100% Sukses Cara Reset Printer Canon G2000 Tanpa Aplikasi

Posted on

Sebagian pengguna Printer G2000 mengalami masalah yang menyebabkan printer G2000 nya tak melakukan fungsi yang seharusnya seperti tak mampu melakukan pencetakan, scan, dan juga diiringi dengan lampu indikator yang berkedip.

Mungkin anda menganggap ini adalah pertanda printer G2000 anda mengalami kerusakan. Namun tenang, ini bukanlah kerusakan sebab ini adalah hal yang wajar dialami oleh printer G2000.

Untuk mengembalikan printer G2000 seperti sedia kala, yang dibutuhkan hanyalah sejumlah langkah-langkah yang harus dilakukan agar printer G2000 kembali normal.

Dalam artikel ini kami akan mengulas secara lengkap dan rinci mengenai cara reset printer G2000. Artikel ini akan memberikan pemahaman kepada anda mengenai reset printer dan cara melakukan reset printer yang benar. Jadi simak artikel ini sampai habis.

 

Sekilas Tentang Printer G2000Cara Reset Printer Canon G2000

Printer Canon G2000 merupakan printer generasi yang hadir setelah generasi sebelumnya yaitu Canon MP287. Dari segi fitur, Canon G2000 ini mirip dengan pendahulunya itu. Namun terdapat perbedaan signifikan pada bagian infusnya dimana kita akan melihat susunan selang infusnya lebih rapi.

Selain perbedaan tersebut dari segi harga printer G2000 ini lebih mahal 2 kali lipat dibandingkan pendahulunya. Harga yang mahal ini karena printer G2000 ini lebih awet 4 kali lipat. Tentu tak bisa dipukul ratas sebab keawetan juga sangat bergantung pada pengguna.

Kapan Printer G2000 Harus Direset?

Jika seandainya printer anda tak lagi bekerja sebagaimana mestinya dengan ditandai munculnya LED yang menyala itu artinya printer G2000 anda mengalami blanking yang dimana printer telah mencapai batas maksimal print.

Setiap printer merek Canon dan Epson mempunyai batas penggunaan yang dihitung berdasarkan masa pakai atau jumlah print. Untuk printer G2000 sendiri terhitung berdasarkan jumlah print.

Jumlah print nantinya akan terhitung dan tersimpan di dalam EEPROM pada mainboard. Meskipun terkesan ribet karena pengguna harus melakukan reset pada priode tertentu, namun dengan adanya sistem seperti ini akan membuat printer G2000 menjadi lebih awet.

Hal ini dilakukan pihak vendor sebagai siasat untuk menjaga agar tinta printer tak meluber dari tempat penampungan yang nantinya justru akan mengakibatkan masalah yang jauh lebih besar.

Sebagian orang yang mengalami masalah seperti ini membawanya ke tukang service untuk diperbaiki. Sebenarnya mengatasi printer yang mengalami error seperti ini tak terlalu sulit. Anda dapat mengerjakannya sendiri tanpa bantuan teknisi atau tukang service.

Jika anda dapat melakukan reset sendiri printer anda maka nantinya anda akan menghemat uang dan dapat menolong teman-teman anda yang printernya butuh direset.

Selain itu anda juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dengan melakukan reset printer G2000 sendiri.

Lalu bagaimana cara melakukan reset? Printer G2000 harus melewati 2 tahap yang masing-masing tak boleh dilewati atau dilangkahi. Tahap pertama harus dipastikan telah berhasil dilakukan sebelum melanjutkan ke tahap ke dua. Jika tahap pertama gagal, maka ulangi tahap pertama hingga berhasil.

Cara Reset Printer G2000 Tahap Pertama

Pada tahap pertama melakukan reset printer G2000 bisa anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama tekan tombol power untuk mematikan printer G2000 jika masih dalam keadaan hidup.
  • Tekan tombol reset atau tombol stop bersamaan dengan tombol power.
  • Lepaskan tombol stop atau reset tetapi masih menekan tombol power.
  • Tekan kembali tombol stop atau reset sebanyak 6 kali bersama dengan tombol power.
  • Selanjutnya printer G2000 akan masuk ke mode service dan lampu LED berhenti berkedip.

Cara Reset Printer G2000 Tahap Kedua

IC Eprom Canon G2000

Tahap pertama hanya membuat printer G2000 masuk ke mode service dan belum melakukan pengaturan apapun. Tahap kedua ini adalah pengaturan untuk melakukan reset printer G2000.

Namun untuk dapat melakukan reset printer G2000 maka dibutuhkan software khusus. Software ini bisa anda unduh melalui website resmi Canon. Biasanya software ini telah tersedia dalam paket pembelian printer.

Adapun tahap kedua adalah sebagai berikut:

  1. Masukan kertas dalam printer G2000 sebab akan ada proses printing nantinya selama proses reset berlangsung untuk mengetahui apakah printer berfungsi dengan baik atau belum.
  2. Hubungkan printer dengan komputer yang telah terinstal aplikasi service tool printer G2000.
  3. Pada aplikasi klik Tab Clear Ink Counter lalu klik main.
  4. Pada bagian Absolber Center juga diklik main.
  5. Klik EPROM lalu printer akan melakukan proses print.
  6. Matikan dan hidupkan printer kembali.

Setelah melakukan cara diatas maka print telah selesai dilakukan. Jika anda masih belum berhasil dengan cara diatas maka cobalah ulangi hingga prose print selesai dilakukan.

4 Tips Agar Printer G2000 Tidak Cepat Rusak

Printer G2000 sama seperti alat elektronik lainnya dimana kita harus senantiasa menjaganya. Semakin baik kita menjaga printer kita maka semakin awet pula printer kita. Oleh sebab itu disini kami akan membagikan pula tips menjaga agar printer G2000 tak cepat rusak.

  1. Matikan Printer saat Tak Dipakai

Apabila printer G2000 tidak digunakan, sebaiknya matikan saja printer G2000 tersebut agar printer G2000 mempunyai waktu istirahat yang akan membuatnya semakin awet. Jeda antara print dan dan istirahat akan memaksimalkan printer dalam bekerja.

Yang perlu diperhatikan pula adalah saat melakukan print jangan cabut kabel adaptor begitu saja. Anda wajib menekan tombol on/off dan memastikan printer telah mati sempurna sebelum mencabut kabel adaptor.

  1. Rutin Mengganti Selang Infus Pada Printer G2000

Kesalahan umum yang dimiliki oleh pengguna printer G2000 adalah, mereka menganggap penggantian printer G2000 hanya perlu dilakukan apabila selang infus masih dapat bekerja menyalurkan tinta.

Padahal, selang infus harus tetap senantiasa diganti secara rutin tanpa menunggu tersumbat. Ini akan membuat printer menjadi semakin awet.

Seberapa lama selang infus dapat digunakan tergantung pada jenis tinta yang digunakan. Apabila tinta yang digunakan cair maka dapat diganti setahun sekali. Sedangkan apabila selang infus kental maka bisa diganti setiap enam bulan sekali.

  1. Printer G2000 Harus Senantiasa Digunakan

Disadari atau tidak, penggunaan printer secara rutin akan membuat printer menjadi lebih awet ketimbang yang sangat jarang digunakan. Hal ini berkaitan dengan fungsi suku cadang dalam printer.

Apabila printer sering digunakan maka bagian gear akan terlumasi sehingga tak akan cepat patah, tersendat, dan rusak.

  1. Print Dokumen Secara Berangsur-angsur

Jika jarang digunakan printer akan rusak, sebaliknya apabila printer digunakan secara berlebihan maka printer juga akan mengalami kerusakan. Setiap pencetakan harus terdapat jeda istirahat agar printer tak cepat panas.

Janganlah melakukan print sebanyak 100 lembar sekaligus, cetaklah sebanyak 25 lembar dalam sekali print. Setelah itu tunda selama beberapa menit sebelum masuk ke print tahap selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.