Evercoss R50A Winner Y2+ Power, Banyak Lebihnya Harga Murah Meriah

Posted on

Nama perusahaan elektronik asal Indonesia, Evercoss, pasti sangat familiar didengar. Bukan tanpa alasan, merek lokal ini telah ada sejak tahun 2008 dan hingga kini telah memproduksi ribuan produk tak terkecuali smartphone. Evercoss R50A menjadi salah satu seri HP yang cukup banyak diminati, karena memiliki sederet kelebihan namun dibandrol dengan harga miring.

Evercoss sebagai brand lokal menuangkan kreativitasnya melalui seri Winner Y2 Plus ini. Terbukti dengan performanya yang andal dan harga ramah di kantong, sehingga ponsel satu ini kerap diburu para pecinta HP murah. Bagi kamu yang tertarik untuk memilikinya juga, terlebih dahulu simak review lengkap terkait R50A di bawah ini.

Evercoss R50A Review

Evercoss R50A

Tampilan Bodi Sederhana

Dilihat dari desain bodinya, Evercoss tidak terlalu muluk-muluk ataupun menginstimewakan tampilan Winner Y2 Plus ini. Pasalnya tak jauh berbeda dari seri lainnya, casing HP ini menggunakan material berbahan plastik sederhana dengan finishing mengkilat. Di sisi sampingnya terlihat bezel alumunium yang umumnya dihadirkan di HP keluaran lama.

Di bawah panel layar terdapat beberapa tombol touchscreen seperti Home, Back, dan Navigasi. Di sisi atas terdapat kamera untuk selfie, dan di bagian samping kanan terdapat tombol Power, Volume Up serta Volume Down. Port untuk keperluan charging berada di bawah, sementara port untuk earphone diletakkan di sisi atas.

Beralih ke belakang bodi, kamu akan menemukan kamera utama beserta dua lampu flash di sisi kiri atas. Selain itu terlihat logo Evercoss berwarna metallic di bagian tengah bodi. Untuk speaker utama juga diletakkan di belakang casing tepatnya di bagian bawah.

Bobot HP ini sendiri sebesar 182,6 gram, dengan ketebalan yakni 10,7 mm. Untuk varian warnanya, pihak pabrikan menyajikan tiga pilihan warna yang bisa kamu pilih mulai dari Grey (abu-abu), White (putih), dan Black (hitam.)

Layar 5 Inci dengan Teknologi IPS

Untuk smartphone keluaran tahun 2016, seri R50A terbilang lumayan dari segi layar. Pasalnya tak hanya memiliki resolusi besar, namun juga disematkan panel canggih di dalam layarnya.

Mengusung layar dimensi 5,0 inci resolusi 480 x 854, Evercoss juga menyematkan teknologi IPS LCD (In-Plane Switching) dimana membuat tampilan warna terlihat natural dan berkualitas sehingga lebih sehat ketika dipandang mata. Selain itu warna yang natural juga membuat kamu menjadi lebih mudah dan nyaman ketika membuka gambar penting.

Meskipun biaya produksi untuk IPS LCD lebih murah dari Amoled, namun kualitasnya tak kalah unggul dari panel tersebut terlebih dari segi ketajaman warna serta pencahayaannya. Selain itu jika berbicara keawetan, layar dengan panel IPS cenderung lebih tahan lama karena lebih ramah dan bebas efek burn-in.

Tak hanya itu, panel layarnya juga telah dilengkapi dengan teknologi Proximity Sensor dan 3D Gravity yang merupakan sensor untuk mendeteksi apabila ada objek lain mendekat ke layar, contohnya ketika sedang menerima panggilan telepon dan HP didekatkan ke wajah.

 Baterai Kapasitas Besar

Spesifikasi Evercoss R50A

Dari segi daya HP, Evercoss R50A dibekali baterai dengan kapasitas cukup besar yakni 4350 mAh.

Dengan daya baterai sebesar itu, diklaim mampu menemani aktivitas penggunanya mulai dari nge-game, browsing, chatting, mendengarkan musik, dan lain-lain, hingga 2 hari untuk aktivitas ringan dan 1 hari untuk aktivitas berat. Namun sayang jaringan yang bisa digunakan di ponsel ini belum 4G LTE dan baru mendukung jaringan GPRS/ 3G/ HSDPA+/ GSM.

Selain itu baterai berkapasitas besar tersebut juga didukung dengan fitur Quick Charging, yang bisa dimanfaatkan pemiliknya ketika ingin mengisi ulang baterai secara cepat.

RAM Mumpuni

Didukung dengan prosesor Quad Core Spreadtrum SC7731 kekuatan 1.3 GHz, sehingga performanya cukup baik walaupun tidak terlalu menohok. Meskipun begitu dapur pacu tersebut didukung dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB yang bisa diperluas hingga 32 GB, terbilang cukup lumayan untuk ponsel lawas. Untuk sistem operasinya menggunakan OS 6.0 Marshmallow.

Ketika digunakan untuk keperluan gaming ringan hingga berat seperti Sky Gambler: Air Supremacy, Blackout, dan lain-lain, loading-nya terbilang cukup cepat. Di saat bermain pun grafisnya tidak pecah dan detail, kendala seperti error dan lag pun tidak terjadi. Sehingga smartphone ini juga cocok digunakan bagi mereka yang hobi bermain game online.

Kamera Berkualitas Baik Setelan Lengkap

Menyinggung soal kamera, Evercoss R50A Winner Y2 Plus ini juga dipasangi kamera yang tak kalah bagus dari ponsel lain sejenisnya. Kamera depan untuk keperluan selfie diberikan resolusi sebesar 5 MP, dengan fitur Fixed Focus serta LED Flash.

Sementara untuk kamera utama di bagian belakang beresolusi 8 MP Auto Focus dengan dual LED Flash. Sehingga ketika ingin mengambil gambar di tempat kurang pencahayaan atau redup, kameranya tetap bisa membidik dengan hasil yang baik.

Tombol menu yang ada di kamera terbilang lengkap untuk HP keluaran lokal mulai dari Gesture, HDR, Flash, dan kamera depan. Setelan kamera untuk foto pun cukup banyak sebut saja Zero Shutter Delay, Voice Capture, Face Detection, Smile Shot, Auto Scene Detection, Self Timer, Continuous Shot, Picture Size, Preview Size, ISO, hingga Shutter Sound.

Berlanjut ke setelan standarnya terdapat GPS Location Info, Exposure, Color Effect, Scene Mode, White Balance, Image Properties, dan Anti-flicker. Sementara untuk setelan video yang ada di sajian kamera R50A ini mulai dari EIS, Mircrophone, Audio Mode, Time Lapse Interval, dan Video Quality.

 Harga Murah Meriah

Ketika pertama kali diluncurkan di tahun 2016 silam, Winner Y2 Plus Power ini dibandrol dengan harga Rp 1 jutaan. Namun sekarang kamu bisa mendapatkannya di harga Rp 800 ribuan.

Fitur Lainnya

Tak hanya itu saja, masih ada banyak fitur lain yang tidak kalah memanjakan penggunanya mulai dari Document Viewer, Music and Video Player, Video Call / Chat, Proximity Sensor, 3D Gravity, Gesture Smart Access, GPS, Bluetooth 4.0, microUSB 2.0, hingga Dual SIM.

 Kelebihan Evercoss R50A

Evercoss R50A Real Foto

Berbicara tentang kelebihan, ponsel ini dilimpahi banyak keunggulan diantaranya :

  • Kapasitas baterai besar dilengkapi fitur Quick Charging.
  • Kamera resolusi besar, hasil cukup lumayan dan setelan lengkap.
  • Layar 5 inci dengan teknologi IPS LCD.
  • RAM mumpuni dan cocok untuk bermain game online.
  • Harga murah meriah di bawah Rp 1 juta.
  • Banyak fitur canggih lainnya seperti Document Viewer, Music and Video Player, Video Call / Chat, Proximity Sensor, dan lain-lain.

Kekurangan Evercoss R50A

Meskipun dibekali sederet kelebihan, namun smartphone satu ini juga memiliki beberapa kekurangan yaitu :

  • Casing menggunakan material plastik biasa, terlihat tipis dan ringkih.
  • Desain sederhana karena HP ini merupakan ponsel lawas keluaran tahun 2016.
  • Hanya dibekali 2 kamera.
  • Belum mendukung jaringan 4G LTE dan baru mendukung jaringan GPRS/ 3G/ HSDPA+/ GSM.

Itulah review tentang Evercoss R50A Winner Y2 Plus Power, HP baterai besar dengan harga murah meriah pas di kantong. Meskipun desainnya terkesan jadul, namun apabila digunakan sekedar untuk smartphone cadangan terbilang cukup lumayan dan layak dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.