3 Cara Membuat Kesimpulan Online Anti Ribet!!

Posted on

Cara untuk membuat kesimpulan online sekarang ini menjadi kebutuhan orang banyak. Tujuannya tentu untuk memudahkan menyelesaikan tugas dengan singkat. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan memberikan cara untuk membuat kesimpulan secara online.

Kesimpulan Online

Membuat suatu kesimpulan memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Maka dari itulah banyak orang yang mencari cara untuk membuat kesimpulan secara online untuk menyelesaikan tugasnya.

Salah satu cara tercepat dan juga paling mudah untuk membuat kesimpulan adalah dengan menggunakan website. Nah untuk itulah kamu memerlukan rekomendasi mengenai website untuk membuat suatu kesimpulan. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk memilih website mana yang akan kamu gunakan untuk membuat suatu kesimpulan secara online.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Membuat Kesimpulan Secara Online

3 Cara Membuat Kesimpulan Online Anti Ribet

Sebenarnya banyak sekali website untuk membuat suatu kesimpulan secara online. Akan tetapi pada kesempatan ini kami hanya akan memberikan beberapa daftar website yang bisa kamu gunakan untuk membuat kesimpulan secara online. Berikut Ini adalah rekomendasi website terbaik untuk membuat kesimpulan secara online:

1.         Summary Generator

Summary Generator

Kamu dapat memakai web untuk membuat kesimpulan secara gratis yaitu Summary Generator. Website ini bisa memudahkanmu membuat ringkasan dari kata yang telah kamu buat sebelumnya. Summary Generator memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan

Nah jika kamu tertarik menggunakan aplikasi ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Berikut ini adalah cara untuk menggunakan website Summary Generator:

  • ·         Buka dokumen yang kamu ingin buat kesimpulan.
  • ·         Copy tulisan yang akan kamu buat kesimpulannya.
  • ·         Buka website Summary Generator.
  • ·         Paste tulisan tersebut ke website Summary Generator.
  • ·         Tunggu website menampilkan kesimpulan dari tulisan yang kamu buat.
  • ·         Jika website telah menampilkan kesimpulan, kamu bisa meng-copy kesimpulan tersebut ke Microsoft Word.

Cara menggunakan website ini yang cukup mudah menjadikannya banyak digunakan orang untuk membantu pekerjaannya. Jika kamu tertarik untuk mencoba website ini kamu bisa mengunjunginya di https://summarygenerator.com/.

2.       EduBirdie

EduBirdie

Website kedua yang bisa kamu pakai untuk membuat kesimpulan secara online dengan gampang menggunakan EduBirdie. Website ini sebenarnya adalah merupakan sebuah website yang di gunakan untuk menulis esai bagi siswa. Tetapi pada website ini terdapat fitur untuk membuat kesimpulan.

Karena kelebihannya itulah banyak yang menggunakan website ini untuk membuat kesimpulan. Nah berikut ini adalah cara menggunakan EduBirdie untuk membuat kesimpulan secara online dengan mudah:

  • ·         Buka file yang kamu mau buat kesimpulannya.
  • ·         Copy tulisan yang kamu inginkan untuk dibuat kesimpulannya.
  • ·         Selanjutnya kamu buka website edubirdie.com.
  • ·         Klik Free Essay Writing Tools,
  • ·         Kemudian Generate Conclusion.
  • ·         Paste tulisan di kolom yang telah disediakan.
  • ·         Kemudian klik kesimpulan, tunggu sampai kesimpulan dibuat.
  • ·         Salin kesimpulan yang sudah dibuat, kemudian pindahkan ke dokumen.

Website ini sangat mudah untuk digunakan bagi pemula, karena fitur-fitur yang terdapat pada website tidak membingungkan dan jelas. Nah jika kamu tertarik untuk mencoba untuk menggunakan website ini kamu bisa mengunjungi website https://edubirdie.com/.

3.        Resoomer

Resoomer

Website terakhir yang dapat kamu pakai untuk membuat kesimpulan dengan cara online adalah Resoomer. Website ini cukup terkenal di kalangan para jurnalis, editor, penulis bahkan pelajar sekalipun. Hampir sama dengan website sebelumnya, Resoomer juga bisa memudahkan untuk membuat suatu kesimpulan.

Nah sebelum menggunakan website Resoomer ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu cara untuk menggunakan website ini untuk membuat kesimpulan. Karena itu, berikut ini adalah cara menggunakan website Resoomer untuk membuat kesimpulan:

  • ·         Buka dokumen yang kamu buat kesimpulannya.
  • ·         Copy tulisan yang kamu ingin buat kesimpulannya.
  • ·         Selanjutnya kamu buka website Resomer.com.
  • ·         Tempelkan tulisan tersebut pada kolom yang tersedia.
  • ·         Pilih opsi Resomer.com dan tunggu kesimpulannya dibuat.
  • ·         Salin kesimpulan yang sudah dibuat, kemudian pindahkan ke dokumen.

Karena kemudahan yang ditawarkannya tersebut, website ini menjadi disukai dan digunakan oleh banyak orang. Jika kamu tertarik untuk menggunakan website Resoomer kamu bisa mengunjungi website https://resoomer.com/en/.

Cara Membuat Kesimpulan Secara Manual

Membuat kesimpulan selain dengan menggunakan aplikasi, kamu juga bisa membuat kesimpulan secara manual. Nah berikut ini adalah cara membuat kesimpulan dengan cara manual yang bisa kamu lakukan:

·         Baca Lagi Tulisanmu

Pertama kamu harus paham apa yang kamu tulis dengan membaca ulang tulisanmu untuk kesimpulan. Apabila sekali membaca kamu tidak bisa memahami isinya, maka kamu harus membaca kembali hingga kamu benar-benar mengerti isinya.

·         Tulis Ide Pokok

Selanjutnya kamu harus menulis ide pokok dari tulisan yang  telah kamu buat sebelumnya. Tujuannya adalah kamu dapat dengan mudah menemukan kesimpulan dari tulisan yang kamu telah buat tadi. Maka dari itu menulikan ide pokok menjadi hal penting yang harus kamu lakukan dalam membuat kesimpulan.

·         Jangan Memakai Kata Yang Diulang-ulang

Kamu harus menghindari penulisan ulang dari tulisanmu sebelumnya. Maka dari itu kamu bisa melakukan parafrase namun tetap mampu menyampaikan inti tulisan yang kamu telah buat sebelumnya. Dengan begitu kesimpulan yang kamu buat sebelumnya dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca.

·         Pakai Teknik Untuk Pengambilan Kesimpulan

Untuk memudahkan kamu membuat kesimpulan, ada baiknya kamu menggunakan teknik untuk mengambil suatu kesimpulan. Ada 3 teknik untuk mengambil kesimpulan, yaitu metode deduksi, analogi, dan korelasi. Kamu bisa memilih mana teknik yang paling cocok atau yang paling kamu kuasai.

·         Tuliskan Pendapat Terkait Permasalahan Yang Ada

Untuk menulis kesimpulan, kamu bisa menuliskan pendapat pribadimu terhadap fakta yang ditemukan oleh penulis. Namun kamu harus mengingat jika pendapat yang kamu tulis bisa menguatkan data yang telah ada, sehingga tidak membuat konsep baru yang tentunya berbeda dari tulisan sebelumnya.

·         Jangan Menuliskan Sesuatu Yang Tidak Memiliki Kaitan Dengan Pokok Bahasan

Kesalahan paling sering dilakukan oleh penulis ialah sering kali penulis memaparkan ide di luar hasil tulisan yang telah dibuat. Karena menuliskan ide baru pada kesimpulan akan membuat pembaca dapat merasa kebingungan.

Nah jadi begitulah informasi mengenai cara untuk membuat kesimpulan online anti ribet yang harus kamu ketahui. Semoga informasi tersebut dapat berguna bagi kamu terutama bagi kamu yang ingin membuat kesimpulan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *