Cara Reset HP Oppo Find Muse R821 Pasti Sukses!

Posted on

Oppo Find Muse R821 adalah merek HP yang memiliki banyak pengguna di tanah air sebab HP Oppo Find Muse R821 memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya. Tak mengherankan jika HP Oppo Find Muse R821 menjadi salah satu HP yang terbilang laris di Indonesia.

Namun sayangnya HP Oppo Find Muse R821 tetap dapat mengalami sejumlah kendala mulai dari hang aplikasi sering berhenti sendiri, dan lainnya. Ini menandakan HP Oppo Find Muse R821 perlu dilakukan reset agar dapat berfungsi dengan baik seperti sedia kala. Selain itu reset juga dapat dilakukan saat lupa kata kunci pembuka layar (lockscreen).

Terdapat beberapa cara untuk melakukan reset HP Oppo Find Muse R821 dan dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap bagaimana cara reset HP Oppo Find Muse R821.

Cara Reset HP Oppo Find Muse R821 Pasti Sukses

Apa Itu Reset?

Reset, reset factory, atau reset pabrik adalah mengembalikan keadaan HP ke setelan awal sama seperti saat HP baru pertama kali dibeli atau digunakan. Disebut reset factory atau reset pabrik adalah karena setelan yang dikembalikan akan seperti setelan yang dilakukan oleh pabrik.

Secara umum terdapat 2 jenis reset yaitu hard hard dan soft reset. Sebagaimana namanya, hard reset atau reset paksa adalah jenis reset yang dilakukan dengan menghapus seluruh data yang ada di ponsel dan mengembalikan ke setelan awal. Biasanya hard reset dilakukan saat seseorang kehilangan kunci pembuka layar (lockscreen).

Cara Reset HP Oppo Find Muse R821 dengan Hard Reset

Cara Reset HP Oppo Find Muse R821 dengan Hard Reset

Hard reset atau reset paksa adalah cara pertama yang bisa anda coba. Namun cara ini dapat membuat seluruh data anda hilang. Oleh sebab itu lakukanlah backup terlebih dahulu dengan memindahkan data anda seperti video, foto, dokumen, musik, dan lainnya ke hardisk, flashdisk, komputer, atau ke layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  1. Pertama, matikan HP Oppo Find Muse R821 anda.
  2. Setelah itu tekan tombol volume bahwa dan juga tombol power secara bersamaan hingga masuk ke Recovery Mode lalu lepaskan.
  3. Setelah itu pilih wipe data/ factory reset.
  4. Pilih delete all user data lalu Yes.
  5. Tunggu hingga proses wiping data selesai dilakukan.
  6. Setelah itu pilih wipe cache partition, pilih clear cache lalu Yes.
  7. Tunggu hingga proses wiping cache selesai dilakukan.
  8. Pilih reboot system now.
  9. Setelah itu HP akan segera melakukan reset.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas maka keadaan HP Oppo Find Muse R821 anda akan seperti pertama kali diaktifkan.

Cara Reset HP Melalui Pengaturan

Selain melakukan reset dengan cara diatas, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukannya di menu pengaturan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama buka menu penaturan atau settings.
  2. Setelah itu masuk ke menu Additional Settings.
  3. Buka Backup and Reset.
  4. Kemudian klik Reset to Factory Settings.
  5. Terakhir, anda dapat memilih beberapa pilihan reset. Pilih salah satu. Masukan passcode atau PIN, Lalu tunggu hingga proses selesai.

Beberapa pilihan reset yang tersedia adalah:

  1. Erase All Content annd Settings (Erase All Data) apabila ingin menghapus semua data serta mengembalikanyna ke pengaturan pabrik seperti hard reset.
  2. Reset System Settings Only apabila anda ingin menghapus data pengaturan saja.
  3. Pilih Erase Downloaded Apps and App Data jika ingin menghapus aplikasi dan datanya.
  4. Pilih Erase the Contacts and Call History on This Phone untuk menghapus riwayat panggilan.
  5. Erase the SMS and MMS Message on This Phone untuk menghapus SMS & MMS.

Di ponsel Oppo ini terdapat fitur keamanan yang akan aktif yang gunanya agar fitur ini tak disalah gunakan. Nantinya anda harus memasukan PIN atau passcode.

Manfaat Melakukan Reset Bagi HP Oppo Find Muse R821

Mungkin anda melakukan reset pada HP Oppo Find Muse R821 dengan tujuan spesifik tertentu entah untuk membuka HP yang layat terkunci, HP Oppo Find Muse R821 mengalami hang, atau yang lainnya, entah disadari atau tidak terdapat banyak manfaat melakukan reset untuk HP Oppo Find Muse R821. Berikut diantaranya:

Menghilangkan virus dan malware dari HP Oppo Find Muse R821 Anda

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Virus dan malware adalah masalah serius yang dapat mengancam keamanan HP dan juga dapat merusak HP Oppo Find Muse R821 kita. Antivirus seringkali tak dapat diandalkan terutama untuk versi gratis.

Dengan melakukann reset, HP Oppo Find Muse R821 kita dapat terhindar dari virus dan malware yang entah disadari atau tidak bersarang di HP kita.

Porses reset dilakukan dengan menghapus data. Tak hanya data berupa file saja, virus dan malware yang sejatinya adalah sekumpulan data juga akan ikut terhapus.

Dengan begitu maka HP Oppo Find Muse R821 anda akan menjadi semakin aman.

Meningkatkan Peforma HP Oppo Find Muse R821 anda.

Meningkatkan Peforma Android

Penghapusan data yang dilakukan dapat menghapus data-data yang kurang penting yang membebani HP Oppo Find Muse R821 anda. Aplikasi pembersih ponsel apapun tak akan dapat menandingi reset sebab aplikasi pembersih tak akan menghapus sebagian data yang dianggap masih penting.

Sayangnya data yang dianggap masih penting tak benar-benar penting dan ini yang membuat HP terbebani sekalipun telah memasang aplikasi pembersih ponsel.

Backup sebelum reset membebaskan proses reset untuk menghapus semua data. Hasilnya adalah, HP akan memiliki peforma yang sangat bagus persis seperti pertama kali digunakan.

Memperbesar Memori Internal

Setiap aplikasi yang kita instal akan mengumpulkan data yang kita masukan atau data yang diambil dari server. Data tersebut akan disimpan di dalam memori internal HP kita. Tujuannya adalah agar saat kita hendak mengakses aplikasi tersebut maka kita tak perlu lagi mengakses data melalui jaringan internet ke server sebab data telah tersedia di memori internal HP Oppo Find Muse R821 kita. Ini membuat pemrosesan data menjadi lebih cepat dilakukan oleh aplikasi.

Namun sayangnya data-data tersebut dapat membebani memori internal HP Oppo Find Muse R821 kita padahal sebagian data mungkin tak benar-benar kita perlukan atau bahkan sebagian aplikasi yang telah kita uninstal masih tersimpan.

Reset akan menghapus memori yang ada sehingga membuat memori internal menjadi lega.

Kesimpulan

Reset pabrik atau facotry reset adalah cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi sejumlah masalah yang dihadapi oleh ponsel seperti hang dan lupa kunci layar (lockscreen).

Di HP Oppo terdapat dua jenis reset yang bisa kita lakukan yaitu hard reset dan reset yang dilakukan melalui menu pengaturan.

Disamping untuk mengatasi sejumlah masalah yang dihadapi HP Oppo Find Muse R821, melakukan reset akan memiliki manfaat besar bagi HP Oppo Find Muse R821 seperti dapat menghilangkan virus dan malware, meningkatkan peforma ponsel, serta dapat memperbesar memori internal HP Oppo Find Muse R821.

Leave a Reply

Your email address will not be published.