Cara Reset HP Xiaomi 5A

Posted on

Xiaomi adalah raksasa teknologi yang produknya sangat digandruingi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Keunggulan yang dimiliki oleh Xiaomi yang sulit untuk dikalahkan oleh kompetitornya adalah Xiaomi mampu menghasilkan smartphone yang memiliki spesifikasi yang tinggi namun harga jual yang sangat murah.

Namun sebagus apapun HP Xiaomi yang anda miliki pastinya seiring dengan waktu peforma HP Xiaomi anda akan semakin menurun. Ini adalah hal yang sangat wajar terjadi. Tak hanya pada smartphone Xiaomi saja, namun juga pada smartphone merek lainnya juga.

Penurunan perofma ini disebabkan oleh banyaknya data yang tersimpan dalam memori internal sehingga dapat membuat HP Xiaomi anda menjadi lambat. Selain itu adanya malware dan virus juga turut serta dalam menurunkan peforma HP Xiaomi.

Sekilas Tentang HP Xiaomi 5A

HP Xiaomi 5A

Melalui Xiaomi 5A, Xiaomi mendobrak stigma tentang HP murah sebab pada perilisannya Xiaomi sempat membuat heboh dengan merilis HP Xiaomi 5A yang menawarkan smartphone 4G dengan harga resmi Rp. 999.000.

Dari desain sangat mirip dengan desain khas HP Xiaomi pada umumnya unntuk kelas menengah kebawah. Meskipun terlihat sederhana namun bungkus material luarnya menggunakan polycarbonate dan alumunium yang terlihat tidak murahan. Dengan ukuran layar sebesar 5 inchi membuat HP Xiaomi 5A ini dapat diguankan dengan satu tangan.

Dari spesifikasi, Xiaomi 5A dilengkapi dengan Snapdragonn 425 yang dilengkapi GPU Adreno 308. Untuk memorinya berkapasitas 16 GB dan RAM-nya berukuran 2GB. Dengan spesifikasi seperti ini sudah sangat mumpuni untuk mereka yang suka bermain game.

Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Memulai

Cara Reset HP Xiaomi 5A

Sebelum melakukan reset HP Xiaomi 5A maka anda harus terlebih dahulu melakukan beberapa persiapan diantaranya adalah melakukan backup atau memindahkan data dari HP Xiaomi 5A anda ke tempat lain yang lebih aman.

Proses reset HP Xiaomi 5A dilakukan dengan cara menghapus seluruh data yang ada di HP Xiaomi 5A sehingga sangat penting untuk memindahkan data atau membackup data sebelum melakukan reset.

Beberapa data yang sebaiknya direset adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan backup file penting seperti foto, video, dokumen, atau file lainnya yang penting ke komputer, hardisk, atau di layanan cloud seperti Google Cloud, Dropbox, dan lain sebagainya.
  2. Membackup riwayat chat dari aplikasi perpesanan.
  3. Mencadangkan data aplikasi secara manual agar data aplikasi tak hilang setelah dilakukannya reset.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah dalam melakukan reset tak boleh dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan sebab jika salah maka akibatnya bisa cukup fatal yang berakhir pada kerusakan HP Xiaomi 5A.

Masalah yang bisa dialami oleh HP Xiaomi 5A adalah bootloop yaitu keadaan saat HP Xiaomi 5A gagal melakukan booting. Ini adalah keadaan yang ditakuti oleh pengguna Xiaomi 5A yang disebabkan oleh kegagalan saat melakukan reset.

Oleh sebab itu lakukanlah panduan dalam tutorial ini secara benar dan tepat.

Reset HP Xiaomi 5A Melalui Menu Setting

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik dengan Menu Setting

Cara reset HP Xiaomi 5A yang pertama adalah dengan melakukannya melalui menu setting atau pengaturan. Cara ini adalah cara paling mudah untuk dilakukan. Pastikan anda telah melakukan pencadangan data atau backup sebelum melakukan tutorial ini.

