Apa Itu Kode PUK Telkomsel? Ini Penjelasan dan Fungsinya!


Kadangkala, tanpa sengaja kamu salah memasukkan PIN dari kartu Telkomsel kamu sehingga membuatnya terblokir. Supaya blokiran tersebut bisa dibuka, kamu butuh kode PUK Telkomsel. PUK adalah singkatan dari Personal Unblocking Key, yang berguna untuk melindungi nomor kamu.

Setiap kartu perdana yang dikeluarkan oleh provider seluler akan dilindungi dengan kode tertentu, yang disebut PUK. Bagi kamu yang ingin meningkatkan sistem keamanan, biasanya mengunci kartu dengan PIN. Sayangnya, bisa saja kartu terblokir karena kesalahan memasukkan PIN.

Kode PUK Telkomsel Adalah

Kode PUK Telkomsel

Meskipun fungsinya cukup penting, sayangnya, kebanyakan pengguna kartu seluler masih tidak begitu mempedulikan kode PUK. Padahal, ketika kartu seluler tidak sengaja terblokir, kamu harus memiliki kode PUK tersebut. Lalu, apakah yang dimaksud kode PUK itu?

PUK Telkomsel adalah kode unik yang dibuat oleh provider yang fungsinya untuk membantu pengguna kartu Telkomsel ketika kartunya terblokir. Kartu SIM yang terblokir tentunya tidak dapat digunakan, dan ini sangat merugikan kamu sebagai pengguna.

Kalau kamu mengaktifkan fitur PIN untuk kartu kamu, maka saat kamu salah memasukkan nomor PIN sebanyak 3x maka kartu akan terblokir. Cara membuka blokir pada kartu Telkomsel adalah dengan menggunakan PUK.

Cara Memperoleh Kode PUK Telkomsel

Sebenarnya kode PUK bisa dilihat pada kardus kemasan SIM Card ketika kamu membeli kartu perdana. Tapi biasanya, karena dianggap tidak penting, kardus SIM Card sudah dibuang tanpa mencatat kode PUK yang tertera. 

Jangan kuatir, karena kode PUK Telkomsel dapat diperoleh dengan beberapa cara berikut ini.

  • Lewat Veronica

Siapapun pasti sudah tahu bahwa Veronica adalah layanan asisten digital Telkomsel. Melalui Veronica ini kita bisa mendapatkan berbagai informasi terkait kartu SIM yang digunakan, termasuk kode PUK. 

Cara mendapatkan PUK Telkomsel lewat Veronica tidak sulit, kamu akses Veronica melalui media sosial (Facebook, LINE, WA, Telegram). Lalu tuliskan “Hai” dan “Info PUK”. Pilih metode verifikasi yang disediakan dan tunggu Veronica mengirimkan kode PUK.

  • Melalui *166#

Kalau malas untuk mengakses Veronica, kamu bisa memakai cara yang lebih mudah, yaitu lewat kode *166#. Lakukan panggilan pada nomor *166# dari nomor Telkomsel, lalu pilih “PUK”. Setelah itu, masukkan 16 digit angka yang ada pada bagian belakang SIM Card Telkomsel kamu.

Ikuti petunjuk yang diberikan untuk mendapatkan kode PUK Telkomsel yang kamu perlukan untuk membuka blokiran pada SIM Card.

  • Hubungi Call Center Telkomsel

Kamu bisa langsung menghubungi Call Center Telkomsel untuk mendapatkan kode PUK. Caranya sangat mudah, kamu tinggal ketik saja nomor 188 lalu lakukan panggilan. Setelah itu, pilih bahasa yang digunakan dan ikuti perintah yang diberikan supaya bisa memperoleh kode PUK.

Biaya untuk menghubungi Call Center Telkomsel cukup murah, yaitu hanya Rp300 setiap panggilan yang kamu lakukan.

  • Pergi ke Grapari Telkomsel

Cara terakhir yaitu dengan pergi mengunjungi Grapari Telkomsel terdekat. Kalau kamu tidak tahu dimana lokasi Grapari terdekat, tulis “Grapari terdekat” dan lanjutkan dengan “Share Location”. Kamu akan diberikan informasi dimana lokasi alamat Grapari yang terdekat.

Langsung saja datangi Grapari dan temui petugas CS di sana agar diberikan panduan untuk melakukan aktivasi ulang pada kartu Telkomsel yang terblokir. Cara ini cukup mudah dan cepat dibandingkan harus mencari kode PUK Telkomsel.

Mudah bukan, cara untuk memperoleh kode PUK kartu Telkomsel supaya kartu yang terblokir dapat segera dibuka. Kamu bisa memilih cara mana untuk mencari kode PUK Telkomsel yang dianggap paling mudah, cepat dan praktis.