Mengatasi Printer Canon ip2770 Lampu Orange Berkedip 5 Kali

Printer Canon ip2770 Lampu Orange Berkedip 5 Kali –  Pixma ip2770 merupakan salah satu lineup printer dari canon yang menyasar di segmen entry level. Meski harganya murah, namun sudah bisa memenuhi beberapa kebutuhan. Cukup handal untuk sekedar mencetak dokumen atau bahkan untuk mencetak foto (tentu kualitas foto bergantung pada jenis tinta yang digunakan). Printer ini sudah mampu mengakomodir keperluan sehari hari entah itu tugas sekolah atau pekerjaan kantor.

Disamping memiliki sejumlah kelebihan, tentu saja printer ini juga tak lepas dari kekurangan. Salah satu kelemahan atau kekurangan Canon iP2770 adalah pada catridge yang kerap bermasalah. Baik itu yang kerap kotor ataupun minta ganti. Untuk harga catridgenya sendiri adalah sekitar Rp 100 ribu – Rp 175 ribu untuk catridge hitam sedangkan catridge warna kurang lebih harganya Rp 200 ribu – Rp 250 ribu. Nah error atau masalah pada catridge tersebut ditandai dengan lampu orange printer canon Ip2770 berkedip 5 kali.

mengatasi printer canon ip2770 berkedip 5x
mengatasi printer canon ip2770 berkedip 5x

Untuk diketahui saja, lampu orange atau kuning yang ada pada printer canon adalah sebagai lampu indikator. Ketika terjadi error atau masalah pada printer lampu tersebut akan berkedip/ blinking. Jumlah kedipanyapun bervariasi tergantung jenis kerusakanya. Misalnya lampu kuning kedip 7 kali berarti masalah pada ink absorber yang sudah penuh, lampu orange blinking 3 kali yang menandakan paper jam (kertas nyelip) atau lampu orange kedip 5 kali yang biasanya disebabkan chip catridge kotor. Lantas bagaimana cara mengatasinya? berikut solusinya

Cara Mengatasi Printer Canon ip2770 Lampu Orange Berkedip 5 Kali

Ketika lampu / led kuning berkedip lima kali lalu diakhiri lampu hijau kedip satu kali, menandakan masalah pada catridge. Penyebabnya biasanya chip terkena cipratan tinta seperti saat mengisi tinta ke catridge. atua memang sudah rusak sehingga sensornya menyarankan untuk penggantian. Sebelum memutuskan untuk mengganti baru, coba lakukan hal berikut:

membersihkan chip cartridge canon ip2770
membersihkan chip cartridge canon ip2770

Bersihkan Chip Catridge

  • Keluarkan kedua catridge dengan cara membuka atau mengangkat penutup printer keatas. Posisikan catridge ke tengah tengah, lalu lepas secara hati hati.
  • Di bagian belakang cartridge terdapat sebuah chip yang terhubung dengan motherboard untuk melakukan fungsi controlling dan monitoring. Saat kotor, maka motherboard akan mendeteksi jika terjadi masalah. Untuk itu ambil tisu kering lalu bersihkan bagian chip tersebut. Pastikan tidak ada tinta atau noda yang menempel. Jika kotoran sulit dibersihkan bisa menggunakan penghapus karet.
  • Pasangkan kembali cartidge ke printer secara hati hati, dan tutup kembali penutuhpnya. Bila perlu kamu bisa melakukan head clean, lalu silahkan dicoba untuk mencetak.

Reset Printer Canon Ip2770

Jika cara diatas belum berhasil, silahkan bisa dilanjutkan dengan cara kedua ini. Beberapa printer memang sudah menyediakan tombol fisik untuk mereset. Namun pada seri ip2770 ini tidak tersedia, jadi harus menggunakan sebuah software bernama  ip2770 resetter. Untuk melakukanya, silahkan baca tutorial yang sudah kami ulas sebelumnya. (Baca: Cara reset printer canon ip2770)

Ganti Cartridge sebagai solusi terakhir

Jika sudah dibersihkan dan direset, namun printer canon ip2770 masih berkedip 5 kali maka satu satunya cara adalah dengan mengganti baru. Namun ketahui dulu, cartridge mana yang bermasalah apakah hitam atau warna. Untuk mengetesnya ada satu cara yang bisa kamu lakukan yakni:

  • Lepas atau keluarkan cartridge hitam (B, Black)
  • Biarkan cartridge warna pada tempatnya
  • gunakan printer seperti biasa, abaikan jika ada peringatan cartridge tidak dipasang atau lainya. Jika lampu indikator tidak berkedip 5 kali, maka dipastikan cartridge hitamlah yang bermasalah.
  • Lakukan pengetesan juga pada cartridge warna.

Demikian tadi penyebab dan cara mengatasi printer canon ip2770 lampu orange berkedip 5 kali. Kesimpulanya masalah ini terjadi akibat cartridge yang error. Ada tiga cara penyelesainya yakni dibersihkan, direset dan juga ganti yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *