Ukuran Elco untuk Speaker Bass dan Fungsinya 2022

Posted on

Untuk para penikmat musik, mendengarkan musik dengan bass speaker yang pas menjadi kepuasan tersendiri. Salah satu cara untuk menambah bass ini adalah dengan menggunakan elco. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu dulu ukuran elco untuk speaker bass yang baik.

Apa itu Elco?

ukuran elco untuk speaker bass

Memahami tentang komponen speaker sangat penting untuk bisa melakukan kustomisasi pada perangkat ini. Terutama untuk elco, lalu apa itu elco? Elco sendiri adalah komponen yang berfungsi untuk memotong frekuensi rendah agar tidak masuk ke tweeter.

Frekuensi rendah ini juga sering disebut sebagai nada bass. Nada bass yang masuk ke tweeter sendiri bisa merusak komponen tersebut. Itulah kenapa dibutuhkan sebuah elco untuk mencegahnya masuk.

Tweeter sendiri adalah komponen speaker yang memang dirancang untuk membuat suara dengan frekuensi tinggi. Oleh karena itulah, tweeter sangat sensitif dengan suara berfrekuensi rendah dan jangan sampai terkontaminasi dengan frekuensi tersebut.

Di skala yang lebih luas lagi, elco adalah komponen listrik yang juga sering dimanfaatkan untuk berbagai macam peralatan listrik. Di sini komponen elco sering digunakan untuk menyimpan arus searah atau DC.

Salah satu alat yang menggunakan elco adalah power supply regulator.

Menentukan Ukuran Elco untuk Speaker Bass

Ukuran Elco

Setelah mengetahui tentang apa itu elco dan penggunaannya dalam skala yang lebih luas, sekarang mari kita simak tentang bagaimana cara menentukan ukuran elco untuk speaker bass kecil maupun besar.

Pada dasarnya, tidak ada ketentuan khusus tentang berapa ukuran elco yang benar untuk speaker bass tertentu. Semua tergantung kebutuhan pengguna speaker. Selain itu, besarnya speaker dan daya amplifier power juga menentukan berapa besar ukuran elco yang harus dipakai nantinya.

Walaupun tidak ada aturan paten dalam menentukan besaran ukuran elco pada speaker bass, tapi ada hal yang perlu kamu perhatikan, yakni hubungan antara besarnya speaker dan elco nantinya. Karena umumnya semakin besar ukuran speaker maka semakin besar pula kebutuhan ukuran elco.

Namun apabila daya .

0dari speaker memiliki daya yang kecil, maka disarankan untuk menggunakan elco dengan ukuran yang kecil pula.  

Umumnya, ukuran elco yang digunakan pada speaker bass adalah 330 sampai 2000 uF. Ukuran ini dianggap sudah cukup untuk menguatkan nada bass pada speaker tanpa merusak komponen tweeter di dalamnya.

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Speaker tidak Rusak

Selain informasi di atas, hal lain yang tak kalah penting untuk diketahui agar speaker yang digunakan tidak mengalami kerusakan. Karena meskipun risikonya kecil, tetap saja ada kerusakan yang bisa terjadi jika kamu tidak berhati-hati.

Hal tersebut adalah kamu harus memastikan dulu berapa daya dari power amplifier yang digunakan speaker tersebut.

Jangan sampai ukuran elco untuk speaker bass yang kamu gunakan malah memiliki daya yang lebih kecil daripada amplifier itu. Jika demikian, maka bisa saja elco yang kamu pasang bisa terbakar dan ini dapat berakibat fatal karena bisa saja merusak speaker secara keseluruhan.

Sama dengan ukuran, pemasangan elco juga tidak memiliki aturan khusus. Karena pada dasarnya pemasangan komponen ini tidak memiliki risiko yang tinggi. Kamu bisa memasangnya baik secara paralel maupun seri tergantung kebutuhan.

Pemasangan Elco pada Speaker

Komponen elco pada umumnya dipasang seri oleh engineer. Akan tetapi jika ingin mendapatkan bass yang lebih besar, maka kamu bisa memasangnya secara paralel. 

Tapi ingat untuk pemasangan parallel ini kamu harus teliti karena bisa membahayakan elco maupun speaker jika terdapat pemasangan yang salah.

  • Setelah mendapatkan ukuran elco untuk speaker bass yang pas, selanjutnya kamu perlu memasang elco tersebut.
  • Untuk melakukan pemasangan ini, dibutuhkan keterampilan di bidang elektro agar tidak mengalami kegagalan. Minimal kamu harus bisa menyolder komponen listrik.
  • Caranya sangat mudah jika kamu sudah terbiasa dalam merangkai komponen listrik, yaitu dengan cara membuka bodi dari speaker lalu memasang elco dengan cara menyoldernya.
  • Pastikan kamu sudah mengetahui jalur rangkaian listriknya agar tidak salah ketika memasang seri atau paralel.
  • Setelah semua selesai, kamu bisa menutup bodi speaker dan mencobanya secara hati-hati.

Tipe-Tipe Elco

Untuk menambah pengetahuan, kamu bisa mempelajari tentang tipe-tipe elco. Ini bagus agar kamu bisa lebih jeli lagi dalam menentukan ukuran elco untuk speaker bass atau untuk keperluan yang lain. Mengingat elco sendiri cukup sering dipakai dalam peralatan elektronik modern saat ini.

Elco sendiri pada dasarnya adalah salah satu jenis kapasitor. Sama seperti kapasitor pada umumnya, komponen ini memiliki dua jenis yakni kapasitor polar dan non polar. Perbedaan ini didasarkan pada polaritas pada setiap kakinya.

Dimana jika kamu mengerti dasar komponen elektronika, setiap kaki kapasitor memiliki polaritas yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Jika kamu menggunakan elco dengan jenis polar, maka jangan sampai salah dalam menyolder kaki-kakinya karena bisa saja rangkaian mengalami short.

Setelah membaca informasi di atas, diharapkan kamu sudah bisa menentukan ukuran elco untuk speaker bass yang paling sesuai. Mampu menghasilkan suara yang terbaik dari bass tanpa merusak bass tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.