Spesifikasi OPPO Reno8 4G, Keunggulan dan Kekurangan 2022

Posted on

Salah satu ponsel yang cukup unggul dan disukai oleh para pecinta teknologi adalah OPPO Reno8 4G. Ponsel ini dipilih karena sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni sehingga cocok sekali untuk mereka yang punya budget terbatas dan ingin tetap pakai ponsel keren.

Spesifikasi OPPO Reno8 4G

OPPO Reno8 4G

KeluaranAgustus 2022
Platform
RAM8 GB
ChipsetQualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)
Penyimpanan256 GB
CPUOcta-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver)
Sistem OperasiAndroid 12, ColorOS 12.1
Kamera Belakang
Triple Camera64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.7µm, PDAF, 2 MP, f/3.3, (microscope), 2 MP, f/3.3, (microscope)
Video1080p@30fps, gyro-EIS
FiturLED flash, HDR, panorama
Kamera Depan
Single Camera32 MP, f/2.4, 24mm (wide), 1/2.74″, 0.8µm
Video1080p@30fps, gyro-EIS
FiturPanorama, HDR
Bodi
Dimensi159.9 x 73.2 x 7.7 mm
Berat182 g
WarnaDawnlight Gold, Starlight Black
LayarAMOLED, 6.4 inch 90Hz, 430 nits (typ), 600 nits (HBM), 800 nits (peak), 
Resolusi1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density)
BateraiLi-Po 4500 mAh, non-removable
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G
SIMDual SIM
Dukungan
Bluetooth5.1, A2DP, LE, aptX HD
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
NFCYes
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go
PortJack Audio 3.5 mm
Lain-lain
Sensoraccelerometer, gyro, proximity, compass
RadioNo

Review OPPO Reno8 4G

Spesifikasi OPPO Reno8 4G

OPPO Reno8 4G merupakan salah satu ponsel terbaik dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Meski masih menggunakan jaringan 4G, ternyata fitur yang ada di dalamnya sudah ditambahkan dan menyaingi beberapa flagship.

Sebenarnya ponsel ini termasuk kategori menengah sehingga bisa dijangkau oleh semua orang. Namun sudah dibekali dengan teknologi yang cukup canggih, salah satunya adalah dengan adanya RAM yang cukup tinggi yaitu 8 GB.

Selanjutnya untuk memori internalnya juga sudah cukup besar yaitu 256 GB. Dengan kemampuan seperti ini, maka ponsel bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai untuk aktivitas harian hingga dipakai untuk bekerja.

Kelebihan OPPO Reno8 4G

Kelebihan OPPO Reno8 4G

  • Baterai Tahan Lama

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh OPPO Reno8 4G adalah bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Baterai yang dipakai bisa tahan hingga berjam-jam meskipun ukurannya hanya sekitar 4.500 mAh.

Ponsel ini memiliki kemampuan fast charging sehingga ketika dalam kondisi mati bisa diisi dengan cepat. Selain itu, ponsel juga memiliki ketahanan yang cukup tinggi serta bisa melakukan proses penghematan daya secara maksimal.

  • Desain Ergonomis

Desain yang dimiliki oleh gadget ini tidak terlalu tebal juga tidak terlalu lebar. Desain ini bahkan memiliki gaya retro sehingga cocok sekali untuk semua orang khususnya anak muda kekinian yang ingin tampil berbeda.

Selain memberikan nilai estetik yang cukup tinggi, ternyata desain yang ergonomis ini juga akan memberikan kemudahan ketika. Hal ini akan membuat seseorang menjadi tidak mudah lelah ketika menggunakan ponsel hingga berjam-jam.

  • Kamera Mumpuni

Kamera yang digunakan cukup mumpuni apalagi untuk kamera utama yang terdiri dari tiga jenis lensa. Adapun, Oppo Reno8 ini menggunakan lensa yang terdiri dari 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.7µm, PDAF, 2 MP, f/3.3, (microscope), 2 MP, f/3.3, (microscope).

Sementara itu, untuk kamera depannya atau untuk kamera selfie juga sudah dibekali dengan resolusi hingga 32 MP. Artinya Oppo Reno8  ini sudah memiliki kemampuan yang sangat tinggi dan pengguna hanya perlu memanfaatkan yang sesuai dengan kemampuan mereka.

  • Layar AMOLED

Smartphone dengan kelas menengah biasanya jarang sekali yang menggunakan layar amoled. Biasanya, layar yang digunakan jenis standar sehingga secara kualitas memang sangat rendah. Selain itu, terkadang tidak mampu menghadirkan visual yang sempurna.

Berbeda dengan ponsel OPPO Reno8 4G yang mampu menghadirkan layar amoled super jernih. Jadi ketika dilihat, layar seolah-olah lebih nyata dan mirip sekali dengan warna asli data yang ada.

  • Tahan Percikan Air

Beberapa jenis ponsel biasanya sangat tidak tahan dengan percikan air, khususnya dalam jumlah yang sangat banyak. Percikan air akan membuat layar menjadi mudah sekali kotor bahkan bisa mengalami kerusakan.

Itulah kenapa tidak ada salahnya menggunakan smartphone yang memiliki ketahanan percikan air ini. Bahkan Reno8 ini juga memiliki ketahanan terhadap debu sehingga saat dibersihkan menjadi lebih mudah.

  • Konektivitas Lengkap

Konektivitas yang dimiliki oleh Oppo Reno8 ini terbilang cukup lengkap dibandingkan dengan kompetitornya. Dengan harga yang sama, ternyata ponsel ini sudah mampu menghadirkan NFC sebagai salah satu alat komunikasi.

Selain itu untuk jaringan yang lain seperti bluetooth, smartphone besutan Oppo ini juga sudah menggunakan versi yang paling baru. Jadi ponsel ini cocok sekali untuk mereka yang ingin menggunakan gadget dengan kualitas tinggi.

Kekurangan OPPO Reno8 4G

Kekurangan OPPO Reno8 4G

  • Chipset agak Rendah

OPPO Reno8 4G memang sudah menghadirkan RAM yang cukup tinggi sehingga kemungkinan besar bisa dimanfaatkan untuk bermain game dengan kualitas HD. Namun ternyata kualitas yang dimiliki oleh chipsetnya masih kelas rendah atau paling tidak menengah.

Seharusnya dengan harga sekitar 4 jutaan ponsel ini sudah bisa menghadirkan chipset yang lebih tinggi dari Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm). Misal dengan menggunakan versi 700 ataupun versi 800.

  • Tanpa Lensa Ultrawide

Kamera yang ditawarkan memang sudah sangat mumpuni. Namun apabila ingin menggunakan tampilan ultra wide atau sudut pandang yang lebih lebar, sayangnya versi smartphone ini hanya menyediakan jenis lensa wide saja.

Meski demikian, sebenarnya masih bisa diakali apabila proses pengambilan gambarnya sudah tepat. Jadi, kekurangan ini bisa ‘dimaklumi’ asalkan kamu bisa menggunakannya dalam pemotretan profesional.

  • Speaker Belum Stereo

Speaker adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap perangkat HP ketika digunakan untuk mendengarkan musik. Sayangnya speaker yang tersedia pada seri ini masih berjenis mono dan tidak berjenis stereo.

Speaker dengan jenis mono ini akan menghasilkan suara yang kadang pecah dan tidak bisa stabil. Jadi, tidak disarankan untuk menggunakan speaker ketika mendengarkan musik. Lebih baik menggunakan headset apabila ingin memanfaatkannya.

Meski demikian jika dibandingkan dengan beberapa kompetitor, kualitas suara musik yang dihasilkan sebenarnya sudah cukup bagus dan enak didengar.

Harga OPPO Reno8 4G

Apabila ingin mendapatkan Reno8 4G, maka siapkan budget sekitar 4 jutaan. Dengan budget ini maka kamu sudah bisa mendapatkan ponsel dengan spesifikasi yang cukup tinggi, serta bisa digunakan untuk aktivitas yang sangat berat.

Namun untuk harga second, kemungkinan besar akan lebih murah yaitu di harga 2 jutaan. Jadi tentukan sendiri apakah akan membeli dalam kondisi baru atau akan membeli dalam kondisi bekas.

Sesuai dengan spesifikasi yang sudah dibahas di atas, ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh OPPO Reno8 4G ini. Apalagi dengan harga yang tidak terlalu besar ternyata smartphone ini mampu mengakomodasi banyak kebutuhan masyarakat.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official OPPO Reno8 4G

Leave a Reply

Your email address will not be published.