Lupa Password Shopee? Ini Solusinya

Posted on

Memiliki akun pada sebuah aplikasi, biasanya mewajibkan pengguna mendaftarkan username dan password yang akan di pakai setiap kali login.

Begitu juga ketika Anda membuat akun Shopee, jika lupa password Shopee tentu akan membuat bingung karena akses pada account tidak dapat dilakukan.

Apakah ada cara untuk mengecek kembali kata kunci tersebut, atau harus diganti dengan yang baru? Semua informasinya, wajib diketahui supaya ketika hal itu terjadi pada akun Shopee Anda maka tinggal melakukan instruksi yang tepat.

Karena pastinya sangat disayangkan, jika harus membuat akun baru sementara akun lama sudah banyak bonusnya.

jika lupa password shopee lakukan langkah tepat untuk mendapatkannya kembali

4 Langkah Ketika Lupa Password Shopee

Shopee sudah memberikan instruksi yang jelas, ketika penggunanya tiba-tiba lupa kata kunci pada akun mereka. Empat langkah tepat, harus dilakukan jika mau kembali membuka account tersebut dengan mudah.

  • Pastikan perangkat terhubung dengan jaringan internet
  • Buka aplikasi Shopee di perangkat Anda, lalu masukkan username atau nama pengguna di kolom tersedia.
  • Kosongkan kolom kata kunci, klik pada pilihan “lupa password?”
  • Anda akan diminta memasukkan alamat email atau nomor handphone yang didaftarkan saat akan menjadi member Pastikan tidak ada yang salah dalam memasukkan email maupun nomor, supaya prosesnya bisa berlanjut sampai tuntas
  • Untuk Anda yang pakai alamat email, tunggu email verifikasi penggantian kata kunci masuk ke alamat tersebut. Kemudian buka link yang diberikan, ketik password baru dan konfirmasi. Selanjutnya klik ok.
  • Untuk yang menggunakan nomor HP, maka tunggu kode verifikasi masuk melalui SMS ke nomor tersebut. Klik kode tersebut, lalu masuk ke halaman berikutnya untuk mengganti

Masalah yang sering terjadi adalah, ketika seseorang ternyata mendaftar menggunakan nomor telepon, sementara nomor tersebut sudah tidak aktif atau hangus. Tenang! Masih ada solusi bisa dilakukan yaitu :

  • pada halaman login, klik pada pilihan “nomor telepon berubah?”
  • Tunggu proses verifikasi lanjutan dilakukan oleh sistem
  • Jika berhasil, Anda akan masuk ke halaman formulir baru untuk memasukkan data nomor telepon baru tersebut.
  • Lanjutkan dengan langkah di atas, untuk melakukan pembuatan password baru supaya dapat kembali masuk ke halaman utama akun pribadi.

Cara ini juga dilakukan untuk penggantian password, jika Anda ingin menggunakan kata kunci baru. Lebih baik menggunakan nomor HP, sehingga prosesnya akan lebih mudah dan cepat.

Asalkan nomor teleponnya masih sama dengan nomor yang didaftarkan saat awal mendaftar dulu.

Bagaimana Cara Mengganti Password Akun Shopee?

ikuti langkah ini ketika lupa password shopee

Jika Anda sudah hampir lupa kata kunci akun marketplace dengan pengguna sudah mencapai ratusan juta ini ini, ada baiknya untuk segera menggantinya sebelum benar-benar lupa password Shopee.

Caranya juga sangat mudah, asalkan akun masih bisa diakses dengan cara normal. Baik itu menggunakan username berupa alamat email maupun nomor telepon.

  • Buka akun Shopee, tunggu sampai Anda masuk ke halaman utamanya
  • Pilih menu “saya” dengan logo gambar orang, terletak di pojok kanan bawah
  • Pilih opsi ubah profil, klik ok
  • Pilih menu ubah password, yang terletak paling bawah
  • Masukkan password digunakan saat ini, klik pada tombol “lanjut”
  • Ketik kata kunci baru sesuai keinginan, pastikan merupakan kolaborasi huruf dan angka dengan perpaduan huruf kecil dan besar.
  • Sekali lagi, masukkan kata kunci baru tersebut pada kolom di bawahnya
  • Klik ok, tunggu proses verifikasi dari sistem sampai mendapatkan notifikasi bahwa perubahan telah selesai.
  • Anda sudah bisa login menggunakan username dan kata kunci baru tersebut

Fungsi Password Pada Akun Shopee

Apa sebenarnya fungsi dari kata kunci? Secara umum adalah untuk mengamankan akun yang dimiliki pengguna dari tangan jahil. Oleh karena itulah, para member Shopee diminta membuat kata kunci yang sulit dilacak orang lain tapi mudah diingat pemilik account.

Fungsi selanjutnya adalah, untuk memastikan data di dalam account tidak mudah dibajak oleh pihak tak bertanggung jawab.

Mengingat saat ini sangat banyak hacker yang mencari berbagai cara untuk mendapatkan informasi privasi seseorang, kemudian digunakan untuk hal-hal negatif seperti penipuan.

Shopee sudah memiliki sistem keamanan aplikasi sendiri, menjamin keamanan informasi pengguna di dalam account masing-masing.

Bahkan ketika ada orang lain berusaha masuk ke sebuah akun, muncul notifikasi ke pemilik aslinya dan meminta mereka untuk segera mengubah password agar tidak kecolongan.

Kapan Harus Ganti Password?

Walaupun sudah memiliki tingkat keamanan cukup tinggi, tidak ada salahnya untuk melakukan penggantian password secara berkala. Setidaknya, ketika beberapa kondisi ini terjadi pada Anda.

HP Sering Dipakai Oleh Orang Lain

Ada kalanya satu HP dipakai oleh banyak orang, misalnya di rumah HP Anda juga dipakai oleh anak untuk menonton video dan belajar daring. Ada kemungkinan anak penasaran membuka aplikasi tersebut dan checkout atau belanja sendiri tanpa sepengetahuan Anda.

Begitu juga di kantor, ketika HP yang digunakan menjadi HP bisnis sebaiknya ganti kata kunci akun Anda secara berkala minimal sekali seminggu.

Perangkat Komputer Tidak Milik Sendiri

Di kantor dengan koneksi internet stabil, membuka marketplace di saat luang memang menyenangkan. Tapi, harus hati-hati ketika komputer atau perangkat tersebut juga digunakan oleh orang lain.

Pastikan mengganti password setiap kali selesai menggunakan application tersebut dan logout dengan cara yang benar.

Muncul Notifikasi Shopee Untuk Mengganti Kata Kunci

Ini adalah alarm bahaya, ketika muncul notifikasi bahwa ada upaya masuk ke account Anda. Segeralah ganti kata kunci untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nomor HP Saat Mendaftar Sudah Tidak Dipakai Lagi

Sebelum mengganti nomor HP dengan yang baru, sebaiknya alihkan terlebih dahulu akses akun ke nomor Baru sekaligus pakai kata kunci baru. Untuk menghindari penolakan akses masuk saat akan mencoba login.

Email Pendaftaran Tidak Aktif Lagi

Sama halnya dengan nomor HP, saat email lama tidak bisa digunakan dengan berbagai alasan maka saatnya ganti email untuk akses login Shopee sekaligus password nya.

Mengganti email tidaklah sulit, selama Anda sudah membuat alamat terbaru baik itu melalui Google, Yahoo, atau lainnya.

Trik Agar Tidak Lupa Password Shopee

Tidak ada orang yang ingin Lupa Password Shopee, dengan data penting seperti kata kunci dari account Shopee mereka. Tapi, jika hal itu terjadi dan akses ke email maupun nomor ponsel juga tidak ada maka mau tak mau harus membuat akun baru.

Sebelum itu terjadi, lakukan trik berikut.

  • Catat password di buku pribadi Anda, bisa juga disimpan menjadi nomor kontak khusus pada telepon genggam. Jadi, kapanpun lupa bisa langsung membuka buku atau kontak telepon untuk mencarinya.
  • Pilih password yang mudah diingat dan identik dengan Anda, orang tersayang, atau momen-momen penting lainnya. Namun kolaborasi angka dan hurufnya harus unik sehingga tidak mudah ditebak oleh siapapun termasuk orang terdekat sekalipun.

Apakah informasi di atas sudah cukup bagi Anda untuk dijadikan acuan, ketika lupa password Shopee dan ingin mengamankan kata kunci tersebut dari tangan jahil? Coba praktekkan agar dikemudian hari Anda tak perlu membuat akun baru hanya gara-gara forgot password.

Leave a Reply

Your email address will not be published.