Penguat Sinyal 4G Untuk Solusi Jaringan Lemot, Apa Saja?

Posted on

Terkadang, penguat sinyal 4G diperlukan terutama ketika jaringan di smartphone tiba-tiba lemot dan tidak stabil. Seperti namanya, penguat sinyal tersebut nantinya akan bekerja untuk memaksimalkan sinyal pada smartphone tersebut sehingga jaringan yang dimiliki pun akan cenderung lebih stabil dan juga lebih baik untuk menunjang aktivitas smartphone.

Memang, sebenarnya, sinyal 4G adalah salah satu jenis jaringan yang memiliki kecepatan yang tinggi. Hanya saja, ada beberapa hal yang sering menyebabkan jaringan tersebut menjadi lemot secara tiba-tiba.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas apa yang menjadi sebab sinyal 4G tersebut lemot atau bahkan hilang serta beberapa opsi yang bisa dijadikan penguat sinyal tersebut. Penasaran? Simak ulasannya!

Penyebab Sinyal 4G Menjadi Lemot

Sebagaimana disinggung di awal bahwa sebenarnya 4G adalah jenis jaringan yang cepat dan akan memberikan koneksi yang baik. Hanya saja, terkadang ada masalah yang terjadi dan berakibat pada jaringan 4G yang cenderung lebih lambat dan bermasalah.

Nah, sebelum membahas tentang penguat untuk sinyal 4G tersebut, tentu ada baiknya jika Anda mengetahui apa yang menyebabkan sinyal 4G menjadi lemot. Adapun beberapa penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sistem smartphone yang bermasalah

Salah satu sebab sinyal 4G bermasalah adalah adanya masalah pada sistem smartphone itu sendiri. Jika sistem smartphone bermasalah, termasuk adanya bug pada versi OS yang digunakan ataupun ada file cache yang belum dihapus, maka meskipun sinyal yang dimiliki bagus, namun aktivitas online nantinya akan terhambat.

  • Jaringan provider yang tidak menjangkau wilayah tertentu

Bisa dikatakan bahwa semua provider di Indonesia memberikan layanan 4G yang cepat dan mumpuni untuk dukungan internet. Namun, terkadang, kenyataan di lapangan berbeda. Hal ini dikarenakan jangkauan tiap provider tersebut berbeda.

Perlu diketahui bahwa setiap provider memiliki jangkauan BTS yang berbeda. Semakin sedikit BTS, maka akan terjadi keterbatasan pada sinyal tersebut. Belum lagi ditambah faktor lapangan yang banyak perbukitan, pepohonan, dan lainnya.

  • Terlalu banyak pengguna di satu tempat

Penyebab lain yang membuat sinyal 4G lemot adalah terlalu banyak pengguna di satu tempat. Jika Anda berada dalam satu kerumunan besar, bisa jadi sinyal 4G akan menjadi lambat. Hal ini dikarenakan masing-masing perangkat akan berebut sinyal.

Beberapa hal di atas adalah sebab umum kenapa muncul masalah pada sinyal 4G di smartphone Anda. Dengan mengetahui beberapa sebab tersebut, tentu nantinya Anda bisa memiliki pemahaman yang lebih baik ketika masalah ini muncul.

Alat Penguat Sinyal 4G

Berbincang tentang penguat sinyal 4G, kini sebenarnya ada beberapa alat yang bisa dijadikan pilihan untuk menguatkan sinyal tersebut. Tentu, dengan alat ini, nantinya Anda bisa mendapatkan sinyal yang lebih bagus dan lebih stabil, termasuk ketika Anda berada di lokasi dengan jangkauan 4G yang terkesan masih buruk.

Di pasaran, ada cukup banyak variasi alat penguat sinyal yang tersedia dan bisa menjadi opsi. Misalnya, untuk pilihan yang murah, Anda bisa menggunakan stiker penguat sinyal. Stiker ini diyakini bisa menguatkan sinyal 4G hanya dengan menempelkan stiker tersebut pada bagian smartphone.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan penguat sinyal seperti antena tambahan. Nantinya, antena tambahan tersebut dipasang dengan menggunakan hub pada unit smartphone yang Anda gunakan.

Juga, ada antena indoor dan outdoor yang bisa digunakan untuk menguatkan sinyal 4G. Cara kerja alat ini sama dengan antena yang biasanya dipasang untuk mencari jaringan televisi yang tersedia.

Menguatkan Sinyal 4G Dengan Aplikasi

Jika Anda ingin menguatkan sinyal 4G di smartphone dengan lebih mudah dan lebih irit, maka Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Saat ini, ada cukup banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa dijadikan opsi untuk menguatkan sinyal 4G dengan sangat mudah.

Adapun beberapa aplikasi yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Signal Guard Pro

Signal Guard Pro bisa menjadi pilihan aplikasi penguat sinyal yang tepat. Aplikasi ini akan menjadi alat monitoring yang tepat untuk melihat kualitas sinyal di sekitar Anda.

Selain memberikan informasi tentang jaringan yang lengkap, Signal Guard Pro ini juga akan memastikan jaringan tidak mengalami gangguan. Hal inilah yang nantinya akan membuat sinyal 4G di smartphone menjadi lebih stabil.

  • Network Signal Refresher

Aplikasi lain yang juga bisa digunakan untuk menguatkan sinyal 4G adalah Network Signal Refresher. Aplikasi yang satu ini sangat mudah untuk digunakan. Hanya saja dengan satu kali klik, maka aplikasi tersebut akan bekerja untuk menguatkan sinyal pada perangkat smartphone yang Anda gunakan.

Tidak hanya itu, Network Signal Refresher hadir dengan ukuran file yang cukup kecil. Oleh karenanya, aplikasi ini tidak akan memberatkan sistem smartphone yang Anda gunakan.

  • Network Signal Speed Booster

Opsi lain untuk aplikasi penguat sinyal 4G yang bisa digunakan adalah Network Signal Speed Booster. Ini adalah aplikasi yang sangat menarik untuk mendapatkan sinyal yang kuat meskipun Anda sedang berada di lokasi yang minim sinyal.

Apa yang menarik dari aplikasi ini adalah Network Signal Speed Booster akan bekerja secara otomatis. Artinya, Anda hanya tinggal mengklik tombol yang tersedia dan aplikasi tersebut akan langsung bekerja untuk menguatkan sinyal smartphone Anda.

Beberapa aplikasi di atas bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk menguatkan sinyal smartphone dengan mudah. Tentu, Anda bisa mendapatkan beberapa aplikasi tersebut dengan mudah di Google Play ataupun App Store.

Cara Lain Untuk Menguatkan Sinyal

Selain kedua cara di atas, baik menggunakan alat penguat sinyal ataupun aplikasi, ada beberapa cara lain yang juga bisa dijadikan opsi untuk mendapatkan sinyal 4G yang lebih stabil. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Melakukan restart pada smartphone

Agar sinyal di smartphone Anda lebih kuat, maka Anda bisa melakukan restart pada perangkat tersebut. Ini adalah cara pertama yang cukup mudah dilakukan. Pasalnya, proses restart akan mengembalikan kondisi smartphone yang lebih fresh serta menghentikan sistem atau aplikasi yang menyebabkan sinyal tidak stabil.

  • Periksa APN

Ketika sinyal 4G di smartphone cenderung tidak stabil, maka Anda bisa mencoba untuk mengatur APN pada jaringan yang digunakan. APN atau Access Point Name merupakan pengaturan jaringan yang akan membantu konektivitas. Dalam hal ini, pengaturan APN bisa menyesuaikan sistem operasi masing-masing dan juga layanan provider yang digunakan.

  • Menggunakan mode 4G

Menggunakan mode 4G atau LTE sebagai opsi jaringan yang digunakan juga bisa menjadi solusi agar jaringan 4G cenderung lebih baik dan juga stabil. Dalam hal ini, dengan mengatur jaringan hanya pada mode 4G, maka smartphone nantinya akan lebih fokus untuk mencari jaringan 4G dibandingkan dengan jaringan lainnya.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang bisa dilakukan sebagai penguat sinyal 4G untuk smartphone. Sebagai tambahan, jangan lupa menggunakan provider yang memiliki jangkauan sinyal 4G yang luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *