Begini 2 Cara Cek Layar Vivo Paling Mudah dan Dijamin Akurat!!

Posted on

Cek layar Vivo menjadi salah satu hal paling penting untuk dilakukan ketika akan melakukan pembelian HP Vivo, khususnya ketika akan membelinya dalam kondisi bekas. Ini berguna untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada layar Vivo yang semakin parah. Nah, bagi kamu yang mungkin penasaran cara memeriksa layar Vivo, bisa simak informasinya berikut.

Sekilas Tentang Layar HP Vivo

Begini 2 Cara Cek Layar Vivo Paling Mudah dan Dijamin Akurat

Bisa terbilang, bahwasanya teknologi layar sentuh atau dikenal dengan istilah touchscreen saat ini sudah menjadi salah satu terobosan paling berhasil untuk diaplikasikan pada perangkat ponsel pintar. Hal ini tentu saja bisa kamu lihat sendiri di pasaran, dimana saat ini hampir seluruh HP merk Vivo sudah mengadopsi teknologi yang satu ini demi menarik penggunanya.

Bukan cuma itu saja, bahkan kini layar sentuh sendiri semakin lama mulai diaplikasi ke berbagai perangkat gadget lain. Baik itu mulai dari perangkat laptop, tablet, ATM dan lain sebagainya. Sehingga tidak mengherankan jika saat ini semuanya dikatakan sudah serba touchscreen untuk kebanyakan fasilitas pendukung pengguna.

Yang menjadi pertanyaan disini adalah, apakah sebenarnya layar atau touchscreen itu sendiri? Umumnya, layar atau touchscreen sendiri dikenal sebagai sebuah teknologi baru yang mana memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bisa memilih sebuah menu pada layar cukup dengan melakukan sentuhan menggunakan jari atau pen. Dengan demikian, maka penggunaannya dinilai lebih praktis bagi pengguna.

Bagaimana Cara Mudah Cek Layar Vivo dengan Hasil Akurat?

Setelah tadi kita membahas mengenai pengertian dari layar HP Vivo, kamu tentunya penasaran bukan mengenai bagaimana cara mudah melihat layar Vivo? Apalagi, cara ini banyak sekali dibutuhkan bagi para pengguna perangkat ponsel demi memudahkan dalam mendeteksi permasalahan pada layar Vivo. Khususnya bagi mereka yang ingin membeli ponsel Vivo dalam kondisi second atau bekas.

Adapun dalam melakukan pengecekan layar HP Vivo sendiri umumnya bisa dilakukan melalui dua cara. Baik itu dengan menggunakan aplikasi khusus maupun tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Dan dari kedua cara tersebut, proses pengecekan layar ponsel Vivo dinilai lebih mudah dan bahkan hasilnya dijamin akurat.

Agar kamu tidak semakin penasaran mengenai cara mengecek layar ponsel Vivo, maka bisa simak informasi selengkapnya di penjelasan berikut ini. Yang mana, kita akan mengulas cara mudah memeriksa layar Vivo dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi dengan hasil akurat.

1.    Cara Cek Layar HP Vivo Menggunakan Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek layar ponsel Vivo yakni dengan menggunakan aplikasi khusus bernama Sensor Box for Android. Dengan cukup menggunakan aplikasi ini, maka kamu akan tahu apakah kondisi layar HP Vivo tersebut dalam keadaan normal atau justru sebaliknya. Adapun untuk cara pemakaian dari aplikasi ini kamu bisa simak langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama, kamu bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi Sensor Box for Android di Google Play Store secara gratis. Atau kamu bisa klik pada link download berikut https://apkpure.com/id/sensor-box-for-android/imoblife.androidsensorbox.
  • Jika sudah, kamu tinggal install dan buka aplikasinya di perangkat ponsel.
  • Setelah itu, kamu hanya perlu membiarkan aplikasi Sensor Box for Android tersebut bekerja sebagaimana mestinya.
  • Nantinya, akan muncul beberapa test touchscreen dan kamu hanya perlu mengikuti semua tes tersebut.
  • Terakhir, kamu tinggal melihat hasil dari tes yang sudah diikuti tersebut. Apakah hasil tes tersebut menunjukkan layar HP normal atau justru sebaliknya.

2.    Cara Cek Layar HP Vivo Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi khusus bernama Sensor Box for Android di atas, kamu juga bisa mengecek kondisi layar HP Vivo dengan menggunakan kode dial khusus. Untuk kode dial yang bisa digunakan yakni kode *#800# dan juga kode *558#. Agar supaya kamu lebih paham, maka bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Kode Dial *#800#

Langkah-langkah cek layar HP Vivo dengan kode dial *#800# yakni sebagai berikut :

  • Pertama, buka menu Dial Pad di perangkat ponsel dan ketikkan kode *#800#.
  • Nanti, akan muncul sebuah hardware test guna mendeteksi apakah ada masalah pada hardware, salah satunya mengenai layar HP Vivo.
  • Kemudian, kamu pilih menu Engineer mode dan pilih Touchscreen & LCD Test.
  • Setelah itu, akan muncul kotak-kotak di layar ponsel dan kamu hanya perlu tap pada kotak tersebut.
  • Apabila nantinya kotak berganti warna menjadi hijau, ini menandakan bahwa tidak ada masalah pada layar HP Vivo. Sementara jika kotak tidak memberikan respon sama sekali, artinya ada masalah serius pada layar ponsel tersebut.
  • Kode Dial *558#

Hampir sama dengan kode dial *#800#, untuk mengecek layar HP Vivo menggunakan kode dial *558# juga bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah seperti berikut.

  • Langkah pertama, kamu hanya perlu masuk ke menu Dial Up dan ketikkan kode *558#.
  • Setelah itu, nantinya akan muncul halaman Factory Test berisi berbagai macam tes untuk memastikan bagaimana kondisi
  • Kamu nantinya hanya perlu memilih menu Engineering Test dan pilih Handwriting Test.
  • Untuk tes ini biasanya akan menggunakan metode sentuhan tangan. Dimana, bagian layar akan muncul tanda X.
  • Selanjutnya, kamu hanya perlu mengusap bagian yang berwarna. Jika semua tanda tersebut dapat disentuh, maka akan dilanjutkan ke tes berikutnya.

Apa Saja Faktor yang Menyebabkan Layar HP Vivo Rusak

Jika kamu sudah melakukan beberapa cara pengecekan layar HP Vivo di atas dan mendapati masalah pada layar, maka pastikan untuk segera membawa ke tempat servis secepatnya. Biasanya, masalah pada layar HP Vivo yang rusak ini sering kali disebabkan oleh beberapa faktor yang tidak disadari pengguna. Adapun beberapa faktor penyebab layar ponsel Vivo rusak di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Terjadi penekanan pada layar secara berlebihan
  • Meletakkan ponsel di dekat perangkat elektronik lainnya
  • Menyimpan ponsel di tempat yang sempit
  • Terkena paparan sinar matahari langsung
  • Sering kali terjatuh hingga menyebabkan layar menjadi retak
  • Tertindih dengan benda yang berat

Itulah tadi pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai cara mudah cek layar Vivo yang gampang dilakukan dengan hasil yang pastinya akurat. Baik itu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun tanpa menggunakan aplikasi sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *