2 Cara Reset HP Samsung A20 dengan Mudah!

Posted on

Samsung adalah produsen smartphone yang menawarkan spesifikasi yang mumpuni. Samsung menargetkan kalangan kelas menengah. Salah satu smartphone yang ikut bersaing dalam kancah persaingan industri smartphone global adalah HP Samsung A20. HP Samsung A20 cukup bagus dan terbilang awet. Namun bukan berarti HP Samsung A20 tak dapat mengalami masalah.

Sama seperti smartphone lainnya, HP Samsung A20 juga dapat mengalami sejumlah masalah seiring dengan semakin lamanya jumlah penggunaan. Jika sudah bermasalah maka salah satu opsinya adalah, membeli HP baru atau memperbaikinya.

Namun ada salah satu opsi terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada HP Samsung A20 anda yaitu dengan melakukan reset.

Lalu apa dan bagaimana itu reset? Simak terus artikel ini sebab akan diterangkan secara lengkap berserta panduan melakukan reset HP Samsung A20 anda.

Sekilas Tentang Hp Samsung A20

Sekilas Tentang Hp Samsung A20

HP Samsung A20 sangat dapat diandalkan untuk mununjang aktivitas sehari-hari sekalipun tak ada inovasi yang cukup mencolok pada smartphone ini.

HP Samsung A20 memiliki desain yang mengusung layar penuh dengan notch pada bagian atas berbentuk tetesan air. Namun bagian dagunya terbilang cukup besar. Dengan layar yang sudah didukung oleh Super AMOLED HP Samsung A20 dapat menghasilkan gambar yang sangat baik dan detail.

HP Samsung A20 sudah didukung dengan sensor sidik jari pada bagian atasnya. Dengan demikian tingkat keamanan HP Samsung A20 menjadi semakin tinggi.

HP Samsung A20 ini didukung dengan kamera sebesar 13 MP sebagai kamera utama pada bagian belakang dan kamera sebesar 5 MP pada bagian depannya.

Dikombinasikan dengan RAM 3GB dengan memori internal sebesar 32 GB sudah dapat dipastikan dapat bekerja sangat baik. Selain itu terdapat slot microSD yang dapat diisi dengan kapasitas sebesar 512GB.

Apa Itu Reset?

Factory reset, reset ke setelan pabrik, atau biasa hanya dikenal dengan sebutan reset saja. Ini adalah prosedur yang dilakukan untuk mengembalikan ponsel ke setelan awal yaitu setelan yang dibuat dari pabriknya.

Sistem pada ponsel yang telah dilakukan reset akan kembali ke keadaan awal seperti ponsel yang belum pernah digunakan. Hal itu tentunya membuat semua data yang ada di ponsel menjadi terhapus.

Reset dilakukan biasanya saat pindah tangan pemilik HP atau karena error pada sistem ponsel atau sering juga diguankan saat kuncian HP tak dapat dibuka karena lupa password.

Persiapan Sebelum Reset HP Samsung A20

pencadangan data ke Google Drive

Sebagaimana yang telah diterangkan sebelumnya bahwa dengan melakukan reset password maka nantinya HP akan menghapus semua data yang ada. Maka oleh sebab itu sebaiknya semua data yang tersimpan di HP Samsung A20 anda segera dipinahkan atau dicadangkan/ backup. Untuk sementara, pindahkan data HP ke komputer, hardisk, flashdisk, atau di layanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox.

Data yang sebaiknya dibackup meliputi file penting yang anda miliki seperti foto, video, dokumen, dan file lainnya. Selain itu jangan lupa untuk membackup chat agar nantinya anda tak kehilangan chat yang sebelumnya anda lakukan. Beberapa aplikasi juga harus dibackup atau disingkronkan ke Google Drive agar nantinya saat setelah dilakukan reset, data dari aplikasi tak hilang.

Saat melakukan reset, lakukan dengan benar sebab jika tidak maka HP beresiko mengalami bootloop. Bootloop adalah kondisi dimana HP gagal melakukan boot. Jika sudah begini maka sistem dapat mengalami masalah dan pada akhirnya dapat merusak HP.

Sebelum Reset dilakukan, sebaiknya pastikan HP dalam keadaan terisi penuh atau setidaknya terisi 50%. Hal ini dilakukan agar proses reset dapat berjalan dengan lacar tanpa ada halangan.

Melakukan Reset HP Samsung A20 Melalui Settingan

Cara Reset HP Samsung A01 dengan Setingan

Cara pertama sangatlah sederhana dan mudah sebab hanya dengan megaksesnya melalui settingan. HP Samsung A20 telah menyiapkan fitur reset secara khusus di settingan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka terlebih dahulu pengaturan lalu klik Mencari pada bagian sisi kanan atas.
  2. Ketikan Reset lalu pilih Reset Data Pabrik.
  3. Lalu pilih Reset Perangkat.
  4. Setelah mengklik reset perangkat maka reset akan mulai dilakukan.
  5. Tunggu hingga proses selesai dilakukan.

Melakukan Reset HP Samsung A20 Melalui Recovery Mode

Cara Reset HP Samsung A10 dengan Recovery Mode

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah dengan recovery mode. Recovery mode biasanya dilakukan saat ponsel mengalami freezing atau keadaan dimana tak ada respon sama sekali dari HP.

Selain itu recvoery mode juga digunakan ketika sandi pembuka HP tak bisa dibuka karena lupa. Adapun cara melakukan reset dengan recovery mode adalah sebagai berikut:

  1. Matikanlah terlebih dahulu HP Samsung A20 anda.
  2. Pencet tombol power, volume ataas (+) secara bersamaan hingga muncul logo robot Android.
  3. Setelah itu anda akan masuk ke recovery mode. Pilih Wipe Data/ Factory Reset.
  4. Tunggu beberapa saat hingga reset selesai dilakukan.
  5. Pilih menu Reboot System Now. Tunggu hingga selesai. Proses biasanya memakan waktu 5 menit.

Manfaat Reset untuk HP Samsung A20

Dengan melakukan reset pada HP Samsung A20, maka anda akan memperoleh sejumlah manfaat sekaligus. Berikut ini beberapa manfaat melakukan reset bagi HP Samsung A20:

Reset dapat Meningkatkan Peforma HP Samsung A20

Meningkatkan Peforma Android

HP Samsung A20 jika semakin lama digunakan maka peformanya akan menurun. Hal ini terjadi karena begitu banyak data yang tersimpan di memeori yang pada akhirnnya dapat membebani HP yang pada akhirnya dapat berakbat pada penurunan peforma HP.

Dengan melakukan reset maka nantinya semua data akan terhapus. Semua data yang tak penting akan terhapus sehingga jumlah memori akan semakin besar. Karena memori yang semakin besar maka pengolahan data HP Samsung A20 akan semakin lancar dan dalam kata lain, peforma HP Samsung A20 akan semakin meningkat tajam.

Reset dapat Menghilangkan Virus dan Malware

Reset Bisa Membasmi Virus dan Malware

Salah satu manfaat besar melakukan reset untuk HP Samsung A20 adalah dapat menghilangkan virus dan malware yang bersarang di sistem HP Samsung A20 anda. Mungkin tanpa anda sadari virus dan malware bersarang disana dan secara perlahan menggrogroti sistem HP Samsung A20 anda.

Terkadang antivirus tak lebih cepat berkembang dari virus dan malware akibatnya antivirus tak dapat menangani virus dan malware. Ini juga terjadi apabila antivirus yang digunakan adalah versi gratis yang tak cukup tangguh menangani antivitus terbaru.

Dengan melakukan reset maka virus dan malware yang bersarang akan dapat hilang. Hal ini terjadi karena dalam proses reset semua data akan terhapus. Virus dan malware sendiri adalah sekumpulan data algoritma yang tentu saja akan ikut terhapus juga.

Dengan terhapusnya virus dan malware maka peforma HP akan semakin cepat, HP akan lebih awet, dan HP anda akan menjadi lebih aman dari sebelumnya.

Kesimpulan

Jika anda mengalami masalah pada HP Samsung A20 anda maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset. Melakukan reset berarti HP Samsung A20 akan disetel ke pengaturan awal serta semua data yang tersimpan di HP akan dihapus.

Reset dapat dilakukan dengan dua cara, pertama melalui settingan dan yang kedua melalui recovery mode.

Dengan melakukan reset pada HP Samsung A20 maka akan banyak manfaat yang dapat diperoleh, diantaranya adalah peforma HP Samsung A20 akan semakin meningkat dan juga virus serta malware yang bersarang di HP Samsung A20 anda akan hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.