Cara Menggunakan Instagram Reels Di Android Dan Iphone

Cara Menggunakan Instagram Reels – Baru baru ini, IG meluncurkan fitur musik yang disebut reels. Jika sebelumnya kamu menguploud foto dan video di feed maupun story kini bisa lebih kreatif lagi. Fitur terbaru tersebut tentunya mendapat sambutan hangat bagi para instagramer terutama para kreator. Penasaran seperti apa cara menggunakanya? yuk simak ulasan lengkap dari tim pdscustom berikut ini.

Salah satu kunci sukses instagram sebagai aplikasi sosial media paling popular saat ini adalah inovasi yang terus menerus. Kita tahu belakangan ini ada sejumlah fitur terbaru yang diberikan oleh aplikasi milik facebook inc itu. Mulai dari hadirnya filter hingga tampilan baru DM IG. Nah menyikapi fenomena konten video pendek yang ramai akhir akhir ini, instagrampun merespon dengan menghadirkan IG reels di Indonesia.

apa itu instagram reels
apa itu instagram reels

Instagram reels disebut sebut untuk menyaingi aplikasi Tiktok yang sedang naik daun. Dengan fitur reels, pengguna bisa membuat video pendek yang dibubuhi musik serta bisa dibagikan ke teman maupun ditemukan di aplikasi. Bagi pengguna instagram di Indonesia, kinipun sudah bisa menikmatinya.

Apa Itu Instagram Reels?

Fitur musik IG ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan pada 5 agustus 2020 lalu baik untuk pengguna android ataupun iphone. Namun dalam peluncuranya dilakukan secara bertahap, dna Indonesia baru mendapat giliran pada pertengahan tahun 2021 ini.

Dengan reels instagram, pengguna bisa membuat video pendek selama 15 detik. Sebelum dibagikan kita juga bia melakukan customisasi seperti halnya di tiktok mulai dari menambahkan audio, efek, teks dan tool tool kreatif lainya. Bahkan kita juga bisa merekam dan menggabungkan bebrapa video jadi satu video utuh. Hal ini tentu saja membuat para kreator bisa lebih leluasa dalam berkarya dan memancing beragam ide ide kreatif.

Menariknya lagi, layaknya tiktok yang punya halaman FYP, disini kamu juga bisa melihat reels di instagram pada page khusus. Di sisi paling atas dari laman explore, pengguna disajikan konten konten reels. Saat dibuka lalu scrolle ke bawah maka akan muncul konten konten lainya.

Fitur Reels Instagram

Seperti yang kami katakan sebelumnya, fitur ini dihadirkan memang menjadi jawaban atas popularitas tiktok. Oleh sebab itu, fitur fitur atau tools yang ada didalamnyapun miirp dengan pesaingnya tersbeut.  Berikut sejumlah fitur yang bisa kalian gunakan

  • Audio
    Reels memang secara khusus dihadirkan sebagai fitur musik instagram. Oleh sebab itu audio menjadi komponen wajib yang disematkan. DIsini kamu memilih dari koleksi musik yang disediakan atau menggunakan audio buatan sendiri.
  • Efek AR
    Selanjutnya ada juga efek AR. Disini kau bia memilih sejumlah efek/ filter yang dibuat oleh creator dari seluruh dunia
  • Mengatur Kecepatan
    Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat slowmo ataupun timelaps. Dengan demikian videomu juga bisa diatur agar bisa mengikuti beat lagu.
  • Menggabungkan klip secara sejajar
    Pengguna juga bisa membuat beberapa klip dengan ada gambaran dari klip sebelumnya. Ini mempermudah untuk melakukan transisi.
  • Teks
    Umumnya konten video musik, biasanya diberi lirik lagu yang digunakan. Nah kamupun bisa buat reels ada liriknya.

Cara Menggunakan Instagram Reels

Untuk menggunakannya, kita bisa memulai seperit saat membuat insta story atuapun live streaming. Sudah disediakan tombol untuk membuat reels di IG. Seandainya fitur reels instagram tidak muncul, mungkin kamu masih menggunakan versi lama (belum di update). simak langkah langkahnya dibawah:

Android & iPhone

  1. Buka aplikasi instagram, klik tanda plus di bagian atas (sebelah ikon love).

    cara mengaktifkan instagram reels
    cara mengaktifkan instagram reels
  2. Selanjutnya, akan ditampilkan beberapa pilihan mau membuat konten apa yakni feed, story, reels dan live streaming. Silahkan pilih reels

    cara menggunakan reels instagram
    cara menggunakan reels instagram
  3. Untuk memulia merekam video silahkan ketuk ikon lingkaran putih besar.  Ketuk tombol yang sama untuk mengakhiri video. Sedangkan untuk menambahkan video dari galeri tinggal ketuk saja ikon gambar di pojok kiri bawah.
  4. Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan tools yang disediakan. Untuk menambahkan musik misanya, ketuklah ikon musik yang terdapat di sisi kiri. Disana tersedia sejumlah pilihan musik yang bisa kamu gunakan.

    cara membuat instagram reels
    cara membuat instagram reels
  5. Kemudian untuk mengatur kecepatan, kamu bisa ketuk ikon panah kanan (tombol putar). Kamu tinggal memilih mau gerakan lambat atau dipercepat.

    cara menggunakan instagram reels
    cara menggunakan instagram reels
  6. Tool lain yang tak boleh terlewatkan adalah filter. Yap kamu bisa memilih sejumlah filter terbaru instagram ataupun yang sedang viral untuk diterapkan di video.

    menambahkan filter efek ig
    menambahkan filter efek ig
  7. Ada juga fitur teks, emoji, stiker, dan lain sebagainya. Silahkan di explore saja dan tuangkan ide ide kreatifmu disana.
  8. Jika sudah selesai mengedit, kamu bisa ketuk preview dan melihat hasil kreasimu
  9. Selanjutnya kamu bisa menyimpan reels IG ke galeri dengan mengetuk ikon bergambar panah kebawah di bagian atas.

    simpan ke galeri
    simpan ke galeri
  10. Sedangkan jika ingin membagikanya dengan follower, klik next,  lalu tambahkan judul dan ketuk tombol bagikan/ share.

    reels instagram artinya
    reels instagram artinya

Fun Fact

  1. Kamu bisa membuat reels ig dengan audio asli
  2. Ketika kamu mengunggah reels pada akun publik, maka siapa saja di instagram bisa menggunakan audio aslimu.
  3. Jika akun di setelah ke privat, maka tak satupun yang bisa menggunakan audio asli darimu
  4. Ketika kamu membagikan reels, siapapun bisa melihat dan membagikanya. Kontenmu bisa muncul di tagar, efek dan juga halaman audio. Hal itu menjadi algoritma instagram untuk video/ klip menjadi viral
  5. Reels yang dibagikan di cerita/direct akan hapus secara otomatis dalam 24 jam. Sedangkan jika dibagikan ke umpan/ jelajahi maka kamu bisa melihat reels instagram yang kamu buat tadi dihalaman profil.

Cara Mengaktifkan Reels Instagram Yang Tidak Muncul

Reels merupakan fitur terbaru dari instagram yang ditambahkan melalui update aplikasi. Jadi jika reels instagram tidak muncul, itu berarti kamu masih menggunakan versi lama. Untuk cara memunculkan reels di IG sangatlah mudah, kamu hanya perlu buka play store. Cari instagram dan lakukan pembaharuan dengan mengetuk tombol update. Seharusnya hal tersebut sudah bisa mengatasi permasalahan instagram reels tidak ada yang banyak dikeluhkan.

Cara Melihat Reels Di Instagram

Sama seperti halnya tiktok yang memiliki halaman FYP. Di instagram juga ditambahkan halaman khusus reels yakni logo bergambar ikon video di tengah bawah. Disana ditampilkan berbagai kreasi pengguna IG di seluruh dunia yang sedang viral. Untuk menonton reels lainya, tinggal swab ke atas seperti halnya di Tiktok.

Akhir kata

Demikian tadilah cara menggunakan instagram reels baik di android ataupun di iphone. Satu hal yang perlu dicatat bahwa jika kamu ingin melindungi reels agar audiomu tidak digunakan orang lain sembarangan silahkan buatlah akun jadi privat. Namun jika hal itu tidak jadi masalah audiomu digunakan orang lain maka biarkan tetap jadi akun publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *