2 Cara Reset HP Samsung A01 dengan Mudah!

Posted on

Samsung terus berinovasi dengan menghadirkan ponsel yang mumpuni dan dapat diandalkan. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A01. Yang sangat layak untuk dimiliki sebab mempunyai kualitas yang bagus.

Namun sekalipun HP Samsung A01 mempunyai kualitas yang sangat bagus bukan berarti tak ada masalah yang dapat menghadangnya. Sama seperti kebanyakan smartphone yang dapat mengalami penurunan peforma, demikian juga dengan HP Samsung A01.

Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah dengan melakukan reset. Dengan reset maka segala macam permasalahan yang HP Samsung A01 hadapi dapat hilang. Lalu bagaimana cara melakukan reset HP Samsung A01? Dalam artikel ini kami akan jelaskan secara rinci mengenai reset HP Samsung A01.

Sekilas Tentang HP Samsung A01

Pesiapan Sebelum Reset Hp Samsung A01

HP Samsung A01 adalah sebuah smartphone untuk kelangan antry level yang mempunyai harga 1,6 jutaan. Dengan harga segini, kita sudah dapat membawa smartphone yang memiliki tampilan yang cukup simpel, minimalis, dan mirip dengan Samsung Galaxy A seires yang harganya cukup tinggi.

Dari segi ukuran HP Samsung A01 ini mempunyai ukuran  rasio 19:9 dengan luas 5,7 inci. Bobotnya sendiri 149 g. Dengan bobot ini maka smartphone akan terlihat cukup ringkas, ringan, dan mudah untuk digenggam.

Kamera yang digunakan sebesar 13 MP dengan 2 MP kamera sekundernya. Untuk kamera depannya sendiri memiliki ukuran 5 MP yang telah didukung dengan face unlock. Modenya ada beragam live focus, pro, panorama, foto, dan video.

Dapur pacu HP Samsung A01 sangat mengagumkan sebab telah dilengkapi dengan Wualcomm Snapdragon 439. Namun sayangnya RAM nya hanya 2 GB dan memori internal hanya 16 GB.

Apa itu reset?

Apa itu reset

Reset factory atau biasa dikenal dengan sebutan reset saja adalah cara yang dilakukan untuk menyetel ulang pengaturan pada smartphone. Pengaturan ulang ini akan mengembalikan smartphone ke setingan yang dibuat oleh pabrik vendor smartphone. Inilah mengapa namanya disebut sebagai reset factory.

Selain mengembalikan ke setelan awal, reset juga akan membuat seluruh data yang pengguna simpan terhapus sehingga saat menyalakan kembali, kondisi HP sudah seperti baru lagi.

Reset dilakukan biasanya untuk mengatasi sejumlah error pada smartphone. Beberapa error yang dapat diatasi dengan melakukan reset adalah tak dapat menerima telfon atau tak dapat menelfon ponsel lain, freezing atau keadaan smartphone tak merespon sentuhan.

Pesiapan Sebelum Reset Hp Samsung A01

2 Cara Reset HP Samsung A01 dengan Mudah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa reset yang dilakukan akan membuat semua data di HP akan hilang. Jadi, sebelum melakukan reset pada HP Samsung A01 anda, sebaiknya lakukanlah backup terlebih dahulu. Backup dapat dilakukan dengan memindahkan data dari HP Samsung A01 anda ke hardisk, flashdisk, komputer, atau ke layanan cloud seperti Dropbox dan Google Drive.

Data yang sebaiknya anda backup adalah file seperti dokumen, video, foto, dan lain sebagainya. Selain itu lakukanlah backup terhadap aplikasi chat seperti WhatsApp agar chat sebelumnya tak hilang. Jika anda punya aplikasi yang perlu dibackup, lakukanlah backup. Sebagian aplikasi dapat dibackup di Google Drive untuk mencegah kehilangan data.

Jika anda sudah melakukan cara diatas, maka anda sudah dapat melakukan reset. Terdapat dua cara melakukan reset yaitu dengan settingan dan recovery mode. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Cara Reset HP Samsung A01 dengan Setingan

Cara Reset HP Samsung A01 dengan Setingan

Melakukan reset dengan setingan cukup mudah untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah cara reset HP Samsung A01 melalui setingan:

  1. Pertama, buka pengaturan di HP Samsung A01 anda.
  2. Setelah itu pilih Manajemen umum.
  3. Selanjutnya klik Reset.
  4. Kemudian pilih Reset Data Pabrik.
  5. Klik Reset yang ada di bagian bawah.
  6. Klik Hapus Semua.
  7. Tunggu hingga proses selesai dilakukan.

Setelah melakukan langkah diatas maka nantinya HP Samsung A01 akan melakukan reset. Dan ini akan membuat HP kembali seperti pertama kali dihidupkan.

Cara Reset HP Samsung A01 dengan Recovery Mode

Cara Reset HP Samsung A01 dengan Recovery Mode

Cara lainnya adalah dengan melalui recovery mode. Cara reset ini biasanya dilakukan ketika HP mengalami freezing yang tak dapat merespon apapun. Selain itu reset ini dilakukan saat sandi pembuka HP lupa. Adapun cara melakukan reset HP Samsung A01 dengan recovery mode adalah sebagai berikut:

  1. Pertama pastikan HP Samsung A01 anda dalam keadaan mati.
  2. Dalam keadaan mati ini, tekan tombol volume atas (+) dan tombol power secara bersamaan hingga muncul logo Samsung. Disini anda sudah masuk ke Recovery Mode dan pilihan hanya dapat dilakukan dengan tombol volume, dan power.
  3. Pilih Factory reset/ wipe data.
  4. Selanjutnya pilih Yes.
  5. Tunggu hingga proses selesai dilakukan.
  6. Terakhir, pillih menu Reboot System Now.

Saat HP Samsung A01 anda menyala, HP akan kembali ke kondisi seperti pertama kali dinyalakan.

Manfaat Reset HP Samsung A01

Reset yang dilakukan untuk HP Samsung A01 sangat bermanfaat. Anda bisa mendapatkan manfaat reset HP Samsung A01 sekaligus. Berikut beberapa manfaatnya:

Meningkatkan Peforma HP

Meningkatkan Peforma Android

Hal yang langusng paling terasa saat setelah melakukan restart HP adalah peningkatan peforma yang sangat signifikan. Jika biasanya saat menggunakan HP Samsung A01 anda terkadang mengalami delay, maka setelah dilakukan reset maka tak ada delay yang terjadi.

Peningkatan peforma ini sangatlah menguntungkan sekali sebab kita tak perlu mengalami hambatan saat sedang menggunakan ponsel. Hambatan saat menggunakan HP Samsung A01 sangatlah mengganggu sekali dan anda tak akan mengalami lemot setelah dilakukan reset.

Peningkatan peforma HP dapat terjadi karena data yang tersimpan di HP menjadi terhapus. Seiring dengan penggunaan HP maka semakin banyaklah data yang tersimpan di HP. Sebagian besar data yang tersimpan di HP ini sayangnya tidak benar-benar dibutuhkan dan ini sangat membebani HP.

Reset dapat menghapus semua data yang tak pening ini. Setelah reset dilakukan maka HP baru akan memulai pengumpulan data ulang dari nol.

Menghilangkan Virus

Manfaat besar lainnya melakukan reset adalah, reset dapat menghilangkan virus pada HP. Penghapusan data yang dilakukan saat reset juga menghapus semua program/ software/ dan aplikasi yang terinstall. Dalam hal ini, virus adalah program/ software/ aplikasi yang terinstal secara mandiri dan tentu akan ikut terhapus saat reset.

Virus sendiri sangat berbahaya bagi HP Samsung A01 sebab dapat menyebabkan kerusakan pada sistem bahkan kerusakan pada hardware juga. Dengan terhapusnya virus di HP maka HP menjadi semakin aman. Namun reset bukan pengganti antivirus. Anda tetap wajib mengguankan aplikasi antivirus agar senantiasa terjaga dari virus.

Kesimpulan

Samsung adalah vendor smartphone yang sangat inovatif dan salah satu ponsel yang dikeluarkan olehnya adalah HP Samsung A01. HP Samsung A01 ini memiliki segudang kelebihan yang sangat unggul. Namun seunggul apapun HP, tak akan dapat terbebas sepenuhnya dari masalah yang kerap dihadapi ponsel terlebih dalam masa penggunaan yang tinggi.

Salah satu cara mengatasi HP yang bermasalah adalah dengan melakukan reset. Reset artinya mengembalikan sistem HP menjadi seperti saat pertama kali keluar dari pabrik. Reset dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan pengaturan dan dengan recovery mode.

Melakukan reset mempunyai banyak sekali keunggulan salah satunya adalah, reset dapat meningkatkan peforma HP dan juga dapat menghilangkan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.