Cara Mengunci Whatsapp Agar Lebih Aman

Posted on

Berbicara tentang whatsapp tentunya saat ini sudah banyak sekali yang menggunakannya dalam kehidupan sehari – hari. Dapat dikatakan sebagai media perpesanan wajib yang harus dimiliki oleh hampir semua orang. Selain itu juga terdapat banyak sekali group yang diperankan oleh whatsapp ini untuk menghubungkan banyak orang mulai dari group sekolah, jualan, kerja, group dari organisasi dan lain – lain.

Saat ini ada banyak yang mengunci whatsapp dengan alasan demi keamanan. Sebenarnya ada banyak hal yang melatarbelakangi mereka dalam mengunci whatsapp biasanya demi keamanan agar tidak semua orang dapat melihat whatsapp mereka ada juga yang agar handphone nya tidak dengan mudah terbuka sehingga jauh lebih baik mengunci whatsapp dan handphone.

Ketika anda menjumpai kekasih atau suami anda mengunci wa nya anda jangan curiga terlebih dahulu, jauh lebih baik anda menanyakan alasannya kenapa mengunci wa nya agar tidak terjadi kesalahpahaman. Nah, dalam cara mengunci wa ini ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan. Cara – cara dalam mengunci whatsappnya pun jua sangatlah aman.  Berikut ada beberapa cara aman dalam mengunci wa ini yang dapat anda lakukan dengan mudah dan dapat anda lakukan sendiri.

Gunakan fingerprint lock

Cara ini sangat cocok anda gunakan bagi yang smartphonenya sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Anda dapat menggunakan fingerprint lock untuk mengunci whatsapp anda. Ada beberapa langkah yang dapat anda gunakan sebagai cara mengunci wa melalui fingerprint lock yakni untuk langkah yang pertama yakni perbaharui terlebih dahulu whatsapp anda ke whatsapp versi terbaru kemudian buka menu setting dan pilih account dan pilih privacy.

Scroll ke bawah sampai menemukan fingerprint lock dan pilih unlock with fingerprint klik set up. Pilih kunci yang sepertinya anda inginkan antara pattern, PIN atau sidik jari. Terakhir pilih pilihan waktu penguncian whatsapp anda apakah satu menit, 15 menit ataukah 1 jam setelah whatsapp anda tidak aktif. Dengan cara ini whatsapp anda sudah terkunci dengan baik.

Kunci dengan touch ID atau face ID

Selain menggunakan fingerprint lock anda juga dapat menggunakan sensor wajah anda sebagai kunci. Akan tetapi caradalam mengunci wa ini hanya dapat digunakan oleh pengguna system operasi iOS dengan langkah yakni yang pertama masuk ke menu setting di smartphone anda kemudian pilih account.

Masuk menu privacy pilih screen lock dan hidupkan toggle untuk require touch ID/ Face ID. Pilih waktu penguncian apakah 1 menit, 15 menit ataukah 1 jam setelah whatsapp anda tidak aktif. Dengan begitu maka whatsapp anda sudah terkunci dengan baik.

Beberapa cara mengunci whatsapp di beberapa merk smartphone

Terkait cara ketika akan mengunci wa ini ada beberapa cara yang berbeda yang disediakan oleh masing – masing merk smartphone. Akan tetapi cara yang diberikan dalam menguncinya sebenarnya tidak jauh berbeda. Hal ini dikarenakan setiap smartphone dari berbagai merk biasanya didesain dengan berbeda sehingga penempatannya pun juga berbeda antara satu dengan lainnya. Berikut akan kami jelaskan beberapa cara mengunci whatsapp tersebut sesuai dengan merk smartphone anda.

1.         mengunci whatsapp di smartphone merk Samsung

cara ini sangat anda butuhkan apabila smartphone Samsung anda tidak dilengkapi dengan fingerprint lock. Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut karena anda dapat mengunci wa anda dengan cara membuka menu setting di smartphone anda kemudian pilih advance features. Buka pilihan Applock kemudian tekan tombol On.

Pilih metode keamanan yang anda inginkan dan pilih sampai anda menemukan aplikasi whatsapp dan aktifkan pengunci pada aplikasi tersebut. Dengan begitu maka smartphone Samsung anda sudah terkunci whatsappnya dengan baik.

2.         mengunci whatsapp di smartphone merk OPPO

terkait dengan cara mengunci whatsapp di smartphone OPPO ini ada cara yang dapat anda lakukan dengan mudah seperti buka menu pengaturan, cari menu layar kunci & kata sandi. Masuk ke menu enkripsi asli pilih metode penguncian antara pola atau PIN sesuai dengan keinginan anda.

Kemudian pilih aplikasi whatsapp dan tekan aktifkan enkripsi. Cara ini tentunya menjadi pilihan melihat banyaknya penggemar smartphone OPPO ini di Indonesia. Hal ini karena smartphone OPPO ini sudah terbukti paling laris di kalangan masyarakat Indonesia saat ini.

3.         mengunci whatsapp di smartphone merk Xiaomi

selain smartphone OPPO ternyata penggemar smartphone Xiaomi juga sudah banyak di Indonesia. Smartphone Xiaomi ini juga sudah dilengkapi fitur untuk mengunci aplikasi dengan cara mengunci whatsapp dengan cara buka menu setelan di smartphone anda kemudian masuk opsi kunci aplikasi. Apabila sebelumnya menggunakan pola maka masukkanlah pola tersebut untuk mengakses menu kunci aplikasi.

Cari aplikasi whatsapp sampai ke bawah kemudian geser toggle untuk mengaktifkan kunci pada whatsapp anda. Dengan begitu maka aplikasi whatsapp anda di smartphone xiaomi ini sudah terkunci dengan baik.

4.         mengunci whatsapp di smartphone merk VIVO

cara penguncian wa di smartphone vivo ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengunci di smartphone oppo. Hanya saja lebih simple di smartphone ini dengan langkah yang jauh lebih mudah pula.

Anda dapat melakukan penguncian whatsapp untuk mengunci whatsapp anda dengan cara buka menu pengaturan kemudian scroll ke bawah dan pilih menu keamanan. Pilih privasi & enkripsi aplikasi kemudian atur metode penguncian antara pola atau PIN sesuai dengan keinginan anda. Anda juga dapat menggunakan pengaturan kunci tambahan apabila lupa password. Pilihan terakhir aktifkan kunci aplikasi whatsapp anda.

5.         mengunci whatsapp di smartphone merk Asus

bagi anda pengguna smartphone Asus anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk menjaga privasi anda. Anda dapat menggunakan fitur pengunci whatsapp yang ada di dalam pengaturan smartphone anda.

Untuk langkah yang diberikan pun juga sangatlah mudah anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan si smartphone anda kemudian temukan option App lock. Pilih salah satu metode kunci anda mau yang berbentuk pola atau PIN kemudian pilih metode pemulihan. Dengan begitu maka aplikasi whatsapp anda sudah terkunci dengan baik.

Itulah beberapa cara mengunci wa yang dapat anda lakukan dengan mudah. Setelah mengetahui cara dan pengaturan tersebut tentunya anda tidak perlu khawatir lagi akan ada orang lain yang akan membuka chat whatsapp anda. Anda dapat menjaga chat pribadi anda dengan aman dan tenang ketika anda meninggalkan handphone anda.

Hal ini sangatlah penting mengingat saat ini dapat dengan mudah orang membuka chat whatsapp anda terutama ketika anda meninggalkan smartphone anda secara sembarangan. Hal ini tentunya akan sangat mengkhawatirkan bagi anda pekerja karena bisa saja rahasia pekerjaan anda dapat diketahui oleh orang lain apabila anda tidak mengamankan whatsapp anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.