Cara Mematikan Iphone 11 yang Mudah Dengan dan Tanpa Tombol

Posted on

Setiap saat Apple terus berinovasi dan berganti jenis iPhone. Salah satunya tipe yang termasuk dalam seri iPhone 11, versi di atas adalah iPhone 11 pro dan 11 pro max. Karena beberapa perubahan, banyak pengguna tidak tahu cara mematikan iPhone 11.

Bahkan jika pengguna tahu cara mematikan iPhone 11, sebenarnya itu sangat sederhana. Salah satu perubahan terpenting adalah saat dimatikan atau dimulai ulang. Jadi, tak heran jika pengguna baru iPhone 11 sedikit bingung.

Ada kalanya Anda perlu mematikan iPhone Anda, seperti saat baterai ponsel Anda hampir habis atau saat ponsel Anda dalam keadaan error, macet atau crash pada waktu-waktu tertentu. Seperti yang Anda ketahui, ada kalanya ponsel dalam keadaan rusak, macet atau crash, restart saja tidak cukup. Untuk melakukan ini, Anda perlu tahu cara mematikan iPhone 11, 11 pro dan 11 pro max dengan benar.

Perlukah Mematikan iPhone Tiap Hari?

Pertanyaan yang paling sering diajukan yaitu apakah iPhone harus dimatikan setiap hari?

  1. Smartphone Bukan Komputer Desktop

Sayangnya, anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Ya, alasan awal profesional TI merekomendasikan untuk mematikan PC Anda di malam hari adalah untuk menghemat daya. Tentu saja, ini tidak berlaku untuk ponsel cerdas yang mengisi daya dengan baterai dan daya yang kecil.

Sebuah studi tahun 2012 yang dilakukan oleh Lawrence Barkley National Laboratory menemukan bahwa pengisi daya yang terhubung ke smartphone mengkonsumsi rata-rata 3,68 watt. Nilai ini turun menjadi 2,24W saat baterai smartphone terisi penuh. Sangat kecil, bukan? Jadi Anda tidak perlu khawatir tagihan listrik Anda membengkak.

Namun meskipun begitu, membiarkan iPhone tetap dicas meskipun sudah penuh 100% tentu akan mempersingkat masa pakai baterai akhirnya battery health menjadi menurun dan baterai juga akan lebih cepat habis sehingga harus sering dicas kembali. Jika dibiarkan, maka Anda hanya akan menunggu hingga harus mengganti dengan baterai baru.

  1. Tak Ada Pengaruh ke Daya Tahan Baterai

Pasalnya, mematikan ponsel pintar Anda tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan pada daya tahan baterai Anda. seperti yang telah dijelaskan, yang akan mempengaruhi daya tahan baterai Anda adalah proses charging ponsel.

Misalnya seperti tidak mengisi daya sambil memainkan hp karena ponsel akan bekerja lebih keras dan akhirnya meningkatkan suhu ponsel, tidak membiarkan daya menurun hingga di bawah 20%, wajib menghentikan pengisian daya jika sudah 100%, penggunaan aksesoris asli, dll.

Jadi meskipun Anda mematikan hp namun masih salah dalam cara pengisian daya, ponsel pintar Anda tentu masih akan tetap rusak. Meskipun begitu, jika ponsel suhu ponsel Anda meningkat ketika digunakan atau sedang dalam pengisian daya, lebih baik untuk menghentikan penggunaan bahkan jika memungkinkan, matikan hp. Ini juga akan membantu menjaga daya tahan hp Anda.

  1. Restart Lebih Baik

Alih-alih mematikan smartphone jika memang tidak terlalu dibutuhkan, pengguna disarankan untuk me-restart smartphone. Selain tidak membuang masa pakai baterai, me-restart smartphone Anda memiliki sistem yang hampir sama dengan ketika Anda mematikannya. Ini berarti membersihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan RAM ponsel cerdas Anda.

Namun tanpa reboot lagi, Android, iOS, dan Windows Phone modern sudah memiliki sistem manajemen RAM yang cukup bagus. Oleh karena itu, alasan untuk mematikan smartphone secara teratur juga berkurang.

Meskipun begitu, tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan cara restart. Ada beberapa kondisi di mana Anda harus mematikan hp untuk mengistirahatkan ponsel Anda sejenak. Jadi jika memang memungkinkan apalagi jika Anda sedang tidak menggunakan ponsel tersebut, tidak ada salahnya untuk mematikannya.

  1. Matikan Sebulan Sekali

Jika memang Anda tipe orang yang sangat sibuk dan ponsel pintar Anda juga harus menemani Anda, sebaiknya tetap luangkan waktu untuk mengistirahatkan smartphone Anda setidaknya minimal sebulan sekali. Bahkan jika memungkinkan, selalu matikan daya hp Anda kita akan melakukan pengisian daya. Ini juga bertujuan untuk mencegah overheat yang dapat merusak hp Anda baik itu performa maupun daya tahan baterainya.

Cara Mematikan iPhone 11 Dengan Tombol

Cara mematikan iPhone 11 memang agak rumit jika Anda memiliki beberapa seri atau yang lebih baru seperti iPhone 11 dan 11 pro dan 11 pro max. Pasalnya, tombol yang dulu disebut tombol power kini sudah berubah fungsinya.

Saat ini, tombol ini digunakan untuk mengaktifkan beberapa fitur penting seperti Apple Pay, Siri, dan fitur darurat SOS. Yang baru pertama kali menggunakannya pertama kali pasti akan bignung. Lalu bagaimana cara mematikan iPhone 11? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol daya.
  • Tekan dan tahan hingga tampilan Slide To Power Off muncul.
  • Kemudian geser ikon off ke kanan.
  • Kemudian iPhone 11 Anda akan mati secara otomatis.
  • Selesai

Cara Mematikan iPhone 11 dengan Face ID

Adapun cara lain yang bisa Anda coba gunakan yaitu:

  • Tekan dan tahan tombol samping.
  • Tekan tombol volume atas/bawah secara bersamaan.
  • Tekan dan tahan kedua tombol hingga menu geser muncul.
  • Seret menu geser tadi pada layar ke posisi mati.
  • Selesai.

Cara Mematikan iPhone 11 Tanpa Tombol Power

Jika Anda pengguna iPhone 11 dan 11 pro max, tetapi memiliki masalah tombol daya di mana beberapa metode di atas tidak dapat digunakan, ada metode lain yang tersedia sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang semuanya.

Karena iPhone 11 pro max bisa dimatikan tanpa menggunakan tombol power. Disini Anda bisa menggunakan fitur Assistive Touch yang sudah tersedia di perangkat iPhone. Langkah-langkahnya sangat mudah dan sederhana, yaitu:

  • Pertama, aktifkan fungsi Assistive Touch.
  • Jika ada, klik ikon Assistive Touch lalu pilih perangkat Anda.
  • Saat menu berikutnya muncul, tekan dan tahan layar kunci.
  • Setelah beberapa saat, akan muncul fase power off.
  • Pindahkan slide dan seret.
  • Selesai.

Pada langkah ini, Anda telah berhasil menyelesaikan cara mematikan iPhone 11, langkah ini juga berlaku untuk seri iPhone 11 lainnya. Untuk menyalakannya, tekan dan tahan tombol power hingga muncul logo iPhone.

Mematikan iPhone Melalui Menu Pengaturan

Cara ini bisa dilakukan di semua model iPhone lawas sampai terbaru, jadi bukan hanya bisa digunakan di iPhone 11 saja. Untuk langkah-langkahnya yaitu:

  • Buka menu Pengaturan (Settings).
  • Pilih menu Umum (General).
  • Pilih Matikan (Shut Down).
  • Geser tombol geser untuk menonaktifkan iPhone.

Cara mematikan iPhone 11 dapat dimatikan menggunakan tombol samping dan volume atau melalui menu pengaturan. Mematikan iPhone di menu pengaturan tersedia untuk semua iPhone, dari tipe yang lebih lama hingga yang lebih baru. Anda dapat melakukan hal yang sama pada iPhone yang menjalankan iOS 12, 13, 14, dan iOS 15 terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.