Spesifikasi dan Review Nothing Phone (1) 2022

Posted on

Sudah mulai bosan dengan ponsel yang desainnya monoton? Coba langsung beralih ke Nothing Phone (1). Bagi beberapa kalangan, ponsel ini mungkin tidak terlalu populer sehingga kamu harus cek spesifikasi dan review di artikel ini.

Spesifikasi Nothing Phone (1)

Nothing Phone (1)

Keluaran22 Juli 2022
Platform
RAM8GB/12GB
ChipsetQualcomm SM7325-AE Snapdragon 778G+ 5G (6 nm)
Penyimpanan128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM

UFS 3.1

CPUOcta-core (1×2.5 GHz Cortex-A78 & 3×2.4 GHz Cortex-A78 & 4×1.9 GHz Cortex-A55)
Sistem OperasiAndroid 12
Kamera Belakang
Single Camera50 MP, f/1.9, 24mm (wide), 1/1.56″, 1.0µm, PDAF, OIS

50 MP, f/2.2, 114˚ (ultrawide), 1/2.76″, 0.64µm, AF

Video4K@30fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS, live HDR
FiturLED flash, panorama, HDR
Kamera Depan
Single Camera16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.1″, 1.0µm
FiturPanorama, HDR
Video1080p@30fps
Bodi
Dimensi159.2 x 75.8 x 8.3 mm (6.27 x 2.98 x 0.33 in)
Berat193.5 gram (6.84 oz)
WarnaPutih dan Hitam
Layar6,55 inci
Resolusi1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~402 ppi density)
BateraiLi-Ion 4500 mAh, non-removable (17.42 Wh)

Reverse wireless charging 5W

Fast charging 33W, 50% in 30 min, 100% in 70 min (advertised)

Wireless charging 15W

Quick Charge 4.0

Power Delivery 3.0

Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIMDual SIM
DukunganAda
Bluetooth5.2, A2DP, LE
GPSAda dengan A-A-GPS
NFCAda
USBUSB Type C 2.2 mm
PortJack Audio 3.3 mm
Lain-lain
SensorFingerprint (under display, optical), Compass, accelerometer, Gyro, proximity
RadioTidak ada

Review Nothing Phone (1)

Spesifikasi Nothing Phone (1)

HP ini sempat viral di beberapa media sosial berkat berbagai kelebihannya. Brand Nothing sendiri didirikan oleh mantan co-founder One Plus sehingga cukup berpengalaman, yakni Carl Pei.

Pengalaman inilah yang membuat ponsel ini cukup menjanjikan di kelasnya hingga sekarang. Bagi yang ingin tahu seputar HP lebih dalam, simak saja review berikut:

  • Desain dan Dimensi

Tampilan luar Nothing Phone ini berbentuk kotak yang hampir mirip seperti iPhone. Sedangkan untuk bagian body belakang dibuat lebih futuristik dan unik sehingga sangat berbeda dengan ponsel di kelasnya.

Adapun dimensi ponsel ini adalah panjang 159,2 mm X lebar 75,8 mm X tebal 8,3 mm. Build quality yang dibebamkan di sini sangat solid dan tentunya enak untuk dipegang. Hal tersebut karena adanya bobot HP yang cukup ringan di kelasnya, 193,5 gram.

Ponsel juga didesain dengan layar yang transparan memakai kaca Gorilla Glass 5. Tak heran jika kamu bisa melihat sampai bagian dalam HP. Hal tersebut dapat terbukti dari tampilan mir hingga desain lain yang sangat jelas.

Ada juga logo Nothing berukuran kecil pada bagian bawah HP serta tulisan lain seperti model dan juga informasi mengenai spesifikasi HP lebih lanjut. Bagian body belakang ada bulatan besar yang digunakan untuk support Wireless Charging.

  • Kamera

Dari desain kamera belakangnya, Nothing Phone dengan RAM 8GB memiliki desain yang mirip dengan kamera iPhone. Belum lagi adanya dukungan 2 buah lensa beresolusi kamera utama 50 MP dan kamera ultrawide 50 MP.

Sayangnya, ponsel belum dibenamkan kamera makro maupun jenis kamera lain. Tapi tetap saja membuat hasil fotografi dengan kamera ini tetap menjanjikan.

Kamera belakang ponsel ini sudah mengusung teknologi penstabil gambar OIS dan EIS yang membantu pengguna ketika pengambilan gambar.

Sedangkan untuk kamera depan, ponsel ini mengusung single camera beresolusi 16 MP. Kameranya diletakkan di bagian pojok kiri atas sehingga terkesan lebih modern, unik dan praktis. Hasil selfie juga mumpuni bahkan hampir menyamai kamera flagship.

  • Layar

Layar yang dimiliki Nothing Phone ini berukuran 6,55 inchi yang sekaligus sudah memakai panel OLED. Adapun resolusi yang digunakan adalah sebesar 1080 x 2400 piksel sehingga tampak sangat jernih.

Kecepatan layar yang dimiliki ponsel ini juga anti lemot karena telah support 120Hz. Hal tersebut membuat layar sangat nyaman untuk keperluan gaming maupun scrolling sosmed.

Layar yang dibenamkan di Nothing Phone ini sudah mengandalkan Corning Gorilla Glass 5  yang mumpuni. Tak heran jika mampu memberikan perlindungan maksimal pada layar HP ketika ada goresan maupun benturan.

  • Chipset

Soal dapur pacu yang diusung, ponsel ini sudah memakai chipset Snapdragon 778G+ yang juga support dengan jaringan 5G. Belum lagi ponsel juga telah mengandalkan fabrikasi 6nm buatan TMSC sehingga performa sangat gacor.

Chipset ini memiliki performa yang sedikit lebih kencang dibanding Snapdragon 778G yang versi biasa. Dengan chipset ini, kamu bisa menggunakan ponsel untuk keperluan gaming, mulai dari Legend Mobile hingga Genshin Impact tanpa takut lag sedikitpun.

  • Baterai

Nothing Phone ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4500 mAh yang membuatnya sama dengan spek ponsel mid range lainnya. Proses charging juga lebih mudah dan cepat karena mengandalkan fitur fast charging 33 Watt yang sangat akurat.

Kecepatan casnya adalah 33 watt yang mampu mengecas HP 50 persen dalam waktu setengah jam. Tentunya lebih cepat dibandingkan ponsel lain yang tidak mempunyai fitur fast charging itu sendiri.

Kelebihan Nothing Phone (1)

Kelebihan Nothing Phone (1)

Ada banyak kelebihan yang bisa didapat oleh pengguna yang memakai ponsel ini. Berikut kelebihan yang kami maksud:

  • Kelebihan pertama adalah adanya light strip. Yaitu sebuah batang cahaya pada cover belakang ponsel yang dapat digunakan lewat fitur Glyphs.
  • Glyphs di dalam ponsel bisa dimodifikasi, sesuai keinginan. Mulai dari menampilkan notifikasi, aplikasi hingga pesan khusus dari aplikasi tertentu.
  • Nyala Glyphs dapat dibedakan sesuai keinginan. Contohnya, berkedip C untuk notif dari komentar Instagram.
  • Ponsel ini masih jarang digunakan oleh pengguna lain sehingga cukup unik dan menarik untuk dipakai.
  • Memiliki desain dan tampilan yang putih dan sederhana sehingga menarik perhatian banyak orang.
  • Layar sudah mengandalkan 6.55 inci 1080p OLED yang memiliki refresh rate 120Hz, sehingga lumayan bagus untuk kelas midrange.
  • Telah didukung adanya IP53 yang artinya ponsel ini sudah anti air dan debu.

Kekurangan Nothing Phone (1)

Kekurangan Nothing Phone (1)

Meski memiliki berbagai kelebihan yang sudah di bahas di atas, tetap saja ponsel ini punya kekurangan yang perlu dipahami oleh penggunanya.

Jadi, jangan sampai tidak tahu kekurangan yang dimaksud agar penggunaan ponsel tetap terjaga dengan baik. Adapun kekurangannya sebagai berikut:

  • Tidak dilengkapi dengan headphone jack atau slot microSD.
  • Tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan soal baterai boros saat digunakan.
  • Tidak dilengkapi dengan travel charger ketika pembelian. Kamu harus menyiapkan dana tambahan sebesar Rp400 ribuan untuk pembelian charger.

Harga Nothing Phone (1)

 Soal harga, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp10 jutaan untuk mendapatkan ponsel ini. Tapi tenang karena hal tersebut sebanding dengan spesifikasi yang kamu dapat dari ponsel ini.

Nothing Phone (1) merupakan ponsel yang dianggap sepele oleh beberapa pengguna karena bukan buatan brand terkenal. Tapi untuk membuktikannya, gunakan saja perangkat ini langsung untuk merasakan beragam keunggulannya.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Nothing Phone (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.