Cara Menggunakan Kuota Belajar Tri, XL, Telkomsel, Indosat

Menggunakan Kuota Belajar untuk kegiatan pembelejaran daring atau online tentunya bisa sedikit meringankan pengeluaran. Tahu sendiri masa pandemi covid 19 memaksa beberapa kalangan untuk melakukan aktivitas secara jarak jauh, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu beberapa provider seperti Tri, XL dan juga telkomsel menghadirkan kuota khusus yang bisa digunakan untuk beberapa aplikasi dalam kegiatan pembelajaran online. Lantas bagaimana cara mendapatkanya dan seperti apa penggunaanya?

Saat ini hampir seluruh kegiatan belajar dilakukan di rumah dengan sistem online. Beberapa aplikasi belajar onlinepun bermunculan dengan menawarkan berbagai fitur agar kegiatan belajar bisa seru, interaktif dan juga menyenangkan. Namun karena dilakukan secara online, tentunya butuh kuota internet yang gak sedikit. Kalau menggunakan kuota reguler, pastinya membuat pengeluaran jadi lebih boros.

cara menggunakan kuota belajar tri xl indosat telkomsel

Untungnya ada paket kuota belajar tri, XL, dan juga telkomsel yang mendukung kegiatan tersebut. Kuota ini merupakan kuota khusus yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi yang dimaksud antara lain Zenius, google classroom, rumah belajar, ruang guru, zoom, cloudx dan lain sebagainya, tergantung kartu apa yang kamu gunakan.

Apa Itu Kuota Belajar?

Sebagai salah satu solusi terkait beban penggunaan kuota data untuk belajar daring, Kemendikbud bekerjasama dengan sejumlah provider untuk mengahadirkan kuota belajar. Tentu saja tidak semua orang bisa menggunakanya, hanya siswa, guru, mahasiswa dan dosen yang nomornya sudah terdaftar di sekolah atau kampus masing masing.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberi tahu seperti apa cara menggunakan kuota edukasi atau kuota belajar tersebut baik pengguna XL, Tri, Indosat ataupun Telkomsel. Berikut informasi selengkapnya

Kuota Edukasi Telkomsel 10 Gb

Telkomsel selama ini memang kerap menghadirkan bonus kuota yang beragam. Di masa pandemi ini tentunya tak mau ketinggalan dengan memberikan kuota edukasi. Kuota ini tergabung dalam Paket Pendidikan dan terdiri dari 2 paket yakni Kuota Conference dan Kuota Ilmupedia. Jumlah kuotanya pun cukup besar yakni 10 Gb untuk 30 hari. Menariknya kamu bisa mendapatkanya secara cuma cuma karena hanya dibandrol Rp 10,- saja. Rincianya adalah sebagai berikut:

  • Kuota Ilmupedia: Zenius, Google classroom, rumah belajar, cakap bahaso, kippin school 4.0, ayoblajar, uvemy, duolingo, sekoahmu dan  seluruh portal elearning baik kampus dan juga sekolah yang sudah tergabung dengan ilmupedia.
  • Kuota conference telkomsel: Google meet, zoom, umetmee, teams, cloudX, cisco webex

Cara mengaktifkan kuota belajar telkomsel ini cukup mudah, kamu bisa membelinya melalui aplikasi My telkomsel. Ikuti langkah langkah berikut

  • Buka aplikasi Mytelkomsel
  • Klik Menu Belanja > Internet
  • Geser layar dan pilih pada kolom pendidikan
  • Nanti ada pilihan kuota belajar Rp 10, pilih dan klik buy.

Cara Menggunakan Kuota Belajar Tri 250 Mb/ hari

Berbeda dengan telkomsel yang terpisah dan harus melakukan pembelian dulu, kuota belajar tri bisa langsung digunakan pada pengguna paket AlwaysOn atau yang disingkat AON. Besaran kuota yang diberikan sama hanya saja durasinya yang berbeda beda tergantung paket AON yang kamu beli. Sementara jika kamu belum berlangganan paket AON bisa membeli kartu perdana atau mendartarkanya melalui aplikasi bima+. Selengkapnya silahkan simak ulasan kami sebelumnya: Kuota Belajar Tri Untuk Apa Saja?

Kuota Belajar Indosat IM3 30 GB

Sementara itu bagi pengguna indosat bisa menggunakan kuota edukasi indosat atau yang memiliki nama lain kuota IMClass. Total kuota yang bisa kamu nikmati adalah 30 Gb untuk 30 hari. ejumlah aplikasi yang bisa diakses antara lain Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, Ruang Belajar dan ratusan porta Universitas yang sudah bergabung. Adapun cara daftar dan menggunakan kuota beajar indosat adalah sebagai berikut:

Melalui UMB

  • Ketikan *123*369#, lalu Call
  • Nanti muncul jendela notifikasi, pilih opsi 1, klik OK
  • Tunggu hingga permintaanmu diproses
  • Nanti bakal menerima SMS yang berisi notif jika paket sudah berhasil aktif.

Melalui Aplikasi MyIM3

  • Buka aplikasi MyIM3, lalu pilih menu Beli
  • Scroll kebawah dan pilih IMClass, klik
  • Selanjutnya tinggal klik Beli saja

Kuota Edukasi XL

XL memberikan kuota yang melimpah yakni 35 GB/ bulan untuk siswa, 42 Gb/bulan untuk guru dan 50 gb/bulan untuk mahasiswa dan dosen. Tak hanya itu saja pelanggan  yang sudah mendaftarkan nomornya ke sekolah atau universitas akan mendapatkan bonus kuota 55 Gb lagi yang terbagi 15 gb kuota utama dan 40 gb kuota chat. Bagi pelanggan baru mulai tanggal 27 agustus bisa menikmati 30 gb bonus kuota aktivasi yang terbagi kota XTRA Edukasi sebesar 15 gb dan kuota XTRA Converence 15 GB. Untuk mendapatkanya bisa melalui umb *123*100#.

Mengubah Kuota Belajar Jadi Kuota Regular Apakah Bisa?

Selama ini memang banyak trik trik yang bisa mengubah kuota khusus menjadi kuota regular yang bisa digunakan untuk mengakses apa saja tanpa batasan. Sayangnya hingga saat ini kami belum menemukan cara mengubah kuota edukasi jadi kuota biasa yang benar benar work 100%. Mungkin akan kami lakukan ujicoba terlebih dahulu, nanti kalau berhasil akan kami berikan triknya di lain kesempatan.

Akhir kata, demikian tadi beberapa cara menggunakan kuota belajar baik pengguna tri, XL, Telkomsel maupun Indosat. Semoga bermanfaat dan selamat belajar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *