Cara Menggunakan Whatsapp Web Di Perangkat Yang Anda Miliki

Posted on

Di zaman saat ini penggunaan whatsapp seperti menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh setiap harinya. Aplikasi satu ini termasuk aplikasi yang lengkap karena bisa digunakan sebagai sarana komunikasi seperti chat, video call, berkirim video note, contact, voice note, foto dan berkirim video. Oleh karena itulah aplikasi ini dapat dikatakan sebagai aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh hampir setiap orang.

Whatsapp sendiri tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk aplikasi saja akan tetapi juga dapat melalui browser yang sering digunakan melalui whatsapp web. Ada beberapa cara menggunakan whatsapp web yang dapat anda gunakan mulai dari menggunakan di browser dan melalui desktop melalui laptop dan komputer sampai menggunakannya di browser handphone.

Menggunakan whatsapp web di komputer atau laptop

Anda dapat menggunakan whatsapp seperti berkirim pesan dengan menggunakan laptop atau computer. Tentu saja hal ini sangatlah menarik terutama apabila anda sedang sibuk bekerja di depan komputer. Anda tidak perlu beralih ketika membuka whatsapp dengan handphone karena hal tersebut tentunya membuang waktu. Anda dapat memulainya dengan cara masuk ke halaman browser di laptop atau komputer anda dan membuka situs whatsapp web di laman https://web.whatsapp.com.

Pastika komputer yang anda gunakan dan handphone anda mempunyai koneksi internet yang bagus dan stabil. Kemudian akan muncul kode QR dan ambil handphone anda kemudian buka aplikasi whatsapp. Klik tiga titik di bagian kanan atas kemudian pilih whatsapp web. Lakukan scan QR code dengan cara mengarahkan ponsel ke QR code di komputer dan kemudian anda sudah dapat menikmati whatsapp web dengan mudah melalui komputer atau laptop anda.

Menggunakan whatsapp web di handphone

Membuka whatsapp web di handphone tidak perlu khawatirkan karena anda dapat membuka dua whatsapp dalam 1 handphone yang sama. Versi dari whatsapp web memang sebenarnya dirancang untuk digunakan di komputer atau laptop maka banyak orang yang hanya mengenali versi ini untuk perangkat komputer saja. Akan tetapi anda tetap bisa menggunakan versi whatsapp web melalui handphone dengan fungsi yang juga untuk membuka dua whatsapp dalam satu ponsel.

Berikut adacara menggunakan whatsapp web yang dapat anda gunakan melalui handphone dengan cara membuka google chrome. Sentuh atau pilih pada bagian titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian scroll down ke bawah sampai menemukan kata “desktop site” atau “situs desktop” dan berikan tanda centang pada kotak kecil di samping tulisan tersebut.

Buka situs whatsapp web di ponsel anda dengan alamat https://web.whatsapp.com kemudian ambil ponsel anda yang lain dan buka aplikasi whatsapp kemudian masuk ke fitur whatsapp web seperti yang anda lakukan di komputer atau laptop. Kemudian lakukan scan QR code yang muncul di handphone anda dan whatsapp web dapat dibuka di handphone anda. Ketika anda sudah masuk ke whatsapp web dari browser handphone anda dan anda dapat menggunakannya untuk chatting seperti biasa dari nomor whatsapp yang berbeda.

Menggunakan whatsapp di laptop tanpa menggunakan browser

Apabila anda menginginkan whatsapp web di komputer atau laptop anda tanpa harus membuka browser maka anda dapat menggunakan whatsapp desktop. Cara membuka whatsapp web tanpa browser yakni dengan cara buka situs resmi whatsapp kemudian unduh whatsapp dan tunggu sampai selesai. Langkah selanjutnya anda dapat menggunakan whatsapp tanpa harus menggunakan browser dengan cara login yang sama dengan cara login whatsapp di handphone anda.

Bagaimana cara keluar dari akun whatsapp web untuk semua perangkat?

Meskipun menggunakan whatsapp web sangat memudahkan anda dalam membalas dan mengirim pesan chat akan tetapi hal tersebut sangat membahayakan apabila anda menggunakan komputer atau laptop kantor. Sangat ditakutkan akun whatsapp anda akan dibajak oleh pemakai komputer setelah anda.

Nah untuk mencegah hal tersebut anda dapat keluar dari whatsapp web untuk semua perangkat yang terhubung dengan cara masuk ke aplikasi whatsapp di handphone. Ketuk titik tiga di kanan atas dan klik whatsapp web kemudian pilih “log out from all device”. Dengan cara ini anda sudah tidak dapat masuk ke whatsapp web lagi. Anda dapat masuk kembali sesuai dengan keinginan anda dengan melakukan kembali cara – cara masuk ke whatsapp web seperti langkah di atas.

Akan tetapi apabila anda ingin memastikan bahwa akun whatsapp web anda sudah benar – benar keluar maka anda dapat keluar dari laptop atau komputer anda dengan cara masuk ke alamat https://web.whatsapp.com kemudian temukan tiga titik bagian atas dan klik “log out”. Dengan cara ini anda sudah dapat dipastikan keluar dari akun whatsapp web anda dari komputer atau laptop tersebut.

Ini dia kelemahan dari whatsapp web

Meskipun mempunyai beberapa kelebihan akan tetapi aplikasi ini mempunyai beberapa kelemahan yang harus anda perhatikan juga. Kelemahan dari whatsapp web tersebut diantaranya adalah :

  1.       Tidak bisa melakukan whatsapp call dan video call

Menggunakan whatsapp web tentunya sangat menguntungkan bagi anda akan tetapi sangat disayangkan bahwa menggunakan whatsapp web ini abda tidak bisa melakukan panggilan online. Hal ini sepertinya memang sudah menjadi bentuk keamanan dari whatsapp web akan tetapi banyak dari penggunanya agar layanan ini segera tersedia.

  1.       Menggunakan whatsapp web menggunakan handphone maka akan menyebabkan baterai cepat habis

Kelemahan selanjutnya penggunaan whatsapp web ini adalah karena anda selalu menghubungkan whatsapp di handphone anda maka dijamin kalua baterai anda akan cepat habis bahkan di jenis handphone tertentu dapat membuatnya menjadi sangat panas.

  1.       Sangat tergantung pada jaringan internet yang stabil

Menggunakan whatsapp web dapat anda terima pesan dan mengirim pesan dengan lancer apabila anda terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan lancar. Apabila jaringan internet anda terkendala atau lemah maka biasanya proses penerimaan pesan tersebut akan berjalan lambat.

  1.       Handphone harus dalam kondisi yang selalu ON

Kelemahan terakhir penggunaan whatsapp web ini adalah bahwa anda tidak bisa menggunakannya apabila handphone anda dalam kondisi mati. Oleh karena itulah anda harus memastikan bahwa handphone anda dalam kondisi ON apabila anda akan membuka whatsapp web ini.

Itulah beberapa cara menggunakan whatsapp web yang dapat anda terapkan guna memudahkan pekerjaan anda. Pastikan koneksi internet selalu lancer agar layanan whatsapp anda tidak terjadi kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.