Cara Reset Epson LX-310

Posted on

Jika printer Epson LX-310 anda mengalami error yang ditandai dengan munculnya kedipan pada lampu indikator dan diikuti oleh printer yang tak dapat merespon perintah termasuk tak dapat mencetak dokumen maka anda harus membaca tulisan ini sampai habis karena dalam artikel ini akan dijelaskan secara rinci dan lengkap mengenai cara reset printer Epson LX-310.

Cara Reset Epson LX-310

Epson adalah merek printer yang tangguh termasuk printer Epson LX-310. Namun meskipun demikian tetap saja printer Epson LX-310 bisa mengalami sejumlah masalah yang membingungkan pemiliknya.

Jika printer Epson mendapati terdapat adanya masalah maka lampu indikator akan menyala berkedip sebagai peringatan. Peringatan ini adalah indikasi adanya error pada bagian baik itu software maupun hardwarenya.

Sekilas Tentang Epson LX-310

Printer Epson LX-310 adalah printer yang diperuntukan bagi pasar low-end sampai high-end. Printer Epson LX-310 ini jauh lebih cepat ketimbang printer pada umumnya sebab dilengkapi dengan input data 120 Kb.

Oleh karena ditargetkan untuk pasa high-end pula maka printer ini dipasangkan dengan 9-pin. Dengan demikian maka printer akan mampu mencetak dengan kecepatan tinggi namun kualitas yang dihasilkan sangat bagus.

Printer ini sangat mudah sekali untuk dioperasikan karena telah dilengkapi dengan driver. Printer ini dilengkapi dengan 4 tombol dan 5 LED.

Kapan Printer Epson LX-310 Harus Diereset?

Sebagian besar masalah error pada printer Epson yang ditandai dengan tak dapat merespon perintah dan tak dapat melakukan print adalah karena disebabkan oleh waste ink full yang berakibat pada over ink pad counter atau counter pembuangan tinta yang telah penuh.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak Epson menciptakan sistem dimana ketika printer telah mencetak dalam jumlah tertentu maka sistem harus seting ulang agar kembali ke setelan awal, penghitungan jumlah cetak dokumen atau print akan bermula dari 0 kembali.

Hal ini diberlakukan agar kualitas cetak printer Epson senantiasa terjaga dengan baik. Selain itu sistem akan terus diperbarui setiap periode penggunaan tertentu. Dengan demikian maka printer akan menjadi semakin awet dan kualitas cetak akan terjaga dengan baik.

Cara Reset Printer Epson LX-310

Cara melakukan reset Epson LX-310 cukup mudah dan sederhana. Namun meskipun demikian anda tetap harus melakukannya dengan benar dan tepat sebab jika tidak maka dikhawatirkan akan timbul masalah yang jauh lebih besar nantinya.

Oleh sebab itu maka anda maka anda membutuhkan panduan cara reset printer Epson LX-310 agar dapat melakukannya dengan benar. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan langkah demi langkah cara mudah untuk melakukan reset Epson LX-310.

Dengan mengetahui cara melakukan reset Epson LX-310 anda tak perlu mendatangi tukang servis printer untuk memperbaiki printer anda sehingga anda dapat menghemat waktu, tenaga dan uang.

Pada dasarnya terdapat dua cara melakukan reset printer Epson LX-310 yaitu dengan cara manual dan dengan cara menggunakan reset Epson LX-310. Sebaiknya gunakanlah cara manual terlebih dahulu sebab cara manual lebih mudah dan sederhana jika dibandingkan dengan cara reset Epson LX-310 dengan menggunakan software dimana anda harus mendownload, melakukan instalasi dan melakukan konfirugasi melalui komputer.

Cara Reset Printer Epson LX-310 Secara Manual

Cara reset Epson LX-310 secara manual tanpa menggunakan aplikasi dilakukan dengan cara menekan tombol tertentu pada printer, dengan cara tertentu, dan dalam durasi tertentu.

Apa yang dijelaskan disini berdasarkan pada buku maual book yang didapatkan dalam paket pembelian Epson LX-310. Anda dapat membuka buku manual book Epson LX-310 ini untuk melihat dan memastikan cara melakukan reset Epson secara manual.

Adapun cara reset Epson LX-310 secara manual dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Pertama cabut terlebih dahulu kabel power printer selama minimal 5 menit lalu pasang kembali.
  2. Hidupakan printer dengan tombol power namun dibarengi dengan menekan tombol resume secara bersamaan. Tekan dan tahan printer selama 5 detik lalu lepaskan.
  3. Ulangi dengan menekan dan menahan tombol power dan resume selama 3 detik lalu lepaskan.
  4. Setelah melakukan cara diatas maka printer akan melakukan reset secara otomatis selama beberapa menit.

Apabila proses reset telah selesai dilakukan maka printer akan kembali ke setelan awal atau default, dan penghitungan jumlah print akan bermual kembali ke 0. Setelah proses ini pula kedipan lampu indikator akan hilang, dapat melakukan printah dan melakukan print.

Namun jika seandainya dengan cara diatas tak dapat membuahkan hasil maka anda dapat melanjutkan dengan melakukan cara melakukan reset dengan cara manual.

Cara Reset Printer Epson LX-310 dengan Menggunakan Software

Selain melakukan reset Epson LX-310 dengan cara manual, anda juga dapat melakukan reset Epson LX-310 dengan cara menggunakan software khusus yang dirancang untuk resetter atau melakukan reset yang bernama Epson Adjusmet Program. Cara ini dapat dilakukan jika cara reset Epson LX-310 secara manual gagal dilakukan.

Untuk dapat melakukan reset Epson LX-310 maka anda membutuhkan software yang kompetibel dengan tipe printer agar nantinya komunikasi antara printer dan komputer dapat dilakukan dengan baik.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama pastikan bahwa komputer anda telah terinstal dengan aplikasi Epson Adjusment Program.
  2. Buka aplikasi Epson Adjusment Program lalu pada bagian model name, pilih LX-310. Setelah itu klik Ok.
  3. Selanjutnya klik Particular Adjustment Mode.
  4. Akan muncul jendela baru selanjutnya pilih Waste Ink Pad Counter lalu klik Ok.
  5. Selanjutnya klik centang pada bagian Main Pad Counter. Setelah itu klik Check.
  6. Selanjutnya klik Ok.

Setelah melakukan cara diatas maka printer akan mulai melakukan reset secara otomatis. Proses reset lebih cepat jika dibandingkan dengan reset dengan cara manual. Selanjutnya akan muncul jendela yang meminta anda untuk mematikan printer lalu menghidupkanya kembali. Dan selamat proses reset telah selesai dilakukan.

Setelah melakukan cara diatas maka setelan printer telah kembali ke setelan awal dan sistem akan kembali menghitung jumlah print dokumen dari 0. Printer sudah dapat melakukan print dokumen seperti sedia kala. Kedipan pada lampu indikator pun akan hilang. Printer sudah dapat bekerja seperti biasanya.

Namun jika seandainya anda sudah melakukan reset dengan cara manual dan juga dengan menggunakan software tak membuahkan hasil maka ada kemungkinan jika masalahnya bukan pada softwarennya melainkan pada bagian hardwarennya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kedipan lampu indikator pada printer dapat menjadi pertanda adanya masalah pada bagian software maupun hardwarenya. Jika sudah melakukan untuk memperbaiki softwarennya seperti pada panduan diatas tak berhasil maka indikasinnya mengarah pada masalah pada bagian hardwarenya.

Oleh sebab itu apabila langkah-langkah diatas tak berhasil maka segeralah bawa printer anda ke teknisi untuk dapat diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *