Cara Sematkan Chat WA di iPhone Mudah

Posted on

Whatsapp saat ini adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer oleh orang-orang di Indonesia. Terbukti dari banyaknya pengguna dari berbagai daerah yang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi bukan hanya pada smartphone Android mereka namun juga pada smartphone iPhone mereka. Lalu pertanyaan yang sering diajukan juga yaitu cara sematkan chat WA di iPhone.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Dan pengguna hanya perlu mendaftarkan nomor. WhatsApp hadir dengan berbagai banyak fitur sebagai aplikasi perpesanan, seperti mengirim pesan (teks, suara, video), membuat cerita, membuat grup, berbagi kontak, dan lainnya dengan berbagai fitur obrolan yang keren salah satunya yaitu fitur sematkan chat.

Fitur ini digunakan untuk menyematkan chat (baik private maupun grup) agar selalu di atas. Ini sangat berguna untuk obrolan yang sangat penting seperti mengobrol dengan grup kantor, mengobrol dengan pelanggan, dll. Dengan begini Anda bisa langsung melihat pesan penting di paling atas halaman chat dan lebih mudah membalasnya.

Lalu, bagaimana cara menyematkan obrolan WhatsApp untuk pengguna iOS? WhatsApp memang dihadirkan bukan hanya untuk pengguna Android namun juga untuk pengguna iOS yang membutuhkan WhatsApp untuk kebutuhan mereka baik itu pribadi maupun bisnis. Jadi, dengan panduan ini maka akan dibahas langkah-langkah untuk menyematkan obrolan Whatsapp dengan cepat dan mudah.

Fungsi Sematkan Chat WhatsApp

Penyematan Obrolan WhatsApp di iPhone memungkinkan pengguna untuk menyematkan obrolan penting ke bagian atas daftar obrolan mereka. Hal ini membuat pesan akan selalu di atas dan tidak akan tergeser ke bawah meskipun ada pesan baru yang masuk.

Pengguna dapat membuat hingga 3 Pin dalam obrolan pribadi dan grup. Obrolan yang disematkan akan muncul simbol disematkan di sebelah kanan. Saat disematkan, obrolan selalu di atas dan tidak bergerak ketika obrolan baru muncul. Dengan cara ini Anda tidak perlu menggulir dan mencari percakapan penting di bagian bawah.

Tentunya hal ini akan mempermudah dan mempercepat dalam merespon chat dengan orang yang Anda anggap penting apalagi jika Anda juga tidak ingin ketinggalan informasi grup sehingga bisa Anda sematkan di paling atas kolom chat.

Namun apakah Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara sematkan chat WA di iPhone? Tidak perlu khawatir karena caranya pun sangat mudah mengingat WhatsApp mengutamakan kemudahaan bagi para penggunanya.

Cara Sematkan Chat WA di iPhone

Adapun langkah-langkah cara menyematkan chat wa di iPhone yaitu:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di device iPhone Anda.
  2. Cari dan pilih chat wa yang ingin disematkan ke atas.
  3. Geser ke kanan di bagian Obrolan / Chat.
  4. Kemudian pilih Sematkan.

Anda sekarang telah berhasil menyematkan percakapan ke bagian atas daftar obrolan. Bisa terlihat dari bagian atas kolom chat yang sudah ada chat yang baru saja Anda sematkan. Perhatikan bahwa Anda tidak boleh menggeser sepenuhnya ke kanan obrolan karena dapat mengubah tindakan yang dapat menyebabkan pesan ditandai sebagai telah dibaca atau belum dibaca. Jadi, geser sedikit hingga Anda melihat tombol sematkan atau pin.

Cara Melepas Pin Chat WA di iPhone

Lalu jika Anda sudah mengetahui cara menyematkan chat di bagian atas obrolan WA iPhone, pertanyaan berikutnya yaitu bagaimana cara melepasnya. Tentu saja ada saatnya di mana pesan yang telah Anda sematkan ingin dilepas karena memang merasa tidak terlalu dibutuhkan lagi atau ingin menghapus yang lama dan mengganti dengan chat baru.

Misalnya seperti grup lama yang diganti dengan grup baru. Caranya juga hampir sama dengan ketika Anda menyematkan sematan / pin tadi yang cukup sederhana. Untuk langkah-langkah melepas sematan chat WA di iPhone yang bisa Anda ikuti yaitu:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Kemudian pilih tab Obrolan / Chat.
  3. Geser pesan yang disematkan ke kanan untuk membuka menu.
  4. Pada menu yang muncul, pilih lepas chat.
  5. Selesai.

Kini chat yang sudah Anda sematkan sebelumnya sudah tidak muncul lagi di bagian atas ruang obrolan WA Anda. Dengan begitu Anda bisa menambahkan sematan baru atau dibiarkan saja.

Berapa Jumlah Chat yang Bisa Disematkan di WA?

Tentu banyak juga yang bertanya berapa total chat yang bisa disematkan pada halaman obrolan WA. Jawabannya adalah 3. Hanya saja fitur obrolan ini terbatas pada 3 kontak obrolan WhatsApp di perangkat Android dan iPhone.

Aturan ini tidak hanya berlaku untuk WhatsApp biasa, tetapi juga untuk WhatsApp bisnis. Jika Anda ingin menyematkan lebih dari 3 obrolan, Anda akan melihat peringatan “Anda hanya dapat menyematkan hingga 3 obrolan”. Maka dari itu jika Anda ingin menyematkan obrolan baru, Anda harus menghapus atau menghilangkan sematan pada obrolan lama terlebih dahulu mengikuti cara sematkan chat WA di iPhone di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *