3 Cara Menyambungkan Wifi ke TV Sharp dengan Mudah 2022

Posted on

Smart TV atau televisi pintar saat ini sudah semakin banyak termasuk salah satunya dari merk Sharp. TV jenis ini bisa disambungkan ke internet melalui Wifi. Akan tetapi, ternyata banyak penggunanya yang belum tahu cara menyambungkan Wifi ke TV Sharp, untuk itu simak artikel ini sampai habis.

Fitur Wifi pada TV Sharp

Cara Menyambungkan Wifi ke TV Sharp

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menyambungkan wifi ke TV Sharp, mari kita bahas dahulu tentang fitur Wifi di TV Sharp yang memungkinkannya untuk tersambung ke jaringan internet ini.

Wifi adalah sebuah teknologi nirkabel yang membuat sebuah gadget smart dapat mengakses internet melalui sinyal. Inilah yang diadaptasi oleh Sharp pada produk TV-nya. Dimana smart TV dari Sharp ini mengusung konsep Android TV.

Ya, karena namanya Android TV maka kamu bisa mengakses konten-konten yang mirip dengan Android seperti aplikasi dan game mobile. Kamu bisa menggunakannya untuk mengakses konten di smartphone atau bahkan bermain game menggunakan layar yang lebih lebar.

Ini juga berlaku untuk pengalaman streaming atau menonton film yang jauh lebih baik. Jika selama ini kamu hanya menonton film atau streaming pertandingan bola melalui layar smartphone, dengan TV ini kamu bisa menyambungkan layarnya menggunakan fitur Wifi.

TV ini juga memiliki komponen bernama Chromecast built. Dimana komponen ini memang terkenal dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan mirroring pada layar gadget dengan TV.

Semua fitur di atas didukung dan hanya akan berfungsi dengan baik apabila kamu memanfaatkan fitur wirelessnya yaitu fitur Wifi yang ada pada TV Sharp.

Cara Menyambungkan Wifi ke TV Sharp dengan Mudah

Itu tadi merupakan penjelasan tentang fitur Wifi atau wireless pada TV Sharp dan bagaimana mereka mengcover kebutuhan wireless dari penggunanya namun fitur ini tidak akan bisa langsung digunakan begitu saja terutama jika kamu baru membelinya.

Kamu perlu melakukan setting awal agar bisa langsung digunakan untuk mirroring atau berselancar di internet menggunakan TV Sharp.

Nah, buat kamu yang sedang mencari cara menyambungkan wifi ke TV Sharp, kamu bisa langsung mengikuti langkah yang kami bagikan di bawah ini:

  • Pastikan TV dalam Kondisi Hidup

Setting wifi tidak bisa dilakukan jika unit dalam keadaan mati, untuk itu kamu harus memastikan TV hidup dulu sebelum melakukan setting. Caranya pertama pasang kabel power ke sumber listrik. Jika TV sudah terhubung, maka ditandai dengan indikator yang menyala.

Setelah itu, hidupkan TV dengan menekan tombol ON/OFF pada remote atau kamu juga bisa langsung melakukannya pada tombol yang ada pada TV.

  • Setting Pengaturan di Menu Utama

Cara Menyambungkan Wifi ke TV Sharp dengan Mudah

Sebelum melakukan pengaturan wifi, akan lebih baik jika kamu mengatur terlebih dahulu setelan preferensi di pengaturan utama. Proses ini dilakukan agar kamu tidak banyak melompati langkah walaupun sebenarnya wifi bisa langsung diatur.

Caranya adalah masuk ke menu utama dan di sini kamu bisa menemukan banyak pengaturan yang harus kamu atur sesuai dengan selera. Pastikan kamu sudah mengatur semua preferensi dari menu utama ini kemudian baru beralih ke wifi.

Untuk tampilan dan user experience kemungkinan akan ada perbedaan pada beberapa unit TV Sharp yang berbeda. Tapi seharusnya ini tidak menjadi masalah karena pada dasarnya sama.

  • Pilih Mode Wireless

Setelah semua pengaturan preferensi sudah diatur, selanjutnya kita akan beralih ke inti cara menyambungkan wifi ke TV Sharp tanpa kabel, yaitu dengan memilih mode wireless.

Jika kamu masih bingung dengan pengaturan ini, jangan khawatir karena di bawah ini kami sudah menyiapkan langkahnya untukmu.

  • Pertama masuk ke Pengaturan Internet dari menu utama
  • Untuk melakukan konfigurasi nirkabel, silakan pilih Pengaturan Jaringan
  • Setelah itu akan terbuka jendela baru yang berisi beberapa pengaturan fungsi mesin terhadap jaringan
  • Pilih opsi Pengaturan Nirkabel atau Wireless Settings
  • Di sini kamu bisa melihat detail tentang informasi wifi yang dipakai TV, setelah itu langsung saja tekan Ubah
  • Akan muncul jendela pop up yang menunjukkan perangkat mencari jaringan wifi tersedia. Pastikan Wifi-mu sudah menyala pada tahap ini agar dapat dideteksi oleh televisi
  • Setelah terdapat satu atau beberapa pilihan Wifi, langsung saja pilih salah satu wifi yang ingin dihubungkan
  • Selesai.

Untuk wifi yang dikunci dengan sandi, jangan lupa untuk memasukkan sandinya. Karena seperti layaknya komputer, TV Sharp juga tidak bisa menghubungkan ke wifi yang dikunci tanpa memiliki akses.

Sekali lagi ada kemungkinan perbedaan tampilan antara tipe TV Sharp satu dan yang lainnya. Namun pada intinya akan sama saja dalam proses menyalakan wifi. Untuk itu tidak perlu bingung ketika ada beberapa perbedaan mendasar.

Cara menyambungkan wifi ke TV Sharp ini nantinya cukup kamu lakukan satu kali saja selama tidak ada perubahan dengan wifi yang dipakai. Tapi apabila ada perubahan, kamu hanya tinggal mengulang proses di atas tanpa harus mengatur preferensi lagi.

Kalau masih tidak bisa juga mungkin kamu bisa mengontak custom service sharp di https://id.sharp/contact_us

Leave a Reply

Your email address will not be published.