  1. Pertama, buka menu setting atau pengaturan.
  2. Buka Additional Setting atau Menu Lainnya.
  3. Setelah itu klik sub menu Backup dan Reset.
  4. Kemudian klik Factory Reset atau Kembalikan Ke Setelan Pabrik.
  5. Pilih Reset Phone lalu lakukan konfirmasi dengan memilih hapus.
  6. Tunggu prosesnya berjalan hingga selesai.

Setelah proses reset dilakukan maka anda akan masuk ke menu pengaturan home screen persis seperti saat anda pertama kali menyalakan ponsel.

Cara Reset HP Xiaomi 5A Melalui Recovery Mode

Cara Melakukan Reset HP Xiaomi Melalui Recovery Mode

Cara selanjutnya adalah dengan recovery mode. Recovery mode dikenal juga sebagai Hard Reset. Namun pastikanlah bahwa sebelum recovery mode dilakukan maka sebaiknya pastikan bahwa HP dalam keadaan penuh atau minimal penuh 50%.

Ini dilakukan agar proses reset dapat bejalan dengan lancar. Adapun tutorialnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama matikan terlebih dahulu perangkat Xiaomi 5A anda.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol power dan volume + secara bersamaan sampai muncul logo Xiaomi 5A.
  3. Setelah itu pilih opsi bahasa Inggris.
  4. Lakukan Hard Reset (Wipe Data) dengan memilih Wipe Data/ Reset Factory.
  5. Selanjutnya pilih All Wipe Data kemudian konformasi dengan menekan tombol Yes.
  6. Selanjutnya proses Hard Reset (Wipe Data) akan dimulai.
  7. Jika proses telah selesai maka lakukan Reboot pada Xiaomi 5A anda.

Hard reset biasanya dilakukan oleh orang yang kehilangan password atau pola HP nya. Cara untuk mengemablikannya adalah dengan melakukan reset pabrik sekalipun akan kehilangan semua datanya.

Manfaat Reset HP Bagi Xiaomi 5A

Melakukan reset HP Xiaomi 5A ternyata bisa memperoleh beberapa manfaat sekaligus. Berikut beberapa manfaat melakukan Reset HP:

  1. Membersihkan Ruang Penyimpanan Internal

Manfaat besar yang diperoleh dengan melakukan reset adalah ruang penyimpanan internal akan menjadi semakin besar dan lega. Sekalipun ruang penyimpanan dapat ditingkatkan dengan cara menambah penyimpanan internal namun kenyataannya memori internal lebih sering diandalkan ketimang memori eksternal.

  1. Membuat Performa HP Menjadi Lebih Lancar

Ini terkait erat dengan poin sebelumnya. Jika memori internal telah menjadi lebih luas maka itu artinya akan semakin banyak data yang dapat disimpan nantinya. Biasanya aplikasi menyimpan datanya di memori internal. Semakin lama aplikasi digunakan maka akan semakin banyak data yang dikumpulkan. Data yang dikumpulkan ini akan membuat kinerja HP menjadi semakin lambat. Dengan menghapus data yang tersimpan maka peforma HP akan menjadi semakin baik.

  1. Berguna untuk Menghapus Virus dan Juga Malware

Salah satu manfaat utama yang dapat diperoleh dengan melakukan reset adalah dapat menghapus semua virus dan malware yang bersarang di HP. Reset adalah kegiatan menghapus semua data yang ada di HP dan melakukan seting ke pengaturan pabrik.

Saat proses penghapusan data maka virus dan malware ini akan ikut terhapus. Virus dan malware adalah salah satu penyebab utama dan berkontribusi besar dalam rusaknya HP. Sebagian orang bahkan tak menyadari bahwa HP Xiaomi 5A nya mempunyai malware dan virus didalamnya yang turut serta dalam menurnkan peforma HP.

Kesimpulan

Xiaomi 5A adalah HP yang bagus namun meskipun demikian bukan berarti HP ini tanpa kendala. Salah satu cara untuk mengatasi segala macam masalah yang ada dalam HP Xiaomi 5A adalah melakukan reset. Reset dilakukan dengan dua cara yaitu dengan melalui menu sering dan hard reset. Dengan melakukan reset maka akan banyak hal yang dapat diperoleh diantaranya adalah dapat membasmi virus dan meningkatkan peforma HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *