Cara Mudah Menghapus History Google Dari laptop Anda

Posted on

Bagi pengguna smartphone tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya google. Setiap harinya hamper semua orang di dunia pasti membuka layanan google ini. dia menjadi langkah dalam mencari sesuatu jadi daripada terlalu bingung mencari di suatu aplikasi jauh lebih baik survey terlebih dahulu melalui google.

Penggunaan google sendiri juga sudah sangat banyak mulai google translate, google drive, gmail dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu khawatir ketika membuka layanan ini dan menemukan apa yang anda cari di layanan ini. anda dapat dengan mudah hanya tinggal mengetik apa yang anda cari maka google akan menampilkan apa yang anda cari tersebut.

Riwayat pencarian atau biasa dikenal dengan istilah history google adalah jejak pencarian atau kegiatan ketika anda berselancar di internet yang direkam secara otomatis oleh google. Jejak pencarian ini dapat anda lihat pada google anda. Riwayat perjalanan ini dapat berfungsi untuk digunakan selanjutnya atau lain waktu dan menemukan peneluran yang pernah anda kunjungi. Untuk melihat history di google, anda dapat langsung membuka google lalu di kanan atas dan klik history maka anda dapat melihat semua riwayat perjalanan anda.

Yang ditampilkan dalam halaman history biasanya menampilkan halaman-halaman yang dikunjungi dalam kurun waktu 90 hari terakhir. Namun, halaman seperti halaman yang dimuat dalam mode penyamaran, atau halaman yang dihapus dari riwayat pencarian tidak bisa ditampilkan oleh halaman riwayat. Selain bermanfaat untuk mempermudah ketika berselancar selanjutnya, namun hal ini juga berarti google mengetahui banyak informasi dari perangkat anda.

Karena google menyimpan dan merekam history anda ketika sedang berselancar menggunakan produk Google. Hal ini dapat menjadi masalah terkait masalah privasi  dan perihal keamanan data pengguna. Selain itu, dengan menghapus riwayat perjalanan dari google anda berfungsi agar website yang sudah anda kunjungi selalu mengupdate data terbaru, nah berbeda ceritanya jika anda jarang menggunakan cara menghapus history google di laptop perjalanan anda maka google akan lambat dalam memberikan data terbaru. Maka dari itu kita perlu memanfaatkan adanya fungsi google berupa hapus riwayat history.

Menghapus riwayat pencarian melalui PC

Kegiatan menghapus riwayat pencarian dapat dilakukan dengan mudah, sebenarnya terdapat beberapa cara menghapus history google di laptopyang dapat Anda tempuh jika ingin menghapus riwayat history. Anda dapat menghapus riwayat perjalanan melalui baik android, komputer, dan iPhone iPad.  Pada umumnya menghapus riwayat perjalanan dengan menggunakan laptop dapat dilakukan dengan cara :

  1.       Mulai dengan menghidupkan komputer, dan membuka chrome
  2.       Setelah itu lihat pada pojok kanan atas lalu klik pada ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  3.       Klik pada histori
  4.   Lalu akan muncul riwayat perjalanan anda, untuk menghapus semuanya anda dapat memilih “sepanjang waktu”
  5.       Centang kotak yang anda pilih agar dihapus,termasuk riwayat pencarian anda.
  6.       Klik pada hapus data

Dengan mempraktekkan cara tersebut maka anda dapat dengan mudah menghapus riwayat perjalanan anda dari laptop anda. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda yang ingin menjaga privasi dan menjaga agar tidak sembarang orang mengetahui riwayat perjalanan anda.

Menghapus aktivitas google

Untuk menghapus semua aktivitas google pada laptop anda , anda dapat membuka pada akun google anda atau klik link berikut ini di https://myactivity.google.com. Nah, diatas aktivitas anda selanjutnya klik pada hapus. Kemudian klik pada sepanjang waktu dan berikutnya, dan yang terakhir klik hapus.

Untuk menghapus item aktivitas secara manual atau satu persatu caranya hampir sama buka di https://myactivity.google.com lalu lihat ke bawah pada aktivitas anda, pilih item yang ingin Anda hapus dengan cara mencari menurut hari dan menelusuri atau menggunakan filter. Setelah memilih item yang ingin dihapus, lalu klik pada hapus.

Apabila anda malas untuk ribet anda dapat memilih menghapus riwayat aktivitas anda secara otomatis di komputer dengan cara buka akun google anda lalu pilih data dan privasi, pada bagian setelan histori tekan pada aktivitas yang tidak ingin Anda hapus secara otomatis. Lalu klik hapus otomatis dan memilih durasi waktu untuk menyimpan aktivitas anda.

Dengan cara ini maka anda sudah menghapus riwayat perjalanan anda dari google sehingga tentunya akan semakin sulit orang untuk melihat riwayat history anda.

Menghapus item dari histori

Jika anda ingin menghapus bagian tertentu pada histori anda, anda dapat menggunakan kotak pencarian dibagikan atas dengan cara buka komputer anda lalu buka google, pada kanan atas klik ikon titik tiga lalu klik histori dan histori. Ceklist pada kotak disebelah item yang ingin Anda hapus dari histori, lalu klik hapus pada kanan atas dan konfirmasi dengan mengklik hapus.

Dengan menghapus history ini tentunya anda sudah memblokir kemungkinan orang lain untuk membuka history atau perjalanan anda di google. Dengan begini tentunya anda tetap dapat menyimpan sendiri rahasia anda.

Menghapus histori lokasi

Pada google terdapat histori lokasi yang akan menyimpan tempat-tempat yang anda kunjungi jika anda login ke akun google anda, jika anda mengaktifkan riwayat lokasi, perangkat mengaktifkan laporan lokasi. Melalui linimasa google maps pada browser anda, anda dapat membukanya lalu klik tombol hapus dan mengikuti petunjuk di layar untuk menghapus semua riwayat perjalanan.

Untuk menghapus satu hari dari riwayat lokasi anda caranya sama melalui linimasa google maps lalu pilih tahun, bulan dan hari yang ingin Anda hapus dan klik hapus dengan mengikuti petunjuk di layar.

Jika anda ingin menghapus perhentian dari riwayat lokasi anda dapat membuka linimasa google maps anda, lalu pilih tahun, bulan, dan hari yang ingin Anda hapus lalu ketuk lainnya dan hapus perhentian dari hari dengan mengikuti petunjuk selanjutnya. Namun,menghapus histori dengan cara ini pasti sangat melelahkan maka dari itu anda dapat memilih menghapusnya secara otomatis riwayat yang sudah lebih dari tiga bulan, delapan belas bulan, dan 36 tahun. Penghapusan riwayat otomatis dapat dilakukan dengan cara membuka linimasa google maps pada browser anda klik hapus riwayat lokasi secara otomatis pada kanan bawah.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghapus riwayat pencarian anda. Sangat praktis dan mudah dilakukan tentang cara menghapus history google di laptop anda. Singkatnya anda hanya perlu mencari menu history lalu menghapus riwayat jelajah. Atau menggunakan jalan pintas dengan tombol “control+Alt+Delet”.

Penggunaan cara penghapusan ini tentunya akan sangat menguntungkan dan sangat bermanfaat bagi anda yang selalu menjaga privasi anda. Dengan menutup semua akses layanan orang untuk membunuh anda. Hal ini tentunya sangat bermanfaat apabila anda menggunakan laptop atau computer umum di kantor atau perpustakaan karena biasanya komputer atau laptop tersebut digunakan oleh banyak orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.