5 Alasan Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri?? 2022

Posted on

Belakangan ini tidak sedikit pengguna platform sosial media Instagram yang mempertanyakan terkait kenapa followers Instagram berkurang sendiri. Terutama bagi mereka yang ingin membangun engagement demi kepentingan bisnis. Kalau kamu juga bertanya-tanya, cari tahu jawabannya disini.

Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri?

Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri
Image by Freepik

Memiliki banyak followers tentunya bisa memberikan banyak manfaat bagi pemilik platform sosial media, terutama Instagram. Apalagi bagi yang memiliki kepentingan bisnis. Namun, pernah kamu terkejut ketika mengetahui followers Instagrammu tiba-tiba berkurang?

Jika begini, pastinya kamu akan mempertanyakan kenapa followers Instagram berkurang sendiri. Apabila hal seperti ini kamu alami, mungkin saja hal tersebut dikarenakan oleh beberapa alasan, diantaranya:

  • Kebijakan Instagram 

Salah satu alasan yang bisa membuat followers Instagram berkurang sendiri ialah karena kebijakan Instagram. Pada tahun 2018, Instagram menyebutkan bahwa sistem akan melakukan penghapusan akun yang diketahui sudah tidak lagi aktif. 

Bukan hanya sekedar itu saja, Instagram juga akan menghapus akun yang membuat like maupun komentar palsu tersebut. Terlebih lagi saat ini ada begitu banyak aplikasi pihak ketiga yang memperjual belikan akun palsu. Karena itulah, kebijakan ini dibuat oleh Instagram. 

  • Konten Sudah Tidak Relevan

Alasan lain mengapa followersmu tiba-tiba berkurang adalah karena konten yang kamu sajikan tidak sesuai dengan para pengikut. Bagi kamu yang menggunakan Instagram untuk kepentingan bisnis, maka hal ini sebaiknya tidak boleh dianggap remeh begitu saja.

Kamu harus lebih bisa melakukan formulasi agar bisnis yang dikembangkan via sosial media Instagram tersebut dapat berkomunikasi dengan baik kepada audiens. Jika konten yang dibuat tidak menarik, maka audiens cenderung akan meninggalkanmu.

  • Indikasi Spam

Indikasi spam juga bisa memicu alasan mengapa tiba-tiba jumlah followersmu berkurang. Bisa saja kamu keliru dalam mengatur penjadwalan unggah konten di sosial media. Selain itu, jika waktu postingan berubah-ubah hal ini juga bisa memicu stigma bahwa akun tersebut tidak konsisten.

Agar kamu bisa meminimalisir indikasi spam tersebut, maka sebaiknya kamu benar-benar mempelajari formula terbaik terkait kapan waktu penjadwalan unggahan konten tersebut. Dengan demikian, akunmu tidak akan kehilangan followers. 

  • Bug atau Kesalahan Sistem

Adanya bug atau kesalahan sistem juga bisa menjadi alasan kenapa followers Instagram berkurang sendiri. Di belakang layar, tentunya Instagram memiliki sistem yang rumit sehingga platform tersebut dapat beroperasi dengan baik.

Bug atau kesalahan sistem Instagram bisa dipicu karena kerusakan perangkat keras maupun error pada baris kode tertentu sehingga menyebabkan malfungsi layanan sistem Instagram. Kemudian, hal ini dapat menyebabkan berkurangnya jumlah followers. 

  • Peretasan

Peretasan akun Instagram juga bisa memicu menurunnya jumlah followers. Terutama jika akun Instagram milikmu digunakan untuk kepentingan bisnis dengan omset yang bagus. Hal ini bisa saja membuat orang lain iri dan ingin merusak bisnismu.

Salah satu caranya dengan meretas akun Instagram bisnismu. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya mulai amankan akun Instagrammu. Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakan akun Instagram secara bijak. 

Cara Mengatasi Followers Instagram Berkurang Sendiri

Mengatasi Instagram Tiba-Tiba Unfollow Sendiri
Image by Freepik

Setelah kamu mengetahui apa saja alasan berkurangnya jumlah followers Instagrammu, maka berikutnya kamu bisa mencari tahu terkait bagaimana caranya mengatasi hal tersebut. Berikut adalah beberapa cara mengatasi permasalahan berkurangnya followers Instagram dengan mudah.

  • Membangun Interaksi dengan Followers

Cara terbaik untuk terus mempertahankan jumlah followers adalah dengan membangun interaksi bersama followers. Misalnya, mengadakan giveaway, membuat story dengan muatan kuis atau polling dan sebagainya. 

  • Mengubah Akun Personal Menjadi Kreator

Selain membangun interaksi dengan followers, kamu juga bisa mulai mengubah akun personal milikmu menjadi kreator. Jika kamu bingung terkait bagaimana caranya, maka silahkan ikuti beberapa langkah mudah berikut. 

  • Masuk ke menu Pengaturan Instagram terlebih dahulu.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan menu Switch Account Type. 
  • Pilih menu tersebut dan ubah akun personalmu menjadi akun kreator. 
  • Lebih Memahami Algoritma Instagram

Aplikasi Instagram sudah menggunakan algoritma pada setiap postingannya. Karena itulah kamu perlu memahami dengan baik terkait algoritma yang bekerja pada Instagram.

Algoritma sangat penting untuk menyampaikan konten kepada audiens. Dengan demikian, jumlah followersmu pun akan bertahan. 

  • Memperhatikan Waktu Unggah Konten

Sangat penting memperhatikan waktu pengunggahan konten. Kamu bisa mengunggah postingan pada prime time seperti di jam istirahat yang dimulai pukul 11.00 WIB – 13.00 WIB atau pada waktu malam hari selepas bekerja yaitu diantara pukul 19.00 WIB – 21.00 WIB. 

  • Membeli Followers Instagram

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli followers Instagram. Jika kamu pengguna aktif instagram, kamu bisa membeli followers aktif Indonesia, namun jika kamu jarang upload konten maka kami menyarakan kamu untuk membeli followers pasif saja. Hal ini dikarenakan followers pasif tidak terlalu tergantung pada konten yang kamu upload. 

Kamu bisa membeli followers instagram di beberapa penyedia jasa followers instagram seperti pojoksosmed.com.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Mereka menawarkan berbagai macam service yang bisa kamu beli untuk mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat. Kamu juga bisa membeli followersmembeli likes maupun membeli viewers untuk konten-konten instagram kamu.

Itulah beberapa alasan kenapa followers Instagram berkurang sendiri. Mulai dari kebijakan Instagram, indikasi spam, konten sudah tidak relevan, bug atau kesalahan sistem maupun adanya peretasan. Setelah itu, silakan pilih solusi terbaik untuk memulihkan kembali jumlah followersmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.