Mengenal 10 Metode Pembayaran di Shopee

Posted on

Shopee kini menjadi marketplace paling populer di Indonesia. Hal itu dapat terlihat dengan sering munculnya iklan marketplace tersebut di televisi. Tidak hanya itu saja, pengguna dari aplikasi ini semakin hari juga semakin banyak.

Tentunya hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Salah hal yang menjadi daya tarik dari Shopee adalah terdapat banyak sekali cara pembayaran di Shopee yang bisa dipilih.

Banyaknya metode tersebut tentu dapat membuat para pembeli lebih leluasa dalam berbelanja. Mereka tidak terpatok hanya pada satu metode saja saat membeli produk.

Terdapat lebih dari lima metode pembayaran yang bisa dipilih. Nah, bagi yang penasaran apa sajakah metode tersebut, maka langsung saja untuk melihat penjelasannya sebagai berikut.

Mengenal Metode Pembayaran di Shopee

Seperti dijelaskan sebelumnya, pengguna Shopee dapat menggunakan banyak sekali cara bayar saat berbelanja di Shopee. Jadi, tinggal sesuaikan dan pilih saja metode seperti apa yang cocok dengan karakter Anda.

Berikut ini adalah penjelasan berbagai macam jenis metode payment yang bisa Anda pilih di Shopee.

Cash on Delivery

Cara pertama adalah membayar saat barang sudah sampai di rumah atau biasa dikenal dengan Cash on Delivery (COD). Metode tersebut saat ini memang sedang banyak dipilih oleh para pengguna.

Pasalnya, COD memungkinkan para pembeli untuk memesan barang tanpa harus membayarnya terlebih dahulu.

Selain itu, COD dinilai punya keamanan yang lebih baik karena pembayaran baru dilakukan setelah pesanan sampai. Jadi, apabila terdapat oknum toko yang ingin melakukan penipuan atau mengirimkan barang tidak sesuai iklan, para pembeli tidak akan mengalami kerugian finansial.

Melihat keamanan dan kemudahan tersebut tidak heran apabila banyak orang memilih menggunakan COD sebagai metode pembayarannya. Kehadiran sistem COD ini juga dapat membantu orang-orang yang ingin belanja namun belum punya rekening bank.

Hal yang mungkin perlu diketahui adalah tidak semua toko menyediakan jenis pembayaran ini. Hal itu karena terdapat beberapa syarat tertentu agar sebuah toko dapat menyediakan jenis pembayaran Cash on Delivery.

Bayar di Indomaret

Selain COD, masih terdapat metode lain yang memungkinkan para pembeli tidak perlu melakukan transfer bank. Metode tersebut adalah membayar langsung ke Indomaret.

Untuk menemukan minimarket tersebut tentu bukanlah hal sulit. Hal itu karena hampir di setiap daerah pasti ada minimarket tersebut. Untuk pembayaran lewat Indomaret ini terdapat biaya admin yang harus dibayarkan sebesar Rp 3.500.

Bayar di Alfamart

Tidak hanya di minimarket Indomaret saja, Anda juga dapat membayar pesanan lewat Alfamart. Seperti halnya Indomaret, minimarket ini juga tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Jadi, untuk menemukan minimarket tersebut bukanlah hal sulit. Sama seperti di Indomaret, membayar pesanan melalui Alfamart juga ada biaya admin. Untuk besaran biayanya tentu tidak jauh berbeda dari Indomaret.

Virtual Account Dicek Otomatis

Metode pembayaran berikutnya yang bisa digunakan untuk bayar pesanan di Shopee adalah via Virtual Account cek otomatis. Anda dapat menggunakan Virtual Account dari bank BCA, BRI, BNI, dan juga Mandiri.

Untuk sementara ini, hanya keempat bank tersebut saja yang tersedia. Namun, seiring berjalannya waktu tentu akan dilakukan penambahan bank lainnya.

Untuk pembayaran via Virtual Account ini tidak terdapat tambahan biaya admin. Setelah pembayaran dilakukan, proses verifikasi akan dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Anda bisa membayar Virtual Account tersebut melalui Internet Banking, SMS Banking, ataupun langsung datang ke ATM terdekat.

Transfer Dicek Manual

Tidak seperti membayar Virtual Account, pembayaran dengan transfer bank akan dicek secara manual verifikasinya. Untuk pilihan Bank yang bisa digunakan adalah selain Bank BCA, BNI, Mandiri, dan juga BRI.

Pembayaran ini mungkin terlihat lebih rumit karena proses pengecekan dilakukan manual.

Jenis payment ini sangat cocok bagi orang yang mungkin tidak mempunyai rekening di Mandiri, BCA, BNI, ataupun BRI.

Namun, bagi yang punya rekening di bank tersebut maka lebih baik untuk menggunakan pembayaran via Virtual Account saja karena proses cek dilakukan secara otomatis.

ShopeePay

Metode lain yang bisa digunakan tentu adalah menggunakan ShopeePay. Bagi yang belum tahu, ShopeePay merupakan uang elektronik dari pihak Shopee.

Untuk melakukan pengisian saldo ShopeePay tersebut, Anda bisa menggunakan transfer bank, via Alfamart, ataupun via indomaret.

Dengan mengisi saldo tersebut, pengguna bisa melakukan pembayaran langsung tanpa harus transfer ataupun menggunakan uang tunai. Selain itu, proses verifikasi juga berjalan otomatis sehingga transaksi jadi lebih cepat dan mudah.

Selain itu, pengguna juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai macam promo saat memilih metode pembayaran tersebut.

Jadi, jika Anda orang yang tidak ingin terlalu ribet transfer ataupun bayar tunai, maka mengisi saldo ShopeePay bisa menjadi pilihan langkah yang tepat.

Kartu Kredit

Bagi Anda pemilik kartu kredit, pembayaran juga bisa dilakukan dengan metode tersebut. Hal itu karena di Shopee juga tersedia metode cicilan dalam membayar pesanan.

Nah untuk meringankan cicilan, Anda juga bisa cari barang dengan cicilan mencapai 0%. Dengan menggunakan kartu kredit, Anda bisa membayar pesanan bulan depan ataupun secara mencicil.

Kredivo

Metode cicilan lain juga bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Kredivo. Seperti diketahui, aplikasi tersebut merupakan platform pembayaran kredit.

Cara ini bisa dipilih apabila Anda ingin membeli barang mahal namun belum punya uang cash yang cukup. Syarat untuk menggunakan Kredivo tentu adalah harus punya akun Kredivo terlebih dahulu. Jika belum punya, maka Anda dapat membuatnya terlebih dahulu.

Hal yang mungkin perlu diketahui adalah pada saat menggunakan jenis pembayaran ini, proses transaksi mungkin membutuhkan waktu cukup lama. Jadi, jangan heran apabila pesanan tidak segera dilakukan verifikasi setelah pembelian dilakukan.

AkuLaku

Selain aplikasi Kredivo, pembayaran cicilan bisa juga dilakukan di aplikasi Akulaku. Aplikasi tersebut juga merupakan platform pembayaran cicilan yang bekerja sama dengan pihak Shopee. Fungsi dari aplikasi tersebut tentunya untuk membayar barang pesanan dengan mencicil via Akulaku.

Sama halnya dengan Kredivo, untuk dapat menggunakan metode tersebut para pengguna wajib sudah punya akun Akulaku. Biasanya, setelah proses pembuatan akun, para pemilik akan diberikan limit cicilan.

Shopee Paylater

Sistem pembayaran lain yang bisa dipilih adalah Shopee Paylater. Tidak jauh berbeda dengan Akulaku ataupun Kredivo, fitur tersebut juga merupakan sistem pembayaran secara cicilan.

Setelah mengaktifkan fitur ini, pengguna akan diberikan limit kredit sesuai kualifikasi yang diberikan. Apabila pembayaran cicilan dinilai tertib maka limit saldo pay later akan ditambah oleh pihak Shopee.

Itulah tadi 10 cara pembayaran di Shopee yang dapat digunakan. Beragamnya pilihan tersebut tentu dapat mengakomodasi berbagai karakter dari pengguna aplikasi Shopee.

Pembayaran dapat dipilih sesuai dengan keinginan para pembeli. Namun, hal yang perlu diingat adalah tidak semua toko menyediakan semua jenis metode pembayaran. Jadi, Anda harus cek dulu jenis pembayaran apa saja yang ada di toko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *