Cara Kunci Sinyal dengan Kode Rahasia Oppo Jaringan 4G, Gak Pake Ribet!!

Posted on

Kode rahasia oppo jaringan 4G penting untuk diketahui guna menghindari perpindahan koneksi internet tanpa disadari. Perlu diketahui, jaringan 4G saat ini merupakan koneksi internet paling cepat. Nah, untuk mengetahui cara mengunci jaringan 4G pada HP OPPO, yuk simak ulasannya berikut.

Apa Saja Kode Rahasia Oppo Jaringan 4G?

Cara Kunci Sinyal dengan Kode Rahasia Oppo Jaringan 4G

Meski sudah banyak HP yang support 4G, namun keberadaan sinyal satu ini belum merata ke seluruh wilayah. Untuk itu, solusi terbaik untuk mengatasi perpindahan jaringan adalah dengan menguncinya. Adapun kode rahasia untuk mengunci jaringan 4G di HP OPPO, antara lain:

Gunakan menu pengaturan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengunci sinyal dan jaringan internet 4G LTE adalah mengaturnya lewat menu pengaturan. Cara satu ini dikatakan yang paling mudah hampir di semua varian HP OPPO. Beberapa langkah yang bisa diikuti untuk mengunci jaringan 4G, di antaranya:

  • Pertama, masuk ke dalam menu Pengaturan atau Setting pada smartphone.
  • Jika sudah, kamu tinggal pilih bagian SIM Ganda & Seluler.
  • Pilih kartu SIM yang digunakan untuk akses internet di HP OPPO.
  • Dalam hal ini, kamu bisa memilih SIM 1 atau SIM 2 sesuai dengan kartu mana yang ingin dikunci sinyalnya.
  • Langkah berikutnya, kamu dapat memilih jaringan yang ingin dikunci, yakni 4G.

Setelah jaringan 4G dipilih, maka internet di HP OPPO sudah memprioritaskan mencari sinyal tersebut. Apabila sinyal 4G pada smartphone belum terlihat, kamu harus mencari tahu penyebab yang mendasari.

Kode dial pad

Untuk mengunci sinyal 4G pada HP OPPO, kamu bisa menggunakan kode dial pad. Cara ini sudah sangat umum dilakukan untuk mengunci sinyal karena cukup mudah dan efektif. Langkah-langkah yang bisa diikuti untuk mengunci jaringan 4G dengan memakai kode dial pad, yakni:

  • Masuk ke menu Telepon terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, cukup ketikkan kode dial pad *#*#3646633#*#* atau *#*#4636#*#*.
  • Apabila sudah, maka layar akan secara otomatis di bawa ke menu Pengujian Jaringan Telepon.
  • Pada menu ini, kamu bisa memilih Informasi Telepon.
  • Kemudian, kamu tinggal mengatur jenis jaringan internet yang ingin digunakan menjadi 4G Only.
  • Tunggulah beberapa saat hingga sinyal internet berubah ke 4G LTE.

Terkadang, sinyal 4G pada HP OPPO tidak mendukung daerah-daerah tertentu. Karena itu, kamu bisa mengembalikan pilihan jaringan dengan memilih network default setting awal, yakni LTE/UMTS/GSM.

Cara Mengunci Jaringan 4G dengan Aplikasi

4G LTE Switch
4G LTE Switch
Developer: Plexa Apps
Price: Free
  • 4G LTE Switch Screenshot
  • 4G LTE Switch Screenshot
  • 4G LTE Switch Screenshot

Selain menggunakan kode rahasia, kamu bisa mengunci jaringan 4G pada HP OPPO dengan aplikasi bernama 4G Switcher. Beberapa langkah menggunakan aplikasi 4G Switcher untuk mengunci jaringan, antara lain sebagai berikut:

  • Pertama, download dan instal aplikasi 4G LTE Switch terlebih dahulu.
  • Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store.
  • Setelah aplikasi terunduh, segera buka dan pilih menu Pengujian.
  • Untuk mengunci jaringan menjadi 4G saja, pilihlah jaringan LTE Only.
  • Jika ingin mengetahui apakah penguncian jaringan sudah berhasil atau belum, kamu dapat melihat di bar status.
  • Sinyal yang berubah menjadi 4G artinya sudah berhasil.

Hal yang perlu diperhatikan ketika mengunci sinyal jaringan 4G adalah pastikan HP OPPO sudah support jaringan tersebut. Tak hanya itu, cari tahu juga apakah kartu SIM atau SIM Card yang digunakan telah mendukung jaringan LTE.

Apa Penyebab Sinyal 4G OPPO Lemah?

nomor pusat SMS Indosat - sinyal buruk

Smartphone yang canggih sekali pun pernah mengalami beberapa masalah, salah satunya sinyal melemah. Sinyal 4G pada smartphone, termasuk OPPO yang melemah biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor penyebab sinyal 4G OPPO lemah yang perlu diketahui, yaitu:

Faktor cuaca

Lemah atau kuatnya sinyal 4G pada HP OPPO adalah karena faktor cuaca yang terjadi saat itu. Penangkapan sinyal pada HP OPPO umumnya kurang baik ketika cuaca sedang hujan lebat yang disertai angin kencang serta petir.

Gangguan dari layanan operator jaringan

Suatu jaringan yang naik atau turun alias tidak konsisten dapat memicu hilangnya sinyal pada smartphone android. Hal tersebut dapat terjadi karena layanan operator jaringan yang kita gunakan sedang mengalami gangguan.

Selain itu, masalah lain pada program juga bisa berdampak pada penyebaran sinyal yang tidak merata. Untuk itu, apabila operator seluler sedang melakukan atau menambahkan fitur baru, kemungkinan smartphone akan muncul masalah no signal.

Tidak sedang dalam jangkauan jaringan

Penerimaan jaringan pada ponsel dan sinyal komunikasi sangat dipengaruhi oleh faktor lokasi tempat kita berada. Karena itu, jika kamu sedang berada di lokasi terpencil, seperti desa tertinggal, gunung, tempat bawah tanah, atau bangunan kedap udara, maka sinyal smartphone akan sulit menerima sinyal.

Bagaimana Cara Mengatasi Sinyal OPPO yang Lemah?

Sinyal Buruk

Dalam mengatasi sinyal 4G di HP OPPO yang melemah, cara terbaik adalah dengan menggunakan kode rahasia. Namun, jika kode rahasia tidak bisa digunakan, ada beberapa cara lain untuk mengatasi sinyal OPPO yang lemah, seperti:

Aktifkan mode pesawat

Apabila HP OPPO tidak memiliki sinyal dengan ditandai munculnya tanda silang pada status bar, maka coba aktifkan mode pesawat. Biarkan selama kurang lebih 8 detik dan menonaktifkan kembali mode pesawat untuk membuat sinyal kembali terbaca dengan sempurna.

Fitur mode pesawat atau flight mode ini digunakan sebagai cara paling mudah untuk merefresh jaringan yang ada. Apabila sinyal belum bisa terbaca, maka kemungkinan diakibatkan oleh penyebab lainnya yang lebih rumit.

Ganti mode jaringan

Cara mengatasi sinyal OPPO yang tidak muncul pada salah satu slot SIM Card adalah dengan mengganti mode jaringan. Trik satu ini dianggap paling efektif untuk mengatasi sinyal HP OPPO yang melemah dan sering hilang timbul.

Untuk mengubah mode jaringan, ada beberapa langkah mudah yang dapat diikuti. Pertama, masuklah ke menu Pengaturan dan cari Jaringan Seluler. Setelah itu, kamu tinggal aktifkan saja Sambungan Otomatis. Namun, jika jaringan masih tidak tersedia, kemungkinan disebabkan oleh slot SIM Card yang sudah rusak.

Restart HP OPPO

Cara mengatasi sinyal OPPO yang lemah selanjutnya bisa dengan melakukan restart pada smartphone. Dalam kondisi HP yang sudah tidak memiliki daya, tidak ada salahnya untuk melepas baterai dan pasang kembali.

Hal ini harus dilakukan sebelum menghidupkan smartphone agar jaringan bisa di refresh secara sempurna. Akan tetapi, jika HP OPPO yang kamu miliki memiliki jenis baterai non removable, maka tekan tombol mulai ulang atau restart untuk membuat sinyal kembali terlihat.

Cek kondisi kartu SIM

Untuk mengatasi sinyal 4G pada OPPO yang melemah, kamu bisa cek kondisi kartu SIM. Apabila ingin memastikan kondisi slot kartu SIM dalam kondisi normal, tidak ada salahnya untuk melepas SIM Card dan pasang kembali. Pastikan juga untuk melihat apakah kuningan pada kartu SIM rusak atau tidak.

Reset HP OPPO

Pada langkah ini, kamu disarankan untuk mereset HP OPPO jika masalah sinyal HP hilang total akibat virus atau penggunaan aplikasi pihak ketiga yang berlebihan. Cara untuk melakukan reset ke pengaturan awal, yakni dengan masuk ke menu pengaturan, kemudian Cadangkan & Setel Ulang, lalu kembali ke setelan Pabrik.

Sebelum melakukan reset pada smartphone, pastikan kamu sudah backup data yang penting terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, dengan melakukan reset maka semua data yang ada di dalam perangkat smartphone akan menghilang dan tidak bisa dikembalikan seperti semula.

Itu dia informasi terkait kode rahasia OPPO jaringan 4G yang bisa diikuti. Jika smartphone kamu kehilangan sinyal, pastikan untuk mengetahui penyebab yang mendasari agar penanganan bisa dilakukan dengan tepat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *