Review Xiaomi 11T (Sang Penantang)

Posted on
Review Xiaomi 11T
Review Xiaomi 11T

Xiaomi 11T! Bukan Mi 11T ya , karena sejak beberapa bulan lalu, Xiaomi udah pensiunin merek Mi mereka. Jadi sekarang, langsung Xiaomi aja! Ini salah satu HP yang udah saya antisipasi dari beberapa minggu terakhir ya, sejak rumornya muncul! Soalnya menarik buat ngeliat, apakah Xiaomi 11T ini bisa ngelanjutin reputasi dari Mi 10T, sang kakak yang semenjak diluncurin akhir tahun lalu… sering banget dijadiin bahan buat mendang-mendingin HP flagship lain.

Karena buat harga 6 juta nya, spek yang ditawarin oleh Mi10T bisa dibilang udah bersaing banget sama HP 10 juta ke atas dari brand lain. Xiaomi tentunya pengen ngulangin cerita yang sama lah ya lewat seri 11T ini. Makanya harganya pun dijaga biar tetep sama. Buat Xiaomi 11T, dia dipatok di angka 5.999 juta. Racikan mesin yang dipake pun, tetap pake resep yang sama.

Xiaomi 11T CHIPSET & RAM

 Review Xiaomi 11T Chipset
Review Xiaomi 11T
Chipset

Chipset apa yang statusnya paling tinggi, itu yang dia pake. Makanya Xiaomi 11T ini ngandelin chipset terbaik dari Mediatek di tahun 2021 nih. Dimensity 1200-Ultra, ada kata “ultra”nya karena Xiaomi udah ngecustom si Dimensity 1200, biar lebih cocok sama sifat dari si 11T.

Sekedar info aja, sebelum Xiaomi 11T ini, cuma ada satu HP lain yang pake Mediatek 1200, dan harganya itu 11 juta. Mulai kerasa ya, kalau polanya itu mereka ulang. Harga 6 juta, mesin ala 10 jutaan. Buat RAMnya sendiri dia punya kapasitas 8GB LPDDR4x, dan varian memori internalnya juga cuma ada satu pilihan, yang 256GB UFS 3.1, langsung gede aja karena nggak ada pilihan buat ekspansi pake memori eksternal lagi.

Spek kayak gini, kalau dikasih kerjaan apapun, tentu bisa dia libas dengan gampang ya. Skor benchmark yang didapet di AnTuTu 9 udah tembus angka 600 ribu lebih dikit. Dipake buat kerjaan harian, HPnya mejem aja lah.

Xiaomi 11T main game
Xiaomi 11T main game

Buat main game enteng kayak Mobile Legends, atau moba-moba yang lain, mau analog atau nggak, settingan maksimal juga udah nyantai aja chipsetnya, udah dipastiin bisa stabil di frame rate maksimal juga, dengan suhu yang adem. Kalau anda demen main PUBGM… bahkan HP ini bisa unlock di settingan smooth 90fps, yang buat saya pribadi itu… levelnya di atas HDR Extreme ya yang cuma mentok di 60 fps.

Soalnya buat game kayak gini, semakin tinggi fps yang bisa kita dapetin, mata bakal tambah pewe pastinya, lebih mulus, dan respon si HPnya juga bakal jadi lebih gesit lagi, buat nerima input. Masih jarang banget ada HP yang bisa unlock settingan 90 fps di PUBGM, kayak Xiaomi 11T ini.

Mungkin pas mereka bilang kalau Dimensitynya itu udah dicustom, ini salah satunya ya. Limiter buat settingan gamenya itu dicopot. Cuma kalau udah dihadepin sama game paling berat, Genshin Impact, pengalaman saya justru kebalik ya. Performanya justru berasa dilimit banget buat jagain suhunya. Awal-awal main, dia bisa dapet di 50-60 fps, itu di 5 menit pertama di settingan medium 60 fps. Tapi habis itu, sejam seterusnya, frame ratenya cuma dapet di sekitar 30 fps aja. Hasilnya… ya memang bagus banget buat temperatur HPnya.

Saya pake buat aktif battle setengah jam, suhunya nggak sampe 40 derajat loh, dibawah 40. Ini HP yang paling dingin yang pernah saya coba buat main Genshin. Tapi kayak ada yang ngeganjel gitu, chipset flagship tapi performanya malah dikandangin, ga bisa lepas ke potensi maksimal! Mungkin kalau Xiaomi setting biar bisa stabil sampe 40an fps… terus suhunya naik 2-4 derajat, itu yang paling oke sih.

Xiaomi 11T LAYAR

Xiaomi 11T Layar
Xiaomi 11T Layar

Lanjut! Di bagian display… Xiaomi 11T juga nggak mau nanggung ya buat ngasih spek tinggi. Ukuran layarnya 6.67 inci, ini lumayan gede. Resolusinya Full HD+, panelnya AMOLED dengan kontras rasio 5 juta banding 1, kecerahan maksimal di 1000 nits, touch sampling rate di 480Hz, support HDR 10+, dan kaca yang dipake udah level paling tinggi punya, Gorilla Glass Victus.

Ini kaca yang biasanya cuma bisa kita temuin di HP-HP flagship ya… Soal refresh rate, tentu aja dia udah 120Hz dengan dukungan teknologi Adaptive Sync, yang bisa nyesuaiin frame ratenya sesuai sama apa yang lagi ditampilin. Kalau lagi ga banyak gerakan, layarnya switch ke mode 60Hz aja, kalau lagi banyak gerak, dia gas ke 120Hz. Sistem kayak gini bikin batere jadi lebih efisien lagi ya.

Buat harga yang diminta, layar nih HP udah bagus banget lah. Tapi… kalau Xiaomi memang pengen layarnya jadi bener-bener gila, kalau kita boleh minta lebih, mungkin lain kali… panelnya pakai AMOLED LTPO, yang refresh ratenya tuh bisa naik turun sampe belasan fps doang, nggak harus 60 atau 120. Biar baterenya itu lebih jos lagi. Kebanyakan nggak tuh mintanya?

Xiaomi 11T BATERAI

Xiaomi 11T BATERAI
Xiaomi 11T BATERAI

Oh iya, ngomong-ngomong soal batere, Xiaomi 11T pake batere 5000 mAh ya. Buat daya tahannya udah awet, dia bisa dipake seharian, itu pasti aman, kecuali anda pake HP buat main game terus dari matahari terbit sampe terbenam lagi. Atau sampai terbit lagi! Jangan sampai main game seharian lah! Sebagai gambaran, pas saya pake HP ini buat sosmedan atau chatting, sejam dia kemakan 9% aja.

Main Mobile Legends, di settingan mentok atas tadi, setengah jam 6%, PUBGM setengah jam 10%, Genshin setengah jam makan 14%. Teknologi charging yang dikasih di paket penjualan Xiaomi 11T ini juga udah ngebut, pake charger 67 Watt. Xiaomi ngeklaim kalau batere nih HP bisa diisi dari 0-100 dalam waktu 36 menit aja. Dan pas saya coba isi, dia meleset 3 menit sih, 0 ke 100 dia 39 menit. Tetep kenceng banget.

Kalau ngomongin soal angka, Xiaomi memang jagoannya lah. Angka yang harus dikecilin, kayak harga, durasi ngecas… Dia bisa kecilin! Dan angka yang harus digedein… kayak seri chipset, terus RAM, frame rate, kapasitas batere… Dia bisa gedein. Makanya HP-HP Xiaomi itu banyak disenengin oleh orang yang demen soal angka. Teknisnya itu gimana. Dan Xiaomi 11T ini memang kerasa kuat di bagian itu. Tapi kalau kita udah ngomongin bagian yang nggak bisa diukur pake angka, Xiaomi 11T ini agak kurang.

Xiaomi 11T KAMERA

Xiaomi 11T KAMERA
Xiaomi 11T KAMERA

Misalnya kalau kita liat kameranya, resolusi yang dia tawarin berasa juara banget. 108MP! Ratusan MP lho. Kameranya ini juga ditemenin oleh kamera ultrawide 8MP, dan kamera telemacro 5MP. Kamera depannya sendiri 16MP. Secara angka, luar biasa tinggi sih. Tapi pas udah liat hasilnya, nggak berasa ada yang spesial ya? Nggak semewah angka megapixelnya. Ini tipikal hasil foto HP 4-5 jutaan.

Di kondisi cahaya terang, fotonya berasa kena sharpening yang nggak perlu sebenarnya, yang bikin fotonya jadi berasa lebih tajem dari aslinya, warna yang dihasilin juga serasa agak kena processing. Ada beberapa yang oversaturate. Buat dynamic rangenya sendiri oke. Sementara buat lowlight… kualitasnya juga ikutan nurun dengan detil yang udah lumayan hilang dan warna yang agak pudar.

Harus pake Nightmode lah biar hasilnya lebih oke. Kualitas fotonya ini nggak setinggi angka mega pixelnya lah. HP HP flagship malah mega pixelnya kecil, belasan MP aja, tapi hasilnya ya lebih bagus. Mungkin saya agak sadis ya ngebandingin Xiaomi 11T sama kamera flagship. Ini kan cuma HP 6 juta bang.

Ya sorry lah. Cuma nggak papa kan?

Standarnya kita tinggiin, karena memang, ya reputasinya sebagus itu juga, biar kalau nggak kena ekspektasi yang setinggi itu, ya jatuhnya masih sesuai sama harga jualnya.

Cuma disini harga memang nggak bisa bohong. Buat perekaman kamera depan… dia bisa di 1080p 30 fps. Agak terbatas sih buat sebuah chipset yang levelnya flagship. Kalau misalnya… yang 10 jutaan keatas, ya masih ada 30 fps 1080p juga sih. Tapi rata-rata udah 4K. Cuma ini… 1080p-nya bagus.

Di bagian desain juga, ini sesuatu yang nggak bisa diukur pake angka ya. Dan buat saya yang udah sering ngebahas HP dari keluarga Xiaomi, desain dari Xiaomi 11T ini… Ya gini. Xiaomi. Desain kameranya keliatan familiar sama HP Xiaomi lain, dengan sedikit modifan aja di susunan kameranya.

Tapi, ini tetep berasa familiar kok, karena ukuran layarnya gede, di 6.67 inci, ditambah baterenya yang gede juga, otomatis bikin bodi HP ini jadi lumayan menuhin tangan, dan bobotnya juga nggak bisa dibilang enteng ya di 203 gram. Tipikal HP Xiaomi banget.

Xiaomi 11T FITUR

Untungnya di bagian fitur, Xiaomi 11T ini juga tipikal HP Xiaomi banget, yang nggak pelit soal fitur. Di sebelah kanan ada tombol power yang ngerangkap sama sensor sidik jari, di sisi atas ada mikrofon plus lubang speaker, kiri nggak ada apa-apa, dan di bawah ada SIM tray dual nano SIM, mikrofon, port USB type C, dan speaker lagi.

Speaker di HP ini punya sistem suara stereo dengan dukungan dari Dolby Atmos. Jadi ya kualitas speakernya ini bener-bener mantep, suaranya rame, kenceng. Vokalnya jelas, detail dapet, bass juga masih dapet banget. Saya seneng, brand-brand HP sekarang udah mulai perhatiin, kalau mereka itu harus pakai dual speaker. Udah harus pakai stereo, karena… hasilnya memang beda banget sama HP yang speakernya cuma satu doang.

Xiaomi 11T juga tentu aja punya NFC ya, dan buat varian warnanya, yang saya pegang sekarang ini namanya Celestial Blue, ada juga varian Meteorite Gray, dan satu lagi, namanya Moonlight White. Itu inspirasinya dari langit semua. Apapun varian yang anda pilih, harganya sama di 5.999 juta alias 6 juta! Kembali 1000 perak. Itu harga yang value banget buat apa yang bakal kita dapetin.

KESIMPULAN

Chipset kelas flagship, layar yang warnanya enak diliat, ngebut juga, pake kaca ala flagship, batere gede, charging kenceng. Kualitas kamera yang nggak bisa bohong lah, bikin inget sama harga asli HP ini, sebenernya dia itu kelas menengah, dan desain yang mirip-mirip sama kelas menengah Xiaomi yang lain. Kalau anda tipe orang yang nyari kamera dan desain banget, Xiaomi 11T ini kurang cocok.

Kuatnya bukan disana. Sayang ngeluarin duit buat dapetin mesin yang nggak bakal anda pake. Dananya kurang keserap lah. Tapi kalau anda memang seorang gamer, yang biasanya perhatiin angka angka fps, benchmark, suhu mesin, mentingin daya tahan batere, layar ngebut, ya yang gitu-gitu, yang mesin, teknis, Xiaomi 11T ini nawarin sesuatu yang langka banget buat ditemuin di HP lain.

Mesin flagship dengan harga yang hampir setengahnya. Demikian review saya buat Xiaomi 11T.

Leave a Reply

Your email address will not be published.