4 Alasan Kenapa Voucher Axis Tidak Bisa Digunakan Serta Cara Mengatasinya!!


Memakai voucher isi ulang atau pembelian paket internet di AXIS memang sangat mudah dan praktis. Wajar jika banyak pengguna yang membeli voucher untuk kebutuhan bulanan mereka. Meskipun begitu, banyak yang mendapat masalah voucher tidak dapat digunakan. Lantas, kenapa voucher Axis tidak bisa digunakan

Masalah seperti ini tentunya membuat banyak pengguna jadi bingung. Sudah beli voucher mahal-mahal di counter ternyata sampai di rumah tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Jangan khawatir, ketahui penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Kenapa Voucher AXIS Tidak Bisa Digunakan Seperti Biasanya

Cara memasukkan voucher Axis

Tentunya, ada banyak hal yang menjadi alasan kenapa voucher Axis tidak bisa dipakai dan digunakan seperti biasanya. Sebelum tahu cara mengatasi voucher yang tidak bisa digunakan, ketahui dulu penyebab kenapa voucher tidak dapat dipakai.

Berikut beberapa penyebab kenapa voucher Axis yang kamu beli tidak bisa dipakai secara normal :

1. Salah Memasukkan HRN

HRN merupakan kependekan dari Hidden Recharge Number atau yang disebut sebagai “nomor isi ulang tersembunyi”. Atau masyarakat awam sering menyebut HRN ini sebagai kode voucher. Kode voucher ini dapat ditemukan ketika sudah menggosok hologram pada voucher fisik yang kamu beli.

Pada layanan AXIS, entah itu isi ulang atau paket AIGO, HRN terdiri dari 16 digit angka yang tersembunyi di balik hologram sebelum kita menggosoknya. Kita dapat menggunakannya sebagai kode penukaran yang menentukan pulsa atau jenis kuota internet yang didapatkan.

Saat salah memasukkan kode di dalamnya tentunya membuat transaksi yang kamu lakukan menjadi gagal. Hal tersebut membuat kode tidak dapat digunakan. Inilah yang menjadi alasan kenapa voucher Axis tidak bisa digunakan. 

Oleh karena itu, kamu harus hati-hati saat memasukkan kode. Pastikan sudah mengecek kode dengan benar sebelum melakukan transaksi. Jangan terima voucher jika rusak karena mempengaruhi HRN yang akan dimasukkan nantinya.

2. Kode USSD Yang Digunakan Ternyata Keliru

Tidak sama dengan kebanyakan operator di Indonesia, kode USSD penukaran maupun redeem voucher fisik milik AXIS ternyata berbeda untuk setiap produk yang mereka tawarkan. Oleh karena itu, kita harus memastikan terlebih dahulu apakah sudah jenis paket yang dibeli sesuai dengan USSD atau belum.

Biasanya dua kode pengisian yang harus diperhatikan oleh pelanggan setia kartu AXIS. Diantaranya adalah kode *838*16_digit_HRN# yang digunakan untuk redeem paket AIGO. Atau *123*16_digit_HRGN# untuk melakukan pengisian ulang pulsa.

Pelanggan otomatis langsung gagal mengaktifkan voucher fisik AXIS apabila keliru ketika memakai kode USSD tadi. Misalnya menambahkan HRN AIGO dengan memasukkan kode *123*16_digit_HRGN# atau malah sebaliknya.

Jadi, pastikan kode USSD yang kamu gunakan untuk mengaktifkan voucher benar. Jika tidak, voucher tidak akan terdeteksi seperti yang kita mau.

3. Kesalahan Jaringan

nomor pusat SMS Indosat - sinyal buruk

Penyebab voucher Axis tidak bisa digunakan selanjutnya juga disebabkan karena kesalahan jaringan. Jadi, masalah ini kerap dialami oleh pelanggan Axis. Terutama saat musim hujan seperti sekarang. 

Agar dapat memastikan hal ini, kamu bisa mencoba kode HRN dari voucher yang didapatkan terlebih dahulu. Lakukan secara berulang-ulang dan pastikan mengikuti cara yang benar. 

Jangan lupa untuk memberikan sedikit jeda untuk setiap percobaan yang baru saja kamu lakukan. Atau bisa juga dengan berpindah ke lokasi lainnya untuk memastikan jaringan di tempat tersebut normal.

Ya, dikarenakan kesalahan jaringan umumnya terjadi di jangka waktu cukup lama. Hal tersebut tentunya membutuhkan jeda waktu sebelum bisa melakukannya lagi.

Kesalahan jaringan membuat semua layanan yang ada di Axis akan terganggu dan otomatis mengganggu kenyamanan pengguna. Salah satunya ketika kamu mengaktifkan voucher atau menikmati salah satu layanan internet dari Axis.

4. Sudah Tidak Berlaku

Masing-masing voucher fisik yang telah didistribusikan oleh provider AXIS tentunya mempunyai masa berlaku. Hal tersebut juga berlaku untuk setiap operator lain. Perlu diingat, setiap paket data mempunyai masa aktif yang berbeda.

Masa berlaku ini secara khusus menentukan hingga kapan kode HRN yang tertera dapat digunakan dan ditukarkan. Apabila sudah melewati tanggal yang tersedia di voucher, tentunya membuat voucher fisik AXIS tidak berlaku.

Inilah alasan kenapa voucher Axis tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, kamu bisa mengecek masa berlaku setiap voucher AXIS di kartu fisik setelah melakukan pembelian. 

Jangan sampai membeli voucher yang sudah melewati batas masa berlaku. Otomatis voucher kartu tersebut tidak dapat digunakan untuk menikmati seluruh layanan yang ditawarkan.

Cara Mengatasi Voucher Yang Tidak Bisa Digunakan

Sebenarnya tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengatasi voucher Axis yang tidak bisa digunakan. Pasalnya, ini adalah human error yang dilakukan oleh pengguna Axis.

Untuk mengantisipasi, sebelum melakukan pembelian atau pembayaran voucher, usahakan melihat masa berlaku voucher Axis terlebih dahulu. Pastikan jangan menerima voucher yang sudah melewati batas kadaluarsa.

Pasalnya, voucher tersebut tidak dapat digunakan dan artinya kamu rugi uang. Juga pastikan voucher fisik yang kamu dapatkan tidak robek atau rusak agar kode yang ada terbaca dengan baik.

Sekarang, sudah tahu kenapa voucher Axis tidak bisa digunakan? Mulai sekarang, kamu harus lebih berhati-hati saat membeli atau menggunakan voucher Axis, ya.