Apa Itu Digital Signage? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

Di era yang kian canggih ini, papan reklame dengan teknik printing sudah mulai ditinggalkan. Ada sebuah teknologi yang sudah makin canggih yang bernama Digital Signage. Dengan menggunakan teknologi tersebut, iklan yang ditampilkan lebih menarik dan atraktif karena dikontrol secara digital. Lantas apa itu digital signage? coba simak penjelasanya berikut.

Digital signage adalah bentuk penyampaian informasi melalui media digital. Signage bisa diartikan sebagai semua bentuk komunikasi yang mengandung pesan. Signage tak hanya sebatas kata saja namun juga termasuk suara, gerak, gambar, tekstur bahkan rasa. Oleh sebab itu digital signage mulai banyak digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi. Di Indonesia, media ini juga sering disebut LED Videotron ataupun LED Display.

Saat ini teknologi signage dengan LED ataupun LCS sudah kian canggih. Ditambah lagi dengan penggunaanya yang mudah, menjadikanya tren terkini untuk beriklan ataupun menyampaikan suatu informasi. Dahulu, media jenis ini kurang populer lantaran proses pembuatan kontenya yang cukup rumit. Sekarang, digital signage bisa diatur secara online dengan menginstal CMS didalamnya. Dengan demikian proses pembuatan konten bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, asal terhubung dengan internet.

Fungsi Digital Signage

Dari pemaparan diatas, tentu sudah bisa disimpulkan bahwa fungsi dari digital signage ini adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi, dimana pengaturannya dilakukan secara digital. Lantas seperti apa contoh penggunanya? berikut beberapa diantaranya

  • Bidang Perkantoran
    Di bidang perkatoran bisa digunakan untuk menampilkan teks berjalan, suku bunga, mata uang, dan nilai nilai perusahaan lainya.
  • Tempat Pelayanan Publik
    Di bandara atau stasiun misalnya, bis memberikan informasi mengenai jadwal berangkat dan kedatangan.
  • Hotel Dan Resto
    Menampilkan promo, daftar menu dan harga dll.
  • Advertising
    Di mall mall ataupun pusat perbelanjaan, sering kita jumpai iklan iklan yang ditampilkan secara digital.

Itulah tadi penjelasan dan fungsi digital signage. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *