Masih Terus Dikaji, Inilah Berbagai Keunggulan e-SIM Telkomsel!!


Sejak dua tahun terakhir, pengguna telepon seluler sudah bisa menikmati layanan tanpa SIM Card, hanya perlu e-SIM saja. Bagaimanakah dengan e-SIM Telkomsel, yang merupakan provider seluler pertama dan terbesar di Indonesia?

Sayangnya, sekalipun memiliki banyak keunggulan, tapi e-SIM belum disediakan oleh Telkomsel. Pihak provider plat merah ini masih terus melakukan pengkajian atas perlunya e-SIM sebagai pengganti kartu SIM fisik yang telah digunakan pelanggan selama ini.

Apa Itu e-SIM Telkomsel

Teknologi eSIM, Memungkinkan Sebuah Ponsel Memakai 3 Nomor Sekaligus

Meskipun belum tahu kapan meluncurkan e-SIM, tidak ada salahnya kalau kita pahami dulu apa e-SIM itu. E-SIM adalah singkatan dari embedded SIM, dimana komponen dari SIM tidak lagi dalam bentuk fisik, tetapi sudah langsung ditanamkan di dalam smartphone.

Saat ini telah ada beberapa merek telepon pintar yang menyediakan e-SIM, seperti iPhone, Samsung Z Flip, Samsung Fold 5G, dan lainnya. Keuntungan menggunakan e-SIM Telkomsel adalah kamu tidak perlu lagi membeli kartu perdana, tapi cukup beli nomornya saja kepada operator.

Teknologi seperti ini tentunya lebih canggih dan praktis, kamu tidak perlu lagi bersusah payah memasang kartu SIM pada HP. Tinggal datang saja ke penyedia layanan dan lakukan pembelian nomor tanpa kartu, karena komponennya telah ditanamkan pada sistem smartphone kamu.

Kelebihan Telkomsel e-SIM 

Memang hingga saat ini belum ada kejelasan kapan e-SIM Telkomsel akan diluncurkan. Namun, jika Telkomsel telah benar-benar mengaplikasikan e-SIM, maka banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh para pelanggannya.

Kelebihan menggunakan e-SIM dibandingkan dengan SIM fisik cukup beragam, inilah beberapa diantaranya.

  • SIM Tidak Rusak

Kalau diamati, makin lama produsen smartphone membuat slot SIM card dengan ukuran mikro yang termasuk kecil. Bagi pengguna kartu baru, mungkin ukuran kecil ini tidak masalah, karena sudah disediakan oleh provider.

Masalah sering dialami oleh mereka yang masih menggunakan kartu lama dengan slot SIM lebih besar. Artinya, kamu harus memotongnya agar sesuai dengan slot lebih kecil pada perangkat kamu. Risikonya adalah SIM card bisa saja rusak karena kamu tidak pas saat memotongnya.

Dengan e-SIM, kamu tidak perlu lagi repot memasang kartu pada slot yang kecil tersebut. SIM kamu otomatis akan terhindar dari kerusakan.

  • Pendaftaran Lebih Mudah

Keunggulan e-SIM selanjutnya adalah proses registrasi atau pendaftaran pengguna yang jauh lebih mudah. Proses pendaftaran kartu SIM baru selama ini cukup ribet, kamu harus memasukkan banyak data diri dan mengirimkannya melalui SMS.

Proses registrasi e-SIM dibuat jauh lebih mudah, sehingga pengguna bisa langsung menikmati berbagai layanan tanpa proses yang panjang dan ribet. 

  • Mengurangi Limbah

Murahnya harga kartu perdana membuat orang dengan mudah membeli yang baru dan membuang SIM lamanya. Jika dibiarkan seperti itu, lama kelamaan kartu SIM yang sudah tidak terpakai ini bisa menjadi sampah dan limbah yang merugikan. 

Kartu fisik tersebut biasanya akan dibuang begitu saja oleh penggunanya setelah nomor hangus atau hal lainnya yang membuatnya membeli SIM baru. Sampah ini bisa saja menjadi limbah yang mengganggu lingkungan suatu saat nanti.

  • Mudah Berganti Operator

Inovasi yang ditanamkan pada e-SIM membuat kita bisa berganti operator seluler dengan cara yang mudah. Kalau mungkin sekarang kamu bukan pengguna kartu Telkomsel, nantinya setelah peluncuran e-SIM Telkomsel, kamu bisa berganti operator lama dengan provider terbesar ini.

Telkomsel menyadari bahwa teknologi pada e-SIM dibuat untuk peningkatan layanan digital kepada pelanggan. Oleh sebab itu, provider BUMN tersebut masih terus melakukan pengkajian mendalam tentang kegunaan dan pentingnya e-SIM Telkomsel.