Yuk Cari Tahu 5+ Tips Download Kwitansi Word Gratis Berikut Ini!

Posted on

Tips download kwitansi Word gratis belakangan ini cukup diminati kalangan masyarakat lantaran sangat mendukung kegiatan transaksi jual beli. Dengan mengunduh kwitansi dalam bentuk format Word, maka kita nantinya bisa mengedit kwitansi tersebut sesuai keinginan. Nah, bagi kamu yang penasaran mengenai tips download kwitansi secara gratis, maka bisa simak informasi berikut.

Sekilas Definisi Tentang Kwitansi

download kwitansi Word gratis

Secara umum, kwitansi memiliki arti sebagai surat bukti penerimaan uang yang ditandatangani oleh penerima dan diserahkan kepada pembayar. Biasanya, kwitansi akan dilengkapi dengan keterangan tempat dan tanggal serta tujuan dilakukannya transaksi. Bahkan untuk memperkuat legalitas kwitansi biasanya akan ditambahkan materai di atasnya dengan ketentuan jumlah uang transaksi tertentu.

Apabila proses transaksi keuangan dilakukan tanpa adanya bukti pembayaran seperti kwitansi, ini akan memberikan dampak risiko yang besar di kemudian hari. Sehingga, tidak mengherankan jika kwitansi ini dinilai sangat penting lantaran dapat mencatat segala transaksi yang sudah dilakukan antara pihak pembayar maupun pihak penerima.

Sebagai bukti pembayaran yang sah, kwitansi sendiri umumnya memiliki banyak sekali jenisnya sesuai dengan penggunaannya. Yang mana di dalamnya biasanya terdapat keterangan lengkap mengenai nomor seri produk, tipe produk, alamat dari konsumen sampai dengan harga produk. Beberapa jenis kwitansi antara lain kwitansi transaksi produk, kwitansi bukti pembayaran, kwitansi transfer uang, kwitansi serah terima uang dan kwitansi cash receipt.

Apa Saja Fungsi / Kegunaan Kwitansi?

Pada umumnya, penggunaan kwitansi sangat diperlukan bagi pihak penjual maupun pembeli ketika mereka akan melakukan kegiatan transaksi jual beli. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan disini adalah, apa sebenarnya fungsi ataupun kegunaan dari kwitansi tersebut? Jika berbicara mengenai fungsi ataupun kegunaan kwitansi sendiri bisa dikatakan cukup banyak di antaranya yakni sebagai berikut :

1.    Sebagai Bukti Transaksi dalam Kegiatan Jual Beli

Salah satu fungsi utama dari kwitansi sendiri yakni sebagai bukti transaksi dalam kegiatan jual beli yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak, baik itu pihak penjual dan pembeli. Jika dilihat dari sisi penggunaannya bagi pelanggan, kwitansi ini dijadikan sebagai bukti kepemilikan atas produk yang sudah dibeli. Selain itu, adanya kwitansi ini juga dapat digunakan dalam hal penukaran atau pengembalian barang yang dibeli dan bahkan bisa dipakai untuk klaim garansi produk kepada penjual jika terjadi kerusakan.

2.    Dapat Mempermudah dalam Pencatatan Keuangan

Apabila tadi kita sudah melihat kegunaan kwitansi yang dilihat dari sisi pembeli, maka hal ini tidak jauh berbeda jika kita lihat kegunaan kwitansi dari sisi penjual. Dimana dengan adanya kwitansi ini dapat dijadikan sebagai dokumen untuk mempermudah dalam proses pencatatan keuangan usaha selama periode tertentu. Bisa dikatakan, bahwa kwitansi ini menjadi bukti kelengkapan pencatatan akuntansi yang mendukung adanya pencatatan transaksi jual beli.

3.    Sebagai Dokumen yang Sah di Mata Hukum

Adapun kegunaan lain dari adanya kwitansi ini sendiri yakni dapat dijadikan sebagai dokumen atau bukti transaksi jual beli yang sah di mata hukum. Oleh sebab itu, ketika nantinya terdapat gugatan atau masalah lain terkait transaksi jual beli yang dilakukan, maka bukti kwitansi ini bisa dihadirkan pada persidangan tersebut.

Bentuk dan Format Kwitansi yang Benar

Format Kwitansi yang Benar

Meskipun sudah banyak digunakan di pasaran, akan tetapi siapa sangka jika banyak orang yang belum mengerti mengenai format dan bentuk kwitansi yang benar. Bagi kamu yang mungkin nantinya akan membuat kwitansi, maka perlu memahami terlebih dahulu bentuk dan format kwitansi yang benar. Adapun beberapa bentuk dan format kwitansi yang benar umumnya memiliki beberapa elemen seperti berikut ini.

1.    Nomor Kwitansi

Memberikan penomoran dalam sebuah kwitansi sangatlah penting dilakukan, apalagi jika kegiatan transaksi yang dilakukan cukup banyak. Tujuan dilakukannya penomoran sendiri yakni untuk membedakan antara satu transaksi dengan transaksi lainnya. Sementara itu, untuk formatnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan.

2.    Tempat, Hari & Tanggal Kwitansi

Tidak hanya nomor kwitansi, tempat, hari dan juga tanggal kwitansi juga sangat penting dicantumkan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan bagi kamu dalam mengidentifikasi dan melacak transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya.

3.    Nama & Tanda Tangan Pihak Penyetor

Sangat penting untuk mencantumkan nama dan tanda tangan pihak penyetor / pengirim dengan jelas. Ini dilakukan bukan tanpa alasan lantaran setiap kwitansi sendiri biasanya wajib mencatat mengenai siapa yang memberikan uang beserta persetujuannya dalam bentuk tanda tangan.

4.    Nama dan Tanda Tangan Pihak Penerima

Tidak hanya identitas pihak penyetor saja yang perlu dicantumkan, identitas pihak penerima juga perlu dicantumkan dalam sebuah kwitansi. Adapun pihak penerima kwitansi disini biasanya berbentuk perorangan maupun perusahaan atau organisasi.

5.    Nominal Rupiah dalam Bentuk Angka

Pada bagian format kwitansi ini biasanya akan berisi nominal rupiah dan bentuk angka yang mana berisi sejumlah uang yang sudah dibayarkan oleh pihak penyetor.

6.    Nominal Terbilang

Selain dalam bentuk nominal angka, kamu juga perlu mencantumkan uang dalam bentuk terbilang atau dikenal dengan huruf. Alasan mengapa kamu perlu membubuhkan nominal terbilang yakni agar dapat meminimalisir kesalahan penulisan. Sebab ketika ada kesalahan kurang 0 dalam angka, maka hal ini nantinya bisa dikoreksi melalui nominal terbilang atau huruf.

7.    Tujuan Transaksi

Adapun dalam sebuah kwitansi sendiri biasanya terdapat keterangan mengenai tujuan transaksi yakni dalam bentuk “Untuk Pembayaran”. Biasanya, bagian ini akan memberikan informasi mengenai tujuan dari transaksi yang dilakukan baik antara pihak penyetor dengan pihak penerima.

Tips Cara Download Kwitansi Word Gratis Agar Bisa Diedit

Sebagai salah satu program aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna dalam membuat dokumen, Microsoft Word ternyata juga bisa kita gunakan untuk membuat kwitansi. Dimana dalam hal ini, kamu hanya perlu memanfaatkan fitur tabel yang terdapat di menu bar Microsoft Word. Adapun jika kamu menginginkan cara yang lebih praktis dan efisien dalam membuat kwitansi, maka bisa dengan mengunduh template kwitansi word secara gratis baru kemudian dilakukan pengeditan.

Yang menjadi pertanyaan disini adalah, bagaimana cara mudah mengunduh format kwitansi Word secara gratis? Tenang, bagi kamu yang mungkin baru tahu cara praktis ini bisa mengikuti beberapa langkah berikut dalam mengunduh format kwitansi Word gratis.

1.    Langkah–langkah Download Kwitansi Word

Mengenai cara mengunduh template kwitansi Word secara gratis, kamu bisa mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, kamu hanya perlu membuka link unduhan yang disediakan seperti di bawah ini https://drive.google.com/file/d/1TjgPY5HMLWngI_Y2tV7O51BG0wRPfDTl/view
  • Setelah itu, kamu bisa memperhatikan bagaimana format kwitansi Word tersebut.
  • Bagi kamu yang ingin mengunduhnya secara langsung karena sudah yakin untuk menggunakannya, maka tinggal klik gambar ikon panah ke bawah di bagian kanan atas layar.
  • Jika sudah, maka kamu hanya perlu menunggu sampai proses unduhan selesai dilakukan.
  • Ketika nanti template kwitansi Word sudah terunduh dengan sempurna, maka kamu tinggal membukanya.
  • Dan terakhir, kamu tinggal mengedit format kwitansi Word tersebut jika dirasa ada yang kurang sesuai kebutuhan.

Bagaimana Cara Membuat Kwitansi di Microsoft Word?

Bagi kamu yang ingin membuat kwitansi Word di Microsoft Word, maka bisa menyimak langkah-langkah berikut.

  • Pertama, silahkan kamu buka program aplikasi Microsoft Word di perangkat PC atau laptop dan buat halaman baru.
  • Kemudian, kamu tinggal klik menu Insert – Table dan arahkan kursor mouse pada kotak-kotak yang ada di bawahnya. Disini, kamu bisa membuat tabel dengan ukuran 2 x 1.
  • Setelah itu, atur tinggi dan lebar kolom dengan mengarahkan kursor pada garis, lalu klik kanan dan tarik ke bawah untuk memperbesar kolom yang dibuat.
  • Selanjutnya, lakukan cara sama pada garis tengah, klik dan tarik ke sebelah kiri hingga membentuk dua kolom dengan ukuran yang berbeda.
  • Jika sudah, kamu hanya perlu mengisi dengan format kwitansi yang terdiri dari nomor, tanggal dan lain-lain seperti kwitansi pada umumnya.
  • Berikutnya tinggal tambahkan kotak untuk tulisan Rp dengan cara klik menu Insert – Shapes, dan pilih Shapes Flowchart.
  • Terakhir, kamu hanya tinggal klik dan buat sesuai ukuran.

Jadi itulah tadi ulasan penting yang bisa kamu ketahui dan pahami mengenai tips cara mudah download kwitansi Word gratis di internet. Dengan mengetahui cara ini, maka kamu nantinya akan lebih mudah dalam membuat kwitansi Word untuk mendukung transaksi jual beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *