3 Cara Mudah Reset HP Infinix Hot 9

Posted on

Infinix menghadirkan salah satu varian ponsel yang cukup unggul dikelasnya yang dinamakan Infinix Hot 9. HP Infinix Hot 9 ini pertama kali rilis pada April 2020 silam. HP ini memiliki memori internal sebesar 32 GB dan dibekali RAM sebesar 3GB. HP ini mempunyai ukuran baterai yang jumbo yaitu sebesar 6000 mAh.

Namun pada kesempatan kali ini kami tak membahas topik tentang HP Infinix Hot 9 ini melainkan kami akan membahas seputar cara mengatasi masalah yang kerap muncul pada HP Infinix Hot 9 dan salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah pada HP Infinix Hot 9 adalah dengan melakukan reset.

Beberapa masalah dan error yang dapat diatasi dengan melakukan reset pada HP Infinix Hot 9 diantaranya adalah tiba-tiba aplikasi keluar sendiri, tidak dapat melakukan panggilan, tak dapat menerima panggilan, lupa PIN, freezing atau HP beku, dan lain sebagainya.

Disini kami akan membahas tak hanya satu melainkan tiga cara melakukan reset HP Infinix Hot 9. Jadi anda dapat memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

3 Cara Mudah Reset HP Infinix Hot 9

Reset dan Persiapannya

Sederhananya reset merupakan cara yang ditempuh untuk mengembalikan ponsel ke keadaan seperti ponsel tersebut baru keluar dari pabrik. Itulah mengapa disebut factory reset atau reset pabrik. Nantinya HP yang dilakukan reset akan terhapus semua datanya dan juga semua settingan akan kembali ke pengaturan awal.

Sebelum anda melakukan reset pastikan bahwa baterai HP telah terisi penuh atau minimal mencapai 50%. Ini dimaksudkan agar nantinya HP tak mati selama reset berlangsung. Mati saat reset berlangsung dapat mengakibatkan error serius pada sistem.

Selain itu jangan lupa untuk melakukan pencadangan data atau backup dengan memindahkan data agar data nantinya tidak hilang.

Jika anda sudah siap, ikuti salah satu dari cara reset berikut ini:

Cara Reset HP Infinix Hot 9 dengan Menggunakan Pengaturan/ Settings

Cara Reset HP Infinix Hot 9 dengan Menggunakan Pengaturan

Cara termudah melakukan reset adalah dengan melalui menu Pengaturan/ Setting. Cara ini sangat mudah dilakukan karena hanya perlu mengakses menu settings/ pengaturan. Adapun langkah-langkah yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka setting.
  2. Pilih Additional Setting.
  3. Pilih Backup and Reset.
  4. Pilih Remove All Contents and Settings/ Reset Phone.
  5. Tunggu sampai proses reset selesai.

Cara Reset HP Infinix Hot 9 dengan Hard Reset

Cara Reset HP Infinix Hot 9 dengan Hard Reset

Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan hard reset atau juga disebut reset paksa atau recovery mode. Cara ini sering dilakukan jika masalah yang dihadapi adalah lupa PIN pembuka lockscreen dan saat HP mengalami freezing atau tak merespon sentuhan. Berikut caranya:

  1. Matikan terlebih dahulu HP Infinix Hot 9 anda sebelum melakukan langkah selanjutnya.
  2. Tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume minus ( – ) selama beberapa detik. Nantinya akan muncul logo Infinix menandakan bahwa anda telah berhasil masuk ke recovery mode. Dalam recovery mode, anda hanya dapat menggunakan tombol fisik berupa tombol volume dan juga tombol power sebagai navigasinya.
  3. Dari beberapa pilihan yang ada, pilih Wipe Data.
  4. Lalu konfirmasi dengan memilih Ok.
  5. Proses reset akan mulai berjalan. Tunggu hingga proses reset selesai.

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara Reset Menggunakan Google Find My Device

Cara selanjutnya yang dapat anda gunakan adalah Google Find My Device. Ini adalah salah satu cara reset yang jarang digunakan oleh orang. Uniknya, dengann menggunakan Google Find My Device, kita dapat melakukan reset bahkan tanpa menyentuhnya.

Langsung saja, berikut langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

  1. Pertama, buka https://google.com/android/find melalui perangkat lain baik melalui komputer atau HP lain.
  2. Setelah itu login menggunakan akun Google yang sama dengan akun Google yang sama dengan akun Google yang terhubung dengan HP Infinix Hot 9 yang hendak direset.
  3. Terdapat tiga pilihan. Pilih Hapus data.
  4. Setelah itu konfirmasi dengan mengisi password akun Google anda.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.

3 Manfaat Melakukan Reset HP Infinix Hot 9

Anda yang sedang membaca ini kemungkinan mengalami suatu masalah atau error pada HP Infinix Hot 9 anda. Memang reset dapat membantu banyak problem pada HP Infinix Hot 9 namun lebih dari itu dampak positifnya cukup besar baik disadari atau tidak.

Disini tak akan dijelaskan semua manfaat tersebut namun hanya membahas 3 manfaat besarnya saja. Lalu apa saja itu? Berikut ulasannya:

  1. Reset dapat Membuat HP Infinix Hot 9 Menjadi Lebih Aman

HP Android rentan terkena virus dan malware yang dapat merusak kinerja HP dan ini tentunya sangat dihindari para pengguna HP Infinix Hot 9. Virus dan malware dapat datang dari aplikasi yang diinstal dan situs yang dikunjungi.

HP dapat menjadi aman setelah melakukan reset lantaran nantinya tak hanya data pada HP saja yang terhapus melainkan juga virus dan malware yang bersarang. Dengan terhapusnya virus dan malware maka HP Infinix Hot 9 menjadi lebih aman.

  1. Reset dapat Membuat Memori HP Infinix Hot 9 Menjadi Lebih Lega

Memori internal dan RAM adalah penopang kinerja ponsel. Apabila kedua perangkat ini terbebani terlalu banyak pemrosesan maka nantinya akan timbul banyak masalah pada HP Infinix Hot 9. Oleh sebab itu pastikan bahwa perangkat ini senantiasa dalam keadaan lega.

Namun sayangnya entah mengapa memori internal dan RAM selalu saja dalam keadaan penuh. Hal ini dapat terjadi lantaran aplikasi terus menerus menimbun data. Oleh sebab itu reset dapat mengatasi hal ini. Reset bekerja dengan menghapus semua data dan mengembalikan pengaturan ke pengaturan awal. Ini jelas akan membuat memori internal HP Infinix Hot 9 menjadi lega.

  1. Reset dapat Membuat Pefroma HP Infinix Hot 9 Menjadi Lebih Ngebut

Hal ini terjadi lantaran data yang membebani kinerja HP Infinix Hot 9 telah hilang maka nantinya kinerja HP Infinix Hot 9 akan menjadi optimal. Hal yang paling terasa setelah melakukan reset adalah kecepatannya. Kecepatan akan berlipat ganda setelah reset dilakukan. Dengan demikian anda dapat menginstal aplikasi dan game berat tanpa kehilangan peformanya.

Membaca penjelasan diatas, anda pasti yakin bahwa reset mempunyai sangat banyak manfaatnya. Namun terpikirkah oleh anda bahwa ternyata reset juga menyimpan resiko juga. Agar lebih objektif, disini akan dijelaskan resiko melakukan reset. Berikut resiko melakukan reset:

  1. Stuck Logo

Resiko Reset HP Infinix Hot 9 - Stuck Logo

Hal ini dapat terjadi apabila reset tak berjalan sebagaimana mestinya. Salah satu resiko yang dapat terjadi pada HP Infinix Hot 9 adalah mengalami stuck logo. Yaitu saat reset berlangsung, logo Infinix akan muncul namun proses tak berlanjut hingga HP Infinix Hot 9 menyala. Hal ini bisa terjadi disebabkan oleh sitem yang telah gagal melakukan pemulihan.

  1. Kehilangan Data Secara Permanen

Semua orang yang hendak melakukan reset pasti tahu reset akan menghapus data bahkan sebagian besar orang memang bertujuan menghapus datanya. Namun terkadang sebagian orang lupa membackup semua datanya sehingga kehilangan data secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *