6 Cara Mengatasi Laptop Mati Hidup Berulang-ulang – 100% AMPUHH!!

Posted on

Apakah kamu termasuk salah seorang pengguna yang sering mengalami masalah laptop mati hidup berulang-ulang? Jika iya, pasti hal ini akan menjadikan aktivitas penggunaan perangkat menjadi terganggu, bukan? Oleh karena itulah, di artikel berikut akan kita ulas secara lebih lengkap mengenai apa saja faktor penyebab masalah laptop tersebut dan tips mengatasinya.

Apakah Laptop Mati & Hidup Secara Berulang-ulang Hal yang Wajar?

Umumnya, tak sedikit pengguna perangkat laptop yang mana sering kali mengalami masalah laptop hidup dan mati secara berulang-ulang. Bagi kamu yang pernah mengalami masalah ini, maka perlu berhati-hati dan waspada. Pasalnya, bisa jadi hal ini menjadi pemicu kerusakan pada perangkat laptop yang kamu miliki.

Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa masalah laptop yang hidup dan mati secara berulang-ulang merupakan kondisi wajar terjadi dan sering kali dialami pengguna. Namun jika hal ini kamu biarkan secara terus menerus tanpa adanya perbaikan sama sekali, maka bukan tidak mungkin perangkat tersebut akan rusak dan tidak bisa lagi digunakan. Umumnya, kondisi laptop yang mati dan hidup secara berulang-ulang ini kebanyakan dialami oleh perangkat laptop lama.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa laptop baru terhindar dari masalah ini. Adapun kondisi laptop yang hidup dan mati secara berulang-ulang ini biasanya sering kali disebabkan karena adanya masalah pada daya listrik, baterai, komponen hardware yang panas dan lain sebagainya.

Faktor Penyebab Masalah Laptop Mati & Hidup Secara Berulang-ulang

Faktor Penyebab Masalah Laptop Mati & Hidup Secara Berulang-ulang

Sebelum kita mengulas lebih lanjut terkait cara mudah mengatasi masalah laptop yang mati dan hidup secara berulang-ulang, alangkah lebih baiknya untuk kamu tahu beberapa faktor penyebab yang menjadi pemicunya. Dengan tahu faktor penyebab masalah ini, maka kamu nantinya akan lebih gampang dalam mengatasi masalah laptop tersebut. Baik itu dengan melakukan perbaikan sendiri ataupun dibawa ke tempat servis.

Lantas apa sajakah faktor penyebab yang membuat laptop sering mati dan hidup secara berulang-ulang? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini kita bahas mengenai beberapa faktor penyebab masalah laptop mati dan hidup secara berulang-ulang yang perlu kamu perhatikan dan waspadai.

1.    Terjadi Masalah Pada Baterai

Salah satu masalah umum yang menyebabkan terjadinya permasalahan pada laptop yang sering mati dan hidup secara terus menerus yakni karena adanya masalah pada baterai. Perlu kamu ketahui, bahwa baterai sendiri umumnya akan sangat berdampak pada kinerja perangkat laptop. Sehingga jika hal ini terus menerus kamu biarkan tanpa adanya perbaikan sama sekali, yang ada akan menjadikan daya baterai cepat habis.

2.    Kinerja RAM yang Bermasalah

Perlu diketahui, bahwa RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu perangkat penting di perangkat laptop yang berguna sebagai tempat penyimpanan dan prosesor. Ketika komponen RAM pada perangkat laptop mengalami masalah, maka hal ini akan menyebabkan kinerja laptop menjadi menurun. Bahkan yang lebih parahnya lagi, layar laptop akan sering mengalami kondisi yang mati dan hidup secara berulang.

3.    Terjadinya Kerusakan Pada Motherboard

Motherboard sendiri umumnya merupakan sebuah papan sirkuit yang fungsinya dapat menghubungkan antara komponen  satu dengan komponen lainnya di perangkat laptop. Apabila kamu menemukan masalah kerusakan pada komponen motherboard ini, bukan tidak mungkin ini akan sangat berdampak besar pada baterai laptop. Bukan hanya itu saja, masalah kerusakan motherboard juga akan sangat rentan menjadi pemicu laptop hidup dan mati secara terus menerus.

4.    Masalah Sistem Operasi

Faktor penyebab perangkat laptop sering kali mati dan hidup secara berulang-ulang juga biasanya terjadi karena adanya masalah pada sistem operasi yang berjalan pada perangkat laptop tersebut. Tidak hanya itu saja, masalah laptop mati dan hidup yang berulang-ulang ini juga bisa saja terjadi karena adanya file di sistem yang mengalami kerusakan. Biasanya, solusi paling tepat dalam mengatasi hal ini akan dilakukan yang namanya proses install ulang sistem operasi di perangkat laptop.

5.    Adanya Masalah Komponen Hardware yang Overheat

Masalah overheat atau terjadinya panas berlebihan pada komponen laptop biasanya terjadi karena kipas pendingin di dalam laptop sudah tidak dapat berfungsi secara maksimal. Hal inilah yang menjadikan perangkat laptop terasa panas dan bahkan menyebabkan perangkat tersebut tiba-tiba mati dan hidup sendiri secara berulang-ulang. Umumnya, prosesor di dalam perangkat sudah dirancang untuk bisa melakukan emergency shutdown atau mematikan komputer otomatis jika terjadi kondisi tertentu demi mencegah kerusakan semakin parah.

6.    Terjadi Penurunan Prosesor Laptop

Adapun faktor penyebab lain yang menjadi pemicu perangkat laptop mengalami masalah mati dan hidup secara berulang-ulang yakni karena adanya penurunan prosesor laptop. Pada dasarnya, prosesor termasuk perangkat hardware yang sangat penting bagi laptop lantaran memiliki kegunaan untuk mengatur proses dan sistem di dalam perangkat laptop. Akan tetapi jika kondisi prosesor mengalami penurunan, maka hal ini bukan tidak mungkin akan menyebabkan layar laptop tiba-tiba mati dan hidup secara terus menerus.

Bagaimana Cara Mudah Mengatasi Masalah Laptop Mati Hidup Berulang-ulang?

6 Cara Mengatasi Laptop Mati Hidup Berulang-ulang - 100% AMPUHH

Dari beberapa informasi mengenai faktor-faktor penyebab laptop mengalami masalah mati dan hidup secara berulang-ulang, kamu tentu penasaran mengenai bagaimana cara mudah dalam mengatasinya, bukan? Tenang, untuk tips mengatasi masalah laptop mati dan hidup secara berulang-ulang bisa kamu ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini.

1.    Ganti Komponen Laptop yang Rusak

Cara mudah mengatasi masalah laptop yang tiba-tiba mati dan hidup secara berulang-ulang yakni dengan mengganti komponen laptop yang rusak dengan yang baru. Apabila hal ini tidak dilakukan, maka akan membuat perangkat laptop menjadi lebih berisiko mengakibatkan kerusakan pada bagian komponen yang lainnya. Adapun sebelum melakukan penggantian komponen laptop yang rusak, pastikan kamu lakukan pengecekan yang mana biasanya masalah yang terjadi ada pada power supply-nya.

2.    Perbaiki Sistem Operasi Laptop

Seperti yang tadi dibahas di faktor penyebab masalah laptop mati dan hidup secara terus menerus bisa jadi karena masalah pada sistem operasi yang berjalan di dalamnya atau sering dikenal dengan istilah corrupt. Biasanya hal ini dapat terjadi karena proses install dari sebuah software yang tidak dilakukan dengan benar atau tidak kompatibel dengan laptop kamu. Oleh karena itu, sebagai solusinya kamu perlu melakukan proses install ulang sistem operasi agar menjadikan laptop berjalan normal.

3.    Bersihkan Virus Secara Rutin

Tahukah kamu, bahwa virus dikatakan memiliki peran yang nyata dalam menyebabkan perangkat laptop sering kali mati hidup sendiri. Bahkan, virus yang sudah menyebar dengan tingkatan yang parah akan menyebabkan perangkat laptop menjadi lebih cepat panas dan kinerjanya menjadi lambat. Sebagai solusinya, disini kamu perlu menggunakan antivirus yang baik dan berkualitas serta melakukan update antivirus secara rutin untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut dari virus.

4.    Rutin Merawat Perangkat Laptop

Rutin Merawat Perangkat Laptop

Sebagai pengguna perangkat laptop, disini kamu tidak hanya tahu dalam memakainya saja tanpa tahu bagaimana cara merawat perangkat laptop yang baik untuk dilakukan. Hal ini lantaran sebuah perangkat laptop juga perlu dijaga dengan baik agar nantinya memiliki umur panjang dan kinerja yang diberikan dapat bekerja dengan lebih baik. Oleh karena itulah, dalam hal ini pastikan kamu untuk melakukan pembersihan secara rutin untuk menghilangkan debu yang ada di dalamnya.

5.    Ganti Baterai Lama dengan Baterai Baru

Dalam hal ini, baterai memiliki peranan penting sebagai pemasok daya jika sedang disambungkan ke listrik dan akan sering mengalami masalah drop jika sudah terjadi penurunan performa. Tentu saja, kamu tidak ingin jika di saat-saat penting perangkat laptop yang digunakan tiba-tiba mati lantaran baterai ngedrop dan habis, bukan? Oleh karena itulah, dalam hal ini kamu perlu melakukan penggantian baterai laptop dengan yang baru agar performanya dapat berjalan kembali secara normal.

6.    Bersihkan Sampah di Laptop

Cara mudah mengatasi masalah laptop yang kadang-kadang mati dan hidup namun terjadi secara berulang-ulang yakni dengan membersihkan sampah atau registry Windows di perangkat laptop. Hal ini bertujuan untuk menjadikan perangkat laptop tidak terbebani dengan sampah-sampah yang ada dan membuat performanya berjalan dengan lancar. Adapun setelah semua sampah dibersihkan, maka kamu bisa lakukan proses restart laptop dan melakukan proses scan perangkat laptop sebelum menggunakannya kembali.

Demikianlah informasi penting mengenai faktor-faktor penyebab laptop mati hidup berulang-ulang dan juga beberapa tips mudah cara mengatasinya yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *