Penyebab dan Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Tersedia

Posted on

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang memiliki berbagai fitur menarik. Salah satunya panggilan suara dan video call. Namun, kadang ada masalah panggilan WhatsApp tidak tersedia. Tenang, untuk penyebab dan solusinya sudah kami rangkum dibawah ini.

Penyebab Panggilan WhatsApp Tidak Tersedia

Penyebab Panggilan WhatsApp Tidak Tersedia

Berikut dibawah ini beberapa penyebab kenapa panggilan WA tidak tersedia:

1. Panggilan WA Menghubungkan Terus Menerus

Biasanya pihak WhatsApp akan memberi pesan berupa “menghubungkan” sebelum orang yang kita panggil menerima panggilan kita. Namun masalahnya menghubungkan terus-menerus sering terjadi dan membuat telepon menjadi sulit untuk tersambung.

2. Tidak Ada Koneksi Internet

Apabila memperoleh pesan gagal memanggil, biasanya tidak ada jaringan internet. Dan hal ini sering terjadi pada saat kita akan atas melakukan panggilan WhatsApp. Masalah ini disebabkan oleh koneksi yang terganggu atau tidak stabil.

3. WhatsApp Sedang Gangguan

Bagaimana jika panggilan WhatsApp tidak tersedia atau error berasal dari gangguan server WhatsApp itu sendiri? Kamu tidak perlu panik, karena ini sudah biasa terjadi. Bisa dikatakan WhatsApp pernah mengalami beberapa kali gangguan.

Ketika hal ini terjadi maka fitur yang ditawarkan oleh aplikasi WhatsApp tidak aktif. Contohnya kamu tidak bisa berkirim pesan, tidak dapat melakukan panggilan baik itu video call maupun suara dan lain sebagainya.

Cara yang terbaik untuk mengatasi gangguan pada server WhatsApp yaitu dengan menunggu sampai WhatsApp kembali normal seperti biasanya.

4. Masalah Panggilan Lainnya

Contohnya panggilan ditolak, sedang berada di panggilan lain, dan dan lain sebagainya. Tergantung dari kondisi panggilannya.

Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Tersedia

Berikut dibawah ini ada beberapa cara mengatasi panggilan WA tidak tersedia:

1. Periksa Koneksi Internet

Periksa Koneksi Internet

Ketika ingin melakukan panggilan WhatsApp, pastikan koneksi internet yang kamu gunakan harus stabil. Ini sangat penting, jika tidak akan menimbulkan beberapa masalah pada WhatsApp.

Dan salah satunya panggilan secara tiba-tiba putus. Atau tidak ada koneksi internet seperti yang disinggung di atas. Untuk mengecek koneksi internet, sebagai berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama buka terlebih dahulu situs ini: https://speedtest.cbn.id/ 
  2. Setelah itu tekan tombol mulai.
  3. Silahkan tunggu proses pengecekannya hingga selesai.

2. Aktifkan Izin WhatsApp

Ketika aplikasi Whatsapp baru saja dipasang, ada beberapa pengaturan. Salah satunya izin aplikasi. Dan ini harus di-setting terlebih dahulu.

Apabila tidak, maka WhatsApp tidak dapat mengakses secara keseluruhan data yang dibutuhkan untuk menjalankan fiturnya. Dan apabila ini terjadi maka bisa membuat eror ketika mau menggunakan WhatsApp.

Berikut langkah-langkah mengaktifkan izin WhatsApp:

  1. Pertama buka terlebih dahulu setelan HP yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu masuk ke aplikasi dan cari aplikasi WhatsApp. 
  3. Kemudian geser ke arah bawah, nantinya akan ada menu izin. 
  4. Silahkan kamu aktifkan izin yang diperlukan.
  5. Untuk fitur telepon, silakan izin panggil dan kontak. 
  6. Jika sudah restart aplikasi WhatsApp, lalu buka kembali.

3. Pastikan Nomor Kita Tidak Diblokir

Salah satu penyebab kenapa panggilan WhatsApp tidak tersedia adalah nomor kita diblokir kontak yang ingin kita telepon. Pada aplikasi WhatsApp ada sebuah fitur bernama blokir.

Memakai fitur ini kamu bisa memblokir kontak supaya tidak bisa menghubungi kamu, baik itu pesan ataupun panggilan. Jika kontak kamu diblokir oleh nomor yang akan dituju, maka yang akan terjadi adalah panggilan akan mengeluarkan pesan berupa memanggil.

Akan tetapi di HP dengan nomor WhatsApp tujuan tidak ada pemberitahuan panggilan masuk. Jadi sebelum kamu melakukan panggilan, tidak ada salahnya mengecek terlebih dahulu apakah nomor kamu diblokir kontak hujan atau tidak.

4. Hapus Cache & Data Aplikasi WhatsApp

Dalam pemakaiannya menghapus data dan cache aplikasi WhatsApp juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam error. Contohnya masalah telepon tidak ada suara, tidak dapat melakukan video call dan bahkan panggilan telepon WhatsApp tidak tersedia.

Nah untuk cara menghapus cache dan data aplikasi pada WhatsApp sangat mudah, sebagai berikut panduannya:

  1. Pertama masuk ke menu pengaturan terlebih dahulu.
  2. Kemudian masuk ke menu aplikasi. 
  3. Setelah itu cari aplikasi WhatsApp. 
  4. Lalu tekan tombol Clear Data atau Cache. 
  5. Terakhir lakukan restart HP yang kamu gunakan.

Biasanya setelah menghapus data WhatsApp akan kembali seperti baru diinstal. Dengan kata lain kamu harus login terlebih dahulu sebelum menggunakan WhatsApp seperti biasanya. Pastikan kamu melakukan backup chat dan data penting sebelum melakukan clear data.

5. Periksa Tanggal HP

Cara mengatasi panggilan WhatsApp tidak tersedia selanjutnya yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan memeriksa tanggal HP yang kamu gunakan.

Seperti yang kita ketahui, pengaturan tanggal ternyata memiliki pengaruh terhadap panggilan. Jika sampai tanggal HP tidak benar maka akan menjadi gangguan. Tidak hanya untuk aplikasi WhatsApp namun juga berlaku untuk aplikasi yang lain.

Pengaturan tanggal ini wajib dilakukan jika memang waktunya tidak benar. Contohnya saat ini bulan Juli tanggal 2, namun di perangkat HP kamu menunjukkan tanggal 30 Juni. Untuk cara mengeceknya, berikut panduannya:

  1. Pertama buka terlebih dahulu pengaturan HP kamu.
  2. Kemudian masuk ke menu tanggal dan waktu. 
  3. Nantinya akan menemui pengaturan waktu otomatis. 
  4. Silakan aktifkan waktu otomatis tersebut.
  5. Setelah itu coba lagi WhatsApp.

6. Update Aplikasi WhatsApp

Update Aplikasi WhatsApp

Cara lain yang bisa kamu coba gunakan untuk mengatasi tidak dapat melakukan panggilan WhatsApp adalah dengan melakukan update aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui melakukan update aplikasi WhatsApp bisa menjadi solusi untuk berbagai macam masalah error yang terjadi pada WhatsApp, salah satunya masalah panggilan yang sedang kita bahas.

Untuk melakukan update sebagai berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama buka terlebih dahulu layanan Google Play Store.
  2. Kemudian cari aplikasi WhatsApp.
  3. Setelah itu lihat apakah update tersedia atau tidak.
  4. Jika tersedia silahkan tekan tombol update.

7. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Apabila semua cara di atas sudah dilakukan maka belum berhasil maka kamu bisa melakukan cara ini yaitu menginstal ulang kembali aplikasi WhatsApp.

Sebelum kamu melakukan cara ini sebaiknya lakukan terlebih dahulu backup supaya pesan penting pada ada WhatsApp kamu tidak akan hilang. Untuk melakukan install ulang pada aplikasi WhatsApp, sebagai berikut panduannya:

  1. Langkah pertama buka terlebih dahulu layanan Google Play Store.
  2. Kemudian ketik aplikasi WhatsApp di Kolom pencarian.
  3. Jika sudah ketemu lakukan uninstall.
  4. Setelah proses pencopotan selesai.
  5. Silahkan kamu download kembali aplikasi WhatsApp.
  6. Kemudian install aplikasi WhatsApp.
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses penginstalan selesai.

Itu dia pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi panggilan WhatsApp tidak tersedia. Pada dasarnya masalah panggilan WhatsApp berbeda-beda setiap orang, tapi paling tidak solusi yang kami berikan diatas bisa mengatasi masalah “tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.