Advan G1 Pro tersebut sudah cukup besar untuk ponsel di kelasnya.

Mungkin jika digunakan untuk aktivitas-aktivitas ringan, daya dari ponsel ini masih bisa bertahan cukup lama. Meskipun begitu, kamu harus siap-siap membawa penyimpan daya seperti powerbank jika akan bepergian jauh.

Kelebihan dan Kekurangan Advan G1 Pro

Kekurangan Advan G1 Pro

Nah, sekarang saatnya untuk merangkum apa saja kelebihan dan kekurangan dari G1 Pro sesuai dengan review di atas. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, simak dulu beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari ponsel tersebut.

Kelebihan:

  • Adanya proteksi Corning Gorilla Glass, salah proteksi layar terbaik saat ini
  • Tersedia dua slot SIM yang bisa digunakan secara bersama.
  • Layar 5.0 inci yang lebar berjenis IPS LCD Capacitive
  • Penggunan memori internal sebesar 32 GB yang cukup lega
  • Sudah menggunakan OS yang tergolong baru, yaitu Android v6.0 Marsmallow
  • Ukuran RAM 3 GB yang cukup besar
  • Sudah didukung konektivitas jaringan 4G LTE yang terbilang cepat

Kekurangan:

  • Ukuran baterai yang kecil, yakni hanya 2600 mAh
  • Baterai berjenis Non-Removable, alias tidak bisa dilepas
  • Belum dilengkapi fitur Fast Charging, sehingga butuh waktu lama untuk mengisi daya

Harga Advan G1 Pro

Jika kamu sudah memahami kelebihan dan juga kekurangan dari Advan G1 Pro di atas, apakah sudah memutuskan akan membelinya atau tidak? Jika iya, maka kamu harus menyediakan dana paling tidak Rp1,5 jutaan.

Video Promosi Official AdvanG1 Pro

Leave a Reply

Your email address will not be published.