Penyebab dan Cara Mengatasi Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima SMS

Posted on

Pernah mengalami nomor Indosat tidak bisa menerima SMS? Tidak perlu khawatir, masalah seperti ini memang cukup sering terjadi. Tentunya, ada beberapa penyebab kenapa nomor Indosat tersebut tidak bisa menerima SMS. Berikut bisa kamu simak penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima SMS

Penyebab Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima SMS

SMS mungkin tidak digunakan untuk berkomunikasi seintens dulu, berkat aplikasi chat instan seperti WhatsApp dan semacamnya. Namun, bagi beberapa orang, SMS ini sangat penting, yaitu mereka yang mengandalkannya untuk berkomunikasi sehari-hari.

Jadi, ketika nomor tersebut tidak bisa menerima SMS, tentunya menjadi masalah besar. Penting untuk tahu kenapa nomor Indosat yang tidak bisa menerima pesan/SMS. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mengatasi masalah tersebut.

Setidaknya, berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa nomor Indosat tidak bisa menerima pesan :

1. Tidak Terdaftar di Jaringan

nomor pusat SMS Indosat - sinyal buruk

Nomor Indosat yang tidak bisa menerima SMS bisa terjadi salah satunya karena nomor tersebut tidak atau belum terdaftar di jaringan. Penyebabnya ada banyak, seperti :

  • Kesalahan pada sistem.
  • Kartu SIM terblokir.
  • Kartu SIM belum terdaftar.
  • HP gagal memindai jaringan.
  • Hardware HP yang rusak.

Ketika nomor tersebut tidak terdaftar di jaringan, maka seakan tidak berfungsi sama sekali. Jadi, tidak bisa untuk menerima atau mengirim SMS, melakukan telepon dan lain sebagainya. Jadi, cek sekali lagi, apakah benar nomor Indosat tersebut sudah terdaftar di jaringan.

2. Kode MMI Tidak Valid

Penyebab lain kenapa nomor Indosat tidak bisa menerima SMS selanjutnya adalah karena kode MMI yang tidak valid. Ketika kode MMI tidak valid, jangankan untuk mengirim atau menerima SMS, untuk memanggil kode dial saja tidak bisa.

Penyebab kode MMI tidak valid salah satunya adalah kesalahan pengaturan pada HP, jaringan yang tidak stabil dan lain sebagainya. Jadi, tidak heran jika kamu tidak menerima SMS masuk sama sekali, padahal biasanya tidak pernah berhenti.

3. Jaringan Buruk

Sinyal Buruk

Penyebab yang paling sering terjadi kenapa nomor Indosat tidak bisa mengirim ataupun menerima SMS adalah jaringan yang buruk. Ya, jika memang jaringannya buruk dari sana, kamu tidak bisa melakukan apapun. Jadi tunggu saja sampai jaringan kembali normal, dan kamu bisa kirim atau menerima SMS.

4. Penyimpanan Ponsel Penuh

SMS yang kamu terima akan disimpan di memori HP. Jadi, jika memori HP tersebut penuh, maka tidak akan ada SMS yang bisa masuk. Karena itu, silakan cek penyimpanan internal device yang kamu miliki, jangan-jangan memang sudah full.

Jika memang full, disarankan untuk segera melakukan pembersihan file sampah dan semacamnya. Dengan begini, SMS akan kembali masuk karena sudah tersedia ruang di penyimpanan. Lain kali, disarankan untuk rajin cek penyimpanan supaya tidak cepat penuh.

5. Nomor Pusat Pesan Indosat Salah

Nomor Pusat SMS Indosat

SMS yang tidak bisa masuk atau terkirim di Indosat bisa karena nomor pusat pesannya yang salah. Jadi, pastikan kamu telah menggunakan nomor pusat pesan Indosat yang benar. Nomor pusat SMS Indosat yang benar adalah IM3 +62855000000, Mentari & Matrix +62816124.

6. Mode 4G LTE Only

Nomor Indosat yang tidak bisa menerima pesan singkat (SMS) juga bisa disebabkan karena kamu menggunakan mode 4G LTE Only. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, disarankan untuk mengubah jaringan ke default dulu, agar HP bisa menerima SMS kembali.

7. Masa Aktif Habis

Jelas, nomor Indosat yang sudah tidak aktif lagi tidak akan bisa menerima SMS. Jadi, jika kamu tidak ingin nomor Indosat tersebut diblokir, segera lakukan isi ulang pulsa. Isi ulang pulsa bisa menambah masa aktif nomor, sekaligus bisa mengembalikan fungsinya seperti biasa.

Alasan lain kenapa nomor Indosat tidak bisa menerima pesan adalah :

  • Sistem error.
  • Kartu terblokir.
  • HP rusak.

Cara Mengatasi Nomor Indosat Tidak Bisa Menerima SMS

Semua masalah ada solusinya, termasuk nomor Indosat yang tidak bisa menerima pesan atau SMS. Cara mengatasi masalah tersebut bisa kamu cek di bawah ini :

1. Aktifkan Mode Pesawat

Aktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat bisa memulihkan jaringanmu yang bermasalah. Kamu bisa mengaktifkan mode pesawat, untuk kemudian menonaktifkannya lagi beberapa saat kemudian. Karena jaringan sudah disegarkan, seharusnya SMS bisa masuk ke HP tanpa masalah sama sekali.

Caranya mudah, kamu tinggal swipe layar HP ke bawah, lalu klik Mode Pesawat. Setelah menunggu selama beberapa menit, kamu bisa swipe layar HP ke bawah kembali, dan klik Mode Pesawat untuk menonaktifkannya.

2. Menonaktifkan Kartu SIM Sementara

Menonaktifkan Kartu SIM Sementara

Cara lain untuk mengatasi nomor Indosat tidak bisa menerima pesan adalah dengan menonaktifkan kartu SIM yang bermasalah tersebut. Setelah menunggu beberapa saat, silakan aktifkan kartu SIM Indosat kembali, pasti masalah tersebut akan sirna.

Tidak tahu bagaimana caranya? Mudah, yaitu :

  • Masuk ke Pengaturan HP.
  • Buka menu Kartu Ganda.
  • Nonaktifkan kartu SIM Indosat yang bermasalah.

Cara mengaktifkannya kembali juga sama seperti di atas.

3. Ubah Mode Jaringan

Ubah Mode Jaringan

Jika sebelumnya kamu telah mengunci jaringan agar menggunakan 4G LTE Only, maka sementara ubahlah ke jaringan default. Maksudnya, gunakan jaringan terkuat yang sesuai dengan situasi dan kondisi saat itu.

Jangan-jangan, memang ada masalah dengan jaringan 4G LTE, jadi SMS tidak bisa masuk ke HP. Bagaimana caranya? Mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk ke Pengaturan HP.
  • Buka menu Kartu Ganda > Jaringan > Mode Jaringan.
  • Pilih opsi Default.

Setiap HP bisa berbeda-beda, namun intinya tetap sama.

4. Hapus Cache Aplikasi SMS

Hapus Cache Aplikasi SMS

Terkadang, cache layanan SMS yang penuh juga bisa menyebabkan nomor Indosat tidak bisa menerima SMS. Jadi, mau tidak mau kamu harus menghapus cache SMS tersebut, berikut cara-caranya :

  • Pertama, masuk ke Pengaturan HP.
  • Kemudian buka Pengaturan Lainnya dan pilih Aplikasi.
  • Lalu pilih Semua Aplikasi dan cari SMS.
  • Setelah ketemu, klik SMS/Pesan, lalu pilih Bersihkan Cache.
  • Tunggu sampai cache selesai dibersihkan.

Jika masalahnya karena cache yang penuh, seharusnya cara di atas bisa mengatasinya.

5. Restart HP

Memulai ulang atau restart HP juga bisa mengatasi masalah seperti nomor Indosat yang tidak bisa menerima pesan. Setelah di-restart, sistem di HP akan terasa fresh kembali, sehingga bisa memberikan performa yang maksimal.

6. Atur SMSC

Terakhir, jika nomor Indosat tidak bisa menerima SMS, jangan-jangan karena nomor pusat pesannya yang salah. Jika nomor pusat pesan Indosat salah, maka tidak bisa mengirim SMS atau menerimanya. Jadi harus segera dibenarkan.

Nomor pusat pesan Indosat yang benar adalah +62855000000 untuk IM3, sedangkan untuk Mentari & Matrix adalah +62816124. Jadi, silakan cek pusat pesan Indosat, jika memang salah, ganti dengan dua ini, sesuaikan dengan jenis kartu Indosat yang kamu miliki.

Nomor Indosat tidak bisa menerima SMS bisa diatasi dengan sangat mudah. Kamu bisa restart HP, mengaktifkan mode pesawat, mengatur jaringan, mengubah nomor pusat pesan dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